Sukses

Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022 Amerika vs Wales: Gareth Bale Jadi Penyelamat!

Amerika Serikat dan Wales saling berbalas gol di laga Grup B.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Amerika Serikat dan Wales harus puas berbagi poin setelah bermain imbang 1-1 dalam laga pertama mereka di Piala Dunia 2022 hari Selasa dini hari WIB, 22 November 2022.

Pertandingan keempat Piala Dunia Qatar di Stadion Ahmad Bin Ali ini berjalan sangat seru hingga akhir pertandingan. Kedua tim bergantian mendominasi tiap babak.

Amerika sukses mencetak gol pertamanya di Piala Dunia lebih dulu pada menit ke-35 babak pertama lewat umpan terobosan Christian Pulisic yang dituntaskan dengan tenang oleh Timothy Weah.

Di paruh kedua, Wales gantian yang mendominasi permainan karena ingin segera menyamakan kedudukan. Tekanan demi tekanan akhirnya membuahkan hasil 10 menit jelang laga usai.

Walker Zimmerman dengan ceroboh menjegal Gareth Bale di kotak terlarang berbuah hadiah tendangan penalti. Eksekusi yang dilakukan oleh Bale pun sukses merobek gawang Matt Turner.

Wales berhasil menyamakan kedudukan jadi 1-1 yang bertahan hingga bubaran.

Dengan hasil ini, AS dan Wales harus puas berbagi 1 poin dan menduduki posisi 2 dan 3 di Grup B. Sementara posisi puncak klasemen ditempati Inggris yang menang besar atas Iran (6-2).

JALANNYA PERTANDINGAN:

Pertandingan babak pertama sangat alot. AS mengambil inisiatif permainan dan berhasil menciptakan peluang ketika pertandingan memasuki menit ke-10.

Umpan Timothy Weah dari sisi kanan memaksa bek Wales, Joe Rondon, mendorong bola ke gawangnya sendiri. Beruntung refleks Wayne Hennessey bisa menyelamatkan gawang Wales.

Bola muntah langsung disambut oleh penyerang AS, Josh Sargent, yang melepaskan tendangan mendatar. Tetapi sepakannya hanya membentur sisi luar tiang gawang.

Wales perlahan keluar dari tekanan dan membuat peluang di menit ke-15. Ethan Ampadu mendapatkan ruang tembak di luar kotak penalti lawan manfaatkan clearance Sergino Dest. Namun tendangan kerasnya masih melayang di atas mistar.

Dalam 20 menit pertama, penguasaan bola 69 persen dimiliki oleh Amerika Serikat. Sementara Wales lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Gol yang ditunggu AS tercipta di menit ke-35 lewat kerjasama apik Christian Pulisic dan Timothy Weah. Umpan terobosan akurat dituntaskan oleh sontekan Weah yang gagal dihentikan Hennessey.

Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dominasi Wales di Babak Dua

Ketinggalan satu gol, Wales bermain lebih agresif sejak awal babak kedua. Pergerakan bola dari kaki ke kaki para pemain "The Dragons" lebih cepat.

Perubahan taktik ini memaksa skuad AS untuk lebih fokus bertahan. Garis pertahanan mereka pun terlihat lebih jauh ke belakang dibandingkan pada babak pertama.

Permainan Wales yang lebih agresif dan direct terlihat membuat pertahanan AS tidak nyaman. Namun, beberapa kali umpan silang gagal dimanfaatkan menjadi gol oleh lini depan Wales.

Peluang terbaik Wales tercipta di menit ke-65 lewat tandukan sambil terbang dari Ben Davies memanfaatkan kemelut. Namun, bola bisa ditepis kiper AS, Matt Turner, yang berbuah sepak pojok.

Tekanan dari Wales belum usai. Sepak pojok tersebut pun kembali menciptakan peluang. Tetapi sundulan yang kali ini dibuat Kieffer Moore masih juga belum bisa menemukan target.

Memasuki 15 menit akhir pertandingan, AS tidak ingin terus tertekan dan coba melakukan serangan. Namun, belum ada lagi tendangan ke arah gawang yang tercipta sejak gol di babak pertama.

Tekanan demi tekanan Wales akhirnya menciptakan kesalahan lini belakang AS setelah Walker Zimmerman menjegal Gareth Bale di kotak penalti.

Eksekusi penalti Bale ke sisi kanan gawang sebenarnya bisa dibaca kiper AS, Matt Turner, tapi bola sangat keras menghujam gawang. Wales pun berhasil menyamakan kedudukan jadi 1-1 yang bertahan sampai peluit panjang.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain AS vs Wales

Susunan Pemain:

Amerika Serikat: Matt Turner; Sergino Dest (Yedlin 74'), Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson; Yunus Musah (Acosta 74'), Tyler Adams, Weston McKennie (Aaronson 66'); Timothy Weah (Morris 88'), Josh Sargent (Wright 74'), Christian Pulisic

Pelatih: Gregg Berhalter

Wales: Wayne Hennessey; Ben Davies, Joe Rodon, Chris Mepham; Neco Williams (Johnson 79'), Aaron Ramsey, Ethan Ampadu (Morrell 95'), Connor Roberts; Harry Wilson (Thomas 93'), Daniel James (Moore 46'); Gareth Bale

Pelatih: Robert Page

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.