Sukses

Resmi Jadi WNI, Jordi Amat Ungkap Ambisinya Bersama Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola kelahiran Spanyol, Jordi Amat, resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Ia bersama Sandy Walsh telah merampungkan proses naturalisasi dan mengambil sumpah setia kewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Jordi selanjutnya ditargetkan menjadi amunisi tambahan bagi skuad asuhan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Pesepak bola berusia 30 tahun jugs diharapkan dapat membela pasukan Merah Putih dalam perhelatan Piala AFF 2022.

Walau baru diresmikan menjadi warga Tanah Air, Jordi rupanya sudah menyimpan ambisi besar buat Skuad Garuda. Ia bertekad memenangkan trofi bersama Timnas Indonesia. Piala AFF pun dipandang sebagai salah satu sarana untuk mewujudkan misi itu.

“Seperti yang saya katakan, gol besar kami adalah memenangkan sesuatu (trofi) bersama Indonesia. Kami punya turnamen pertama pada Desember, jadi kita akan mencobanya. Bersama-sama kita pasti bisa,” ujar dia kepada awak media.

Jordi mengaku optimistis pada potensi Indonesia. Pasalnya, pasukan Merah Putih saat ini memiliki komposisi pemain yang bagus serta pelatih berkualitas. Ia pun berharap suporter dapat memberi dukungan penuh bagi Skuad Garuda.

“Kami butuh dukungan suporter. Kita punya tim yang bagus dan juga pelatih yang apik. Kita bisa melakukannya, saya sangat optimis,” sambungnya dalam kesempatan yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sandy Walsh

Pernyataan serupa juga sempat disampaikan oleh Sandy Walsh. Pemain berusia 27 tahun itu mengeaskan dirinya siap membela Skuad Garuda di Piala AFF 2022. Ia pun bertekad memberi kontribusi bagi perkembangan Timnas Indonesia.

“Saya siap bermain di setiap pertandingan (dalam Piala AFF), saya ingin menang. Jadi, saya akan siap untuk (dipanggil ke) tim dan berkompetisi dengan timnas-timnas lainnya,” tutur pria kelahiran Belgia itu.

“Target saya adalah untuk membantu tim agar bertumbuh selangkah demi selangkah, seperti yang sudah mereka lakukan saat ini,” katanya lagi.

3 dari 4 halaman

Harus Ganti Federasi

Sayangnya, meski telah menjadi WNI dan menyatakan diri siap membela Timnas Indonesia, Sandy dan Jordi masih belum seratus persen dapat dipastikan turun di Piala AFF 2022. Kedua pemain terlebih dulu harus melalui tahap pergantian federasi.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkap pihaknya akan berkirim surat ke FIFA untuk menyelesaikan prosedur tersebut. Ia berharap proses ini segera rampung agar para pemain naturalisasi bisa mentas di ajang sepak bola Asia Tenggara.

“Nanti tentunya ada surat ke FIFA tentang perubahan federasi, dari Spanyol dan Belanda ke federasi Indonesia, yaitu PSSI,” ujar Ketum PSSI pasca pengambilan sumpah WNI untuk Jordi dan Sandy di Kanwil Kemenkumham Jakarta.

“Sekali lagi mohon doanya dari teman-teman agar proses ini cepat selesai, sehingga mereka bisa memperkuat timnas kita yang akan main di Piala AFF,” sambung sosok yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

4 dari 4 halaman

Durasi Pindah Federasi

Lebih lanjut, Iwan Bule mengungkap pihaknya belum bisa mengonfirmasi berapa lama waktu yang dibutuhkan kedua pemain untuk berpindah federasi. Pasalnya, urusan itu sepenuhnya menjadi kewenangan FIFA.

"Kita tunggu surat ke FIFA. Nanti FIFA yang lebih tahu. Yang jelas itu persyaratan yang harus dipenuhi, untuk bisa pindah federasi," beber Ketum PSSI.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS