Sukses

Masuk 5 Besar di Porprov XIV, Kota Bekasi Jadi Barometer Olahraga Prestasi di Jawa Barat

Liputan6.com, Jakarta Kontingen Kota Bekasi berhasil kembali masuk di jajaran lima besar pada perhelatan Porprov XIV Jawa Barat tahun 2022. Hingga akhir perhelatan multieven olahraga terakbar di Jabar, Kota Bekasi berada di peringkat empat klasemen akhir raihan medali.

Porprov XIV Jawa Barat secara resmi sudah berakhir dan ditutup Gubernur Jabar, Ridwan Kamil pada Sabtu lalu, 19 November 2022 lalu.

Kontingen Kota Patriot ini berhasil mengoleksi 278 medali dengan rincian 77 medali emas, 85 perak, dan 116 perunggu.

Posisi tiga besar diraih Kabupaten Bekasi (189 emas, 139 perak, 123 perunggu), Kabupaten Bogor (139 emas, 130 perak, 123 perunggu), dan Kota Bandung (121 emas, 116 perak, 157 perunggu).

Ketua KONI Kota Bekasi, H. Abdul Rasyad Irwan mengatakan, prestasi yang diraih pada Porprov XIV Jabar mengalami peningkatan dibanding gelaran sebelumnya di Kabupaten Bogor tahun 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Naik Peringkat

Pada Porprov XIII Jabar tahun 2018, Kota Bekasi berada di posisi kelima dengan raihan 46 medali emas dan berada di bawah Kota Bogor.

"Di Porprov XIV Jabar, kita berhasil naik ke peringkat empat diatas Kabupaten Bandung dan Kota Bogor. Dari sisi raihan medali emas pun naik menjadi 77 medali emas," kata Rosyad Irwan, Senin (21/11/2022).

Keberhasilan Kota Bekasi mendongkrak peringkat di klasemen maupun raihan medali emas, kata Rosyad Irwan, merupakan kerja keras seluruh kontingen. Baik atlet, pelatih, official, pengurus cabang olahraga, pengurus KONI, hingga dukungan dari pemerintah kota Bekasi.

3 dari 3 halaman

Barometer

"Bapak Plt Wali Kota Bekasi (Tri Adhianto Tjahyono) mengintruksikan untuk membuat program bapak asuh bagi cabor-cabor di Kota bekasi. Program itu cukup berhasil dalam menyokong keberhasilan Kota Bekasi di Porprov XIV Jabar ini," dia menambahkan.

Dengan hasil yang diraih Kota Bekasi di ajang Porprov XIV Jabar, lanjut dia, menunjukkan jika Kota Patriot telah menjadi salah satu barometer olahraga prestasi di Jawa Barat.

Bahkan Kota Bekasi berhasil menyabet juara umum di beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di Porprov XIV Jabar.

"Kita berhasil menjadi juara umum di beberapa cabang olahraga, diantaranya di tinju, bowling, dan barongsai. Kedepan, Kota Bekasi akan selalu diperhitungkan sebagai kekuatan baru di Jabar karena dari dulu sudah dikenal sebagai daerah lumbung pembinaan atlet sehingga sangat wajar jika atlet peraih medali emas asal Kota Bekasi yang didominasi atlet-atlet muda bisa menjadi tumpuan Jabar bahkan Indonesia di berbagai even," Rosyad Irwan menegaskan.*

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS