Sukses

Harry Maguire Jadi Sasaran Kritik usai Dipanggil ke Timnas Inggris, Pemain The Three Lions Pasang Badan

Harry Maguire menjadi sasaran kritik usai dirinya dipanggil untuk memperkuat Timnas Inggris di Piala Dunia 2022. Rekan setim Maguire di The Three Lions, John Stones, pun pasang badan. Ia menyebut Maguire merupakan pemain top serta sosok yang tidak mudah menyerah.

Liputan6.com, Jakarta Pemain Timnas Inggris John Stones pasang badan untuk Harry Maguire. Bintang Manchester United (MU) itu belakangan memang kerap menjadi sasaran kritik usai dipanggil untuk memperkuat negaranya di Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, performa Maguire di level klub terbilang loyo. Pemain berusia 29 tahun tersebut tak lagi menjadi pilihan utama Erik ten Hag di Old Trafford.

Juru taktik berkepala plontos jarang menurunkan Maguire sebagai starter dalam pertandingan Liga Inggris. Sang pelatih lebih suka mempercayakan lini belakang skuadnya pada Lisandro Martinez dan Raphael Varane.

Kabar teranyar bahkan mengeklaim Ten Hag sudah rela melepas Maguire musim depan. Penggawa internasional Inggris konon tak lagi menjadi bagian dalam rencana eks juru taktik Ajax Amsterdam di MU.

Bos Setan Merah sebenarnya bukan tak menyukai Maguire. Ia justru mengagumi profesionalisme pemain yang pernah membela Leicester City itu. Hanya saja, Maguire dinilai lamban. Alhasil Ten Hag berniat merekrut opsi baru demi melengkapi skuad.

Buruknya performa Maguire bersama MU membuat sebagian pendukung mempertanyakan keputusan Gareth Southgate yang mengangkutnya ke Piala Dunia.

Kritik terhadap sang pemain menjadi kian parah akibat kabar yang menyebut bahwa penggawa AC Milan Fikayo Tomori dikeluarkan dari skuad demi Maguire.

Rekan setim Maguire di The Three Lions John Stones pun turut mengomentari kecaman yang dilontarkan publik terhadap partnernya. Ia menunjukkan simpati kepada Maguire serta menyebut bek MU itu sebagai sosok yang luar biasa.

“Saya hanya mendengar tentang (kritik) itu. Saya belum pernah melihatnya. Saya sempat melalui masa-masa sulit dan itu tidak mudah. Saya yakin dia (Maguire) juga menyadarinya,” ujar Stones, seperti dilansir dari Daily Mail.

“Dia (Maguire) adalah orang yang tidak mau menyerah. Dia adalah pemain top, sosok yang luar biasa,” sambung penggawa Manchester City.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mentalitas Maguire

Stones juga memuji mentalitas Maguire. Menurutnya, eks pemain Sheffield United merupakan pribadi yang tetap setia pada hal yang diyakini dan diperjuangkan. Stones pun cukup pede dengan kemitraan yang terjalin antara dirinya dan Maguire di lapangan.

“Saya mengagumi mentalitasnya. Ini bukan soal membuktikan bahwa orang lain salah, (tetapi) dia membuktikan pada dirinya sendiri bahwa dia tetap setia pada apa yang diyakini dan diperjuangkan,” tutur Stones.

“Kami memiliki kepercayaan untuk satu sama lain, dan hal itu terbentuk dari banyaknya pertandingan yang kami mainkan bersama. (Kami) membentuk kemitraan itu.”

“Kami tahu kekuatan serta kelemahan masing-masing dari kami, dan kami bisa mengatasinya. Kami sudah melalui berbagai pengalaman besar bersama,” pungkas Stones soal rekan setimnya di Timnas Inggris.

3 dari 5 halaman

Tanggapan Southgate

Sebelumnya, Gareth Southgate juga sudah pernah buka suara mengenai alasannya memanggil Harry Maguire untuk membela Inggris di Piala Dunia Qatar 2022.

Juru taktik The Three Lions mengaku belum yakin dengan bek-bek muda di timnya. Oleh karena itu, dia lebih memilih menaruh kepercayaan pada Maguire, yang diagadang-gadang sebagai salah satu bek tengah terbaik di skuad.

“Kami tidak berpikir para bek muda sudah menunjukkan cukup banyak hal (positif) yang bisa mendorong pemain-pemain lebih tua keluar (dari skuad Timnas Inggris).”

“Saya yakin Harry Maguire adalah salah satu bek tengah terbaik kami,” ungkap Southgate, sepert dinukil Liputan6.com dari The People Person.

4 dari 5 halaman

Kejutan Lain

Selain pemanggilan Harry Maguire, kejutan lain Timnas Inggris jelang Piala Dunia 2022 juga tersaji lewat kehadiran James Maddison.

Pesepak bola yang yang sudah mencetak enam gol dan empat assist dalam 12 penampilan Premier League bersama Leicester musim ini, sebelumnya diragukan masuk dalam skuad The Three Lions.

Pasalnya, Southgate sempat berulang kali mengabaikan dia, termasuk saat memilih amunisi untuk putaran final Euro 2020. Tak heran jika publik Inggris sedikit terkejut menyaksikan pemanggilan Maddison ke Timnas Inggris.

Sekadar informasi, Maddison sejauh ini baru sekali tampil bersama The Three Lions di level internasional. Kesempatan itu ia peroleh saat timnya melakoni laga kualifikasi Euro pada 14 November 2019.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain

Berikut adalah daftar 26 pemain yang dipanggil Gareth Southgate untuk memperkuat Timnas Inggris di Piala Dunia 2022.

Kiper: Jordan Pickford (Everton), Nick Pope (Newcastle), Aaron Ramsdale (Arsenal)

Bek: Kyle Walker (Manchester City), Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Kieran Trippier (Newcastle), Ben White (Arsenal), Harry Maguire (Manchester United), John Stones (Manchester City), Eric Dier (Tottenham), Conor Coady (Everton), Luke Shaw (Manchester United)

Gelandang: Declan Rice (West Ham), Kalvin Phillips (Manchester City), Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Jordan Henderson (Liverpool), Mason Mount (Chelsea), James Maddison (Leicester), Conor Gallagher (Chelsea)

Penyerang: Harry Kane (Tottenham), Callum Wilson (Newcastle), Bukayo Saka (Arsenal), Phil Foden (Manchester City), Raheem Sterling (Chelsea), Marcus Rashford (Manchester United), Jack Grealish (Manchester City)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.