Sukses

La’eeb Paling Lucu? Ini Dia Deretan Maskot Piala Dunia, Mulai Binatang Hingga Animasi

Satu hal yang paling diingat dari Piala Dunia selain pertandingan adalah maskotnya. Setuju?

Liputan6.com, Jakarta - Satu hal yang paling diingat dari Piala Dunia selain pertandingan adalah maskotnya. Setuju?

Maskot resmi Piala Dunia 2022 yang akan dilaksanakan di Qatar merupakan animasi berbentuk Kufiya atau penutup kepala yang biasa digunakan orang Timur Tengah. Maskot ini diberi nama La’eeb yang berasal dari bahasa Arab, berarti pemain dengan kemampuan super.

Maskot Piala Dunia hadir sejak 1966. Maskot mewakili sifat dan karakteristik unik dengan desain menggambarkan ciri khas dari negara tuan rumah. Selain untuk promosi Piala Dunia, mereka juga berfungsi sebagai duta negara, kepentingan program lisensi, hingga merchandising.

Hingga edisi 2022, maskot resmi dari FIFA World Cup telah berjumlah sebanyak 15. Di balik ikoniknya masing-masing karakter, setiap maskot memiliki nama, makna, sampai sejarah yang mewakili negara penyelenggara kompetisi.

Maskot yang pertama kali dibuat berasal dari karakter hewan. Tren tersebut berlanjut pada pagelaran Piala Dunia edisi berikutnya.

Pada beberapa edisi lainnya, maskot yang dibuat karakter manusia dan buah. Untuk membuat karakter yang unik dan beda, ada juga maskot yang diciptakan berbentuk animasi dengan makhluk rekaan seperti untuk Piala Dunia Qatar.

Berikut daftar maskot Piala Dunia 1966 hingga2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1966 Inggris – Willie

Maskot Piala Dunia pertama berwujud singa jantan yang didesain oleh illustrator buku anak berasal dari Inggris, yaitu Reg Hoye. Singa merupakan simbol tradisional kerajaan Inggris. Untuk menambah karakteristik maskot tersebut dipakaikan jersey dengan motif negara tuan rumah saat itu.

1970 Meksiko – Juanito

Karakteristik orang meksiko sangat kuat dimata dunia. Salah satu ciri khasnya adalah topi. Maka dari itu, saat menjadi negara penyelenggara Piala Dunia, maskot yang dipilih menggunakan model manusia bernama Juanito. Nama Juanito merupakan turunan dari kata Juan, yakni nama yang umum digunakan dalam bahasa Spanyol. Juanito digambarkan sebagai seorang laki-laki berseragam warna bendera Meksiko dilengkapi topi sombreo lebar dengan tulisan “Mexico 70” di kepalanya.

1974 Jerman Barat – Tip dan Tap

Tip dan Tap terdiri dari dua karakter dengan menggunakan jersey tim Jerman Barat dengan masing-masing bertuliskan WM dan 74. WM merupakan singkatan dari Weltmeisterschaft yang artinya Piala Dunia. Maskot ini menjadi maskot yang pertama dibuat menjadi dua karakter dengan maksud sebagai lambing keharmonisan dan semangat fair play.

3 dari 5 halaman

1978 Argentina – Gauchito

Seperti edisi Piala Dunia sebelumnya, karakter yang dipilih masih karakter manusia. Gauchito terinspirasi dari gembala hewan lokal Argentina yang dilengkapi dengan topi, syal, dan cambuk. Karakter anak laki-laki ini menggunakan jersey belang-belang berwarna biru, lambing negara Argentina.

1982 Spanyol – Naranjito

Untuk pertama kalinya edisi Piala Dunia berkarakter buah. Spanyol sebagai tuan rumah memberikan nama maskotnya bernama Naranjito yang berasal dari naranja atau jeruk. Penampilan maskot Naranjito menggunakan jersey merah-biru sebagai lambang tim Spanyol.

1986 Meksiko – Pique

Menjadi tuan rumah yang kedua kalinya, Meksiko membuat maskot Piala Dunia yang berbeda. Karakter kali ini diambil dari cabai jalapeno yang dilengkapi dengan topi sombrero dan kumis tebal mewakili khas tradisi rakyat Meksiko.

