Sukses

Indonesia Raih 3 Medali Emas Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022

Indonesia meraih tiga medali emas pada Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022 dari nomor kata beregu putra, kata beregu putri, dan kumite +68 kg putri.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia meraih 11 medali pada Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022. Tiga medali di antaranya emas dari kata beregu putri, kata beregu putra, dan kumite +68 kg putri.

Bertanding di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (20/11), Indonesia meloloskan enam wakilnya ke final Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A. Keenam wakil itu berlaga di empat nomor.

Nomor kata beregu putra yang menyajikan pertandingan tim nasional PB FORKI (Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardhana, dan Albiadi) melawan tim DKI Jakarta (Mohammad Zidane Bhagaskara, La Ode Andinudin dan Chandra Nevo).

Kemudian kata beregu putri yang mempertemukan tim nasional PB FORKI (Emilia Sri, Anugrah Nurul, dan Dian Monika) melawan tim dari Jawa Barat.

Sementara itu, Nur Anggraini Annisa melawan Chandran Shahmalarani dari Malaysia di nomor kumite -50 kg putri. Sedangkan Rakawuni Banurea Dessynta menghadapi karateka Australia Sullivan Hannah di kumite +68 kg putri.

Dari keempat nomor tersebut, Indonesia meraih tiga emas dan tiga perak. Ketiga medali emas itu dipersembahkan kata beregu putri dari tim Jawa Barat (Indonesia), kata beregu putra yang diraih Tim Nasional PB FORKI, dan Dessynta.

Sementara medali perak diraih kata beregu putra tim DKI Jakarta (Indonesia), kata beregu putri Tim Nasional PB FORKI, dan Annisa di nomor kumite -50 kg.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerja keras

Sekretaris Jenderal PB FORKI Raja Sapta Ervian mengatakan pencapaian yang didapat Indonesia di Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022 berkat kerja keras atlet dan pelatih.

"Alhamdulillah hari ini terakhir penyelenggaraan WKF Series Jakarta 2022. Sesuai yang kita upayakan dari awal, kita kerja keras bahwa kita menargetkan Indonesia di event karate dapat sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi untuk mencapai target," kata Ervian dalam jumpa pers di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (20/11).

"Tentang target, kemarin memang kami memasang target satu medali emas. Alhamdulillah kita sudah mencapai target itu, bahkan dua lainnya kita juga sudah mendapat emas karena all Indonesia final."

"Jadi saya rasa ini kerja keras atlet, pelatih, dan selama ini kerja keras mereka bisa kita lihat hasilnya secara event internasional," Ervian menambahkan.

"Yang jelas persaingan di sini cukup kompetitif. Memang tadi kita lihat kayak Jepang itu masih sangat kuat. Perolehan mereka dari nomor kata putra dan putri perorangannya berhasil."

“Nomor kumite juga cukup merata dari berbagai negara. Apalagi, di ajang ini ada 65 negara yang ikut jadi peserta. Jadi secara nomor kumite memang sangat kompetitif karena walaupun karatenya dari Jepang, tapi sekarang area Eropa. Tapi Indonesia bisa berkompetisi dan mengimbangi,” ucap Ervian.

Selain medali tiga medali emas, dan tiga medali perak, Indonesia juga mengantongi lima medali perunggu dari lima nomor. Hasil ini sekaligus menjadi pencapaian Indonesia yang terbaik sepanjang sejarah karena mampu berprestasi di ajang dunia. Sebab, selama kejuaraan WKF Indonesia tidak mendapatkan emas untuk kategori senior.

3 dari 4 halaman

Dapat apresiasi

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari yang menyaksikan langsung final Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022 mengapresiasi kerja keras PB FORKI.

"Kami dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bangga dengan PB FORKI telah melaksanakan kejuaraan series A di Jakarta. Dari penyelenggaraan selama tiga hari berjalan dengan baik," kata Oktohari.

"Kami juga ingin menyampaikan bahwa karate juga merupakan salah satu nomor yang akan ada di dalam ANOC World Beach Games (AWBG) 2023. Tentunya melalui event ini jadi proses kualifikasi yang sangat baik dan kita melihat serta menunggu dari FORKI untuk mendapatkan tim yang terbaik yang ditampilkan di AWBG," harap Oktohari.

Setelah Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022 ini, para karateka Indonesia akan mempersiapkan diri menuju 2022 AKF Senior, Cadet, Junior, U21 & Para-Karate Championships di Tashkent, Uzbekistan, 16-20 Desember 2022.

"Untuk Timnas, setelah Series A ini persiapan kita untuk ke Kejuaraan Asia di Uzbekistan Desember ini," pungkas Ervian.

 

4 dari 4 halaman

Perolehan medali Indonesia

Medali Emas:

Kata beregu putri (Arkani, Pitaloka, Resta)

Kata beregu putra (Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardhana, dan Albiadi)

Kumite +68 kg putri Rakawuni Banurea Dessynta

Medali Perak:

Kata beregu putri

Kata beregu putra

Kumite Kumite -50 kg putri Nur Anggraini Annisa

Medali perunggu:

Kata putri Damayanti Marzella Sekar

Kumite -50 kg putri Devi Ida Seri

Kumite -68 kg putri Zefanya Ceyco Georgia

Kata putra Ramadhan Hazel

Kumite +84 kg putra Firmansyah Sandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.