Sukses

Gagal Masuk Skuad Piala Dunia 2022 dan Kerap Kritik Pemerintah, Eks Pemain Timnas Iran Ditangkap

Voria Ghafori yang tidak terpilih masuk skuad timnas Iran ke Piala Dunia 2022 di Qatar, kerap melontarkan kritikan pada pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta Voria Ghafori, mantan anggota tim sepak bola nasional Iran, telah ditangkap karena mengkritik pemerintah. Demikian laporan media setempat.

Kantor berita semi-resmi Fars dan Tasnim melaporkan, Kamis (24/11/2022) Ghafori ditangkap karena menghina tim nasional Iran, yang saat ini bermain di Piala Dunia 2022 di Qatar. Bukan itu saja, dia juga diduga telah mengkritik pemerintah.

Ghafori, yang tidak terpilih masuk skuad Timnas Iran ke Piala Dunia Qatar, telah menjadi kritikus yang cukup vokal terhadap otoritas dan kebijakan pemerintah Iran sepanjang karirnya.

Seperti diketahui, Iran tengah dilanda protes anti-pemerintah selama lebih dari dua bulan. Aksi ini menjadi tantangan terbesar bagi teokrasi Islamnya dalam lebih dari satu dekade.

Laporan penangkapan Ghafori datang menjelang pertandingan Piala Dunia antara Iran dan Wales, Jumaa (25/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lagu Kebangsaan

Pada pertandingan pembukaan Iran melawan Inggris, anggota tim Iran menolak untuk menyanyikan lagu kebangsaan. Beberapa suporter juga sempat melancarkan protes selama pertandingan berlangsung.

Protes dipicu oleh kematian seorang wanita Kurdi Iran berusia 22 tahun dalam tahanan polisi pada bulan September lalu. Aksi ini dengan cepat meningkat menjadi demonstrasi nasional yang menyerukan penggulingan Republik Islam.

3 dari 5 halaman

Tindakan Keras

Wilayah Kurdi barat negara itu selalu menggelar protes yang sangat intens. Meski mereka harus menghadapi tindakan keras yang mematikan dari pasukan keamanan.

Ghafori, yang juga anggota minoritas Kurdi Iran, telah mengkritik kebijakan pemerintah di masa lalu. Para pejabat belum mengatakan apakah itu merupakan faktor, karena dia tak terpilih memperkuat tim nasional.

4 dari 5 halaman

Laga Krusial

Sementara itu, Iran akan berhadapan dengan Wales pada partai Grup B Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium, Jumat (25/11/2022). Laga ini krusial bagi kelangsungan kedua tim di turnamen.

Pertandingan bakal disiarkan langsung SCTV, Moji dan juga dapat disaksikan melalui siaran streaming Vidio serta pada jaringan televisi satelit NEX Parabola.

5 dari 5 halaman

Tak Punya Pilihan

Kedua tim gagal meraih kemenangan pada laga pertama Piala Dunia Qatar. Wales menyelamatkan poin setelah tertinggal dari Amerika Serikat. Sementara Iran dipermalukan Inggris 2-6.

Maka mereka tidak punya pilihan banyak pada laga nanti. Hasil positif wajib dipetik jika mau membuka peluang lolos ke babak gugur Piala Dunia 2022 Qatar. Terlebih bagi Wales yang bakal meladeni Inggris di partai pamungkas grup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.