Sukses

Aston Villa Resmi Tunjuk Unai Emery Gantikan Steven Gerrard

Unai Emery kabarnya akan mendapatkan gaji sebesar 6 jutan pound sterling per tahun dari Aston Villa.

Liputan6.com, Jakarta Aston Villa akhirnya menemukan pengganti Steven Gerrard. Mantan pemain Liverpool itu dipecat sebagai pelatih menyusul penampilan buruk Aston Villa pada musim ini.

Seperti dilansir dari Sportbible, Aston Villa mengumumkan telah merekrut Unai Emery. Pria asal Turki itu bakal bertugas setelah izin kerjanya rampung pada 1 November 2022.

"Aston Villa dengan senang hati mengumumkan penunjukan Unai Emery sebagai pelatih kepala baru di klub," tulis Aston Villa melalui akun Twitternya.

Emery sejak awal memang ikut masuk dalam daftar kandidat pengganti Gerrard di Aston Villa. Pria 50 tahun itu bersaing dengan beberapa pelatih tenar lainnya, sepertu Thomas Tuchel dan Mauricio Pocchetino.

Emery sendiri bukanlah sosok baru. Pengalamannya menangani tim-tim elite Eropa seperti Valencia, Sevilla, Paris Saint germain dan Arsenal membuat namanya masuk dalam daftar pelatih yang sangat diperhitungkan.

Emery juga dikenal sebagai pelatih spesialis Liga Europa. Ini tidak lepas dari kemampuannya memenangkan trofi ini sebanyak empat kali bersama dua tim berbeda. Dia memenangkan turnamen ini tiga kali bersama Sevilla dan sekali bersama Villarreal.

Dia juga memenangkan liga dan piala domestik bersama PSG. Emery berhasil diboyong dari Villarreal setelah menebus klausul pelepasan sebesar £5.25 juta. Dan menurut pundit bursa transfer, Fabrizio Romano, Emery akan mendapatkan gaji sebesar 6 jutan pound sterling per tahunnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemecatan Gerrard

Steven Gerrard kehilangan pekerjannya setelah Aston Villa kembali menelan kekalahan 0-3 dari Fulham, Kamis (20/10/2022). Dia dipecat tidak lama setelah pertandingan tersebut usai. 

Gerrard harus membayar mahal keterpurukan yang dialami Villa pada awal musim ini. Di tangan mantan pemain Liverpool itu, Aston Villa sempat terpuruk hingga ke urutan 18. 

Tren negatif ini membuat Gerrard dan para pemainnya mendapat banyak tekanan. Mereka bahkan disoraki oleh fans sendiri usai pertandingan melawan Fulham. Suporter geram karena tim kesayangannya Aston Villa tanpa kemenangan pada empat laga beruntun musim ini.

Manajamen juga tidak bisa terima dengan kekalahan ini. Tidak lama setelah pertandingan, klub memutuskan untuk memecat Gerrard. Pernyataan disampaikan melalui situs resmi klub. 

3 dari 4 halaman

Pesta Gol

Menariknya, setelah ditinggal Gerrard, Aston Villa justru membaik. Di laga laga terkhir, The Villans justru berhasil pesta gol saat menjamu Brentford pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (23/10). 

Dalam duel ini, Aston Villa menang 4-0. Hasil itu sekaligus mendongkrak posisi mereka semakin jauh dari zona degradasi. Saat ini, Aston Villa menempati peringkat ke-15 dengan torehan 12 poin. 

4 dari 4 halaman

Posisi Aston Villa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.