1990 Italia – Ciao

Dalam sejarah Piala Dunia, Italia membuat maskot yang tidak biasa. Maskot dengan desain stick figure diberi nama Ciao yang berarti halo atau selamat tinggal. Maskot tersebut berwarna bendera tuan rumah, merah, putih, dan hijau,serta dilengkapi dengan kepala bergambar bola.

4 dari 5 halaman

1994 Amerika Serikat – The World Cup Pup

Terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 1994, Amerika Serikat melakukan totalitas. Meskipun saat itu sepak bola bukan olahraga yang populer di sana, Negeri Paman Sam menunjuk studio Warner Bros untuk mendesain maskot Piala Dunia. Karakter yang dipilih adalah anjing karena peliharaan paling umum di sana.

1998 Prancis – Footix

Masih ingat dengan maskot Piala Dunia bernama Footix yang berwujud ayam jantan? Ya, maskot ini yang paling terkenal atau paling diingat pada masanya di Indonesia. Makot ini didesain sebagai lambang nasional Prancis dan diberi warna sesuai bendera negara yakni biru dan merah. Nama Footix berasal dari kata football yang mengalami pemenggalan dan ditambahkan akhiran -ix.

2002 Korea Selatan & Jepang - The Spheriks

Jepang sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia 2022 membuat maskot yang berbeda dari biasanya. Dengan bentuk animasi, maskotnya dibuat murni hasil rekaan CGI. Karaktenya diberi nama The Spheriks yang terdiri dari tiga tokoh, Ato, Kaz, dan Nik. Spesialnya lagi, The Spheriks dibuatkan serial animasi. Ceritanya mereka tergabung dalam satu tim atmoball (olahraga fiksi sejenis sepak bola). Ato (karakter berwarna oranye) berperan sebagai pelatih, Kaz (karakter berwarna ungu) dan Nik (karakter berwarna biru) sebagain pemain.

2006 Jerman - Goleo

Berbeda dengan lainnya, maskot pada edisi Piala Dunia kali ini justru banyak menuai kritik dari pencinta bola. Desain Goleo yang berwujud singa ini kurang mewakili Jerman. Sebab singa merupakan bagian lambang tradisional Inggris dan Belanda yang justru rival historis Jerman. Maskot Goleo selalu ditemani oleh Pille berupa bola sepak yang bisa berbicara.

5 dari 5 halaman

2010 Afrika Selatan – Zakumi

Macan tutul adalah hewan yang sering ditemukan di negara paling selatan benua Afrika. Karena itu, maskot pada edisi Piala Dunia 2010 berwujud macan tutul dengan warna hijau dan emas yang diberi nama Zakumi. Zakumi berasal dari bergabungnya kode negara Afrika, yaitu “ZA”. Sedangkan kata kumi merupakan padanan beragam bahasa di Afrika untuk angka sepuluh.

2014 Brasil – Fuleco

Brasil memilih maskot Fuleco mengampanyekan dua tujuan, yakni sebagai penyemangan bermain sepak bola dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai lingkungan. Fuleco didesain dengan wujud hewan armadillo three-banded, hewan endemik Brasil yang berada dalam kondisi kepunahan akibat kerusakan lingkungan di negeri Samba. Nama Fuleco sendiri berasal dari bahasa Portugis, yaitu futebol (bermakkna sepak bola) dan ecologia (bermakna ekologi).

2018 Rusia – Zabivaka

Zabivaka berasal dari bahasa Rusia yang berarti sang pencetak gol. Zabivaka digambarkan sebagai serigala energik yang dilengkapi kacamata sporty sedang bermain bola. Maskot ini didesain oleh Yekaterina Bocharova, seorang desain grafis dari Tomsk State University.

2022 Qatar  - La’eeb

Piala Dunia 2022 yang akan digelar pada 20 November sampai 18 Desember 2022 ini menghadirkan maskot La’eeb yang sangat menggambarkan sang negara tuan rumah, Qatar. Menurut FIFA, La’eeb memiliki sifat yang berani, semangat, menyenangkan, muda, jiwa petualang, dan punya rasa ingin tahu yang besar. Maka dari itu, ketika melihat maskot La’eeb, Anda akan setuju kalau maskot ini menjadi maskot terlucu sepanjang Piala Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.