Sukses

Roberto Martinez Yakin Benteng Tua Belgia Tetap Kokoh di Piala Dunia 2022

Dua bek berpengalaman, Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen masih akan menjadi andalan Belgia ketika tampil di Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Belgia Roberto Martinez mengakui Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen sudah melewati puncak penampilan dalam karier sepak bolanya di level klub. Tetapi, dia sangat yakin mental dan pengalaman keduanya akan berguna untuk De Rode Duivels di Piala Dunia 2022.

Dinukil dari Het Laatste Nieuws, Martinez menyebut Alderweireld (33 tahun) dan Vertonghen (35 tahun) sedang dalam kondisi mental yang sangat baik, di tengah anggapan keduanya mulai keropos dimakan usia.

Pelatih dari Spanyol tersebut optimistis dua benteng tuanya itu tetap akan tampil kokoh di Piala Dunia Qatar dan berperan banyak untuk membantu Belgia mencapai level terbaik secara permainan maupun hasil.

Di mata Martinez, Alderweireld bermain sangat baik bersama Royal Antwerp, pun dengan Vertonghen yang menjadi andalan Anderlecht.

"Sama seperti semua pemain sepak bola, mereka memiliki hari baik dan buruk, itulah sepak bola. Dengan mereka saya tidak benar-benar melihat situasi saat ini dengan tim mereka," kata Roberto Martinez.

"Apa yang saya nilai adalah bahwa mereka berdua telah diberi peran penting dalam proyek yang sulit dan menuntut. Toby dan Jan sekarang secara mental paling tajam karena proyek yang mereka ikuti."

Piala Dunia 2022 di Qatar kini hanya tinggal kurang dari tiga pekan lagi digelar. Martinez sepertinya tidak akan melakukan langkah signifikan dalam pemilihan pemain.

Skuad alumnus Piala Dunia 2018 masih akan menjadi andalan eks manajer Wigan Athletic dan Everton tersebut. Selain Alderweireld dan Vertonghen, nama-nama seperti Thibaut Courtois, Thomas Meunier, Eden Hazard, dan Romelu Lukaku diprediksi akan masuk starting XI Belgia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Percaya Pengalaman Eden Hazard

Martinez sendiri optimistis dengan Eden Hazard meski sang kapten tak mendapat kesempatan reguler di Real Madrid. Hazard hingga pertandingan Real Madrid sampai 30 Oktober 2022, secara total baru mendapatkan 229 menit dari Carlo Anceloti bermain di semua ajang.

Bahkan ketika Real Madrid dibuat frustasi oleh Girona di pekan 12 Primera La Liga Spanyol 2022/2023, Hazard hanya duduk di bangku cadangan, tanpa merasakan menit bermain.

Fakta yang terlihat mengkhawatirkan, tetapi tidak bagi Martinez yang tetap meyakini Hazard akan jadi kunci dalam permainan De Rode Duivels di Piala Dunia 2022.

Bahkan, Martinez pasang badan dan mati-matian membela Hazard ketika media dan publik sepak bola Belgia, dibuat terkesima oleh Leandro Trossard yang bermain luar biasa bersama Brighton Hove Albion di Liga Inggris.

"Leandro Trossard banyak dibicarakan dan itu wajar," kata Roberto Martinez kepada VTM Nieuws.

"Tapi tidak ada diskusi tentang pentingnya Eden untuk tim nasional, dengan karier dan pengalamannya. Dia adalah salah satu pemain kunci pada 2018, itu juga merupakan pengalaman penting."

3 dari 5 halaman

Trossard di Puncak Performa

Satu hal yang membuat Martinez memiliki keyakinan besar kepada Eden Hazard adalah karena eks bintang Chelsea itu sudah pulih dari cedera. "Itu yang membuat saya sangat percaya padanya," tegas Martinez.

"Dua tahun terakhir sangat menantang bagi Eden. Di Piala Eropa dia tidak sepenuhnya bebas dari rasa sakit, tetapi dia terkadang membantu tim. Kami tidak boleh meremehkan apa yang bisa dibawa oleh Hazard yang bugar dan segar."

Sementara Trossard saat ini sedang menjalani musim yang mengesankan dan mungkin akan jadi salah satu musim terbaik dalam karier sepak bolanya.

Dia jadi motor permainan Brighton untuk tetap menjadi kuda hitam yang kompetitif, meski ditinggalkan pelatih Graham Potter yang tak kuasa menahan godaan dari Chelsea.

Torehan gol Leandro Trossard bersama Brighton hingga pekan 14 Liga Premier Inggris musim 2022/2023, sudah mendekati koleksi golnya musim lalu. Tujuh gol sudah dicetak Trossard bersama Brighton di Liga Inggris. Terakhir dia membuka kemenangan Brighton atas pasukan Graham Potter.

Trossard datang ke Brighton dari OH Leuven di usia 24 tahun. Dia resmi jadi bagian dari The Seagulls sejak 26 Juni 2019.

Di musim pertama bersama Brighton, Trossard tampil dalam 31 pertandingan dan mencetak 5 gol, yang memberi dia jalan untuk kembali jadi pilihan pertama di musim-musim berikutnya.

4 dari 5 halaman

Punya Skuat Mewah

Timnas Belgia di atas kertas memiliki skuat mewah dan mengandalkan mayoritas pemain yang membawa mereka menempati peringkat ketiga di Piala Dunia 2018 Rusia.

Belgia memastikan tiket Piala Dunia 2022 Qatar setelah menang 3-1 atas Estonia di laga ketujuh Grup E kualifikasi zona Eropa.

Di akhir kualifikasi, Belgia mengumpulkan 20 poin dari delapan laga. Belgia mengumpulkan enam kemenangan dan dua kali imbang tanpa kekalahan.

Pada Piala Dunia 2022 nanti, Belgia tergabung di Grup F yang terbilang ringan bagi Romelu Lukaku dan kolega. Mereka bakal bersaing dengan Kanada, Maroko dan Kroasia.

Di atas kertas, cuma Kroasia yang bisa menjadi batu sandungan bagi Belgia. Luka Modric dan kolega berstatus sebagai runner up Piala Dunia 2018, setelah dikalahkan Prancis pada babak final.

“Kami berada dalam situasi di mana kami selalu harus memenangkan segalanya. Saya sangat senang para pemain kami menangani ini dengan baik. Mereka selalu melakukannya," kata Martinez.

Piala Dunia 2022 adalah partisipasi Belgia yang ke-14 sejak menjalani debut di ajang terbesar ini pada 1930.

Sejak keikutsertaanya, Belgia sejatinya bukan tim yang mengerikan. Dalam enam edisi pertama, capaian terbaik Belgia cuma sampai babak 16 besar.

Baru pada Piala Dunia 1986, Belgia berhasil mencapai tempat keempat, usai dikalahkan Prancis 4-2.

Setelah itu, prestasi Belgia mengalami pasang surut. Pada Piala Dunia 2018, Belgia tampil dengan skuat mewah. Namun, Belgia gagal menjadi juara. Mereka hanya mampu meraih posisi ketiga.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Belgia

Belgia akan mengawali perjuangan mereka pada Piala Dunia 2022 dengan melawan Kanada. Laga Belgia vs Kanada bakal digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada 23 November 2022.

Kamis, 24 November 2022

02.00 WIB - Belgia vs Kanada

Minggu, 27 November 2022

20.00 WIB - Belgia vs Maroko

Kamis, 1 Desember 2022

22.00 WIB - Kroasia vs Belgia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.