Sukses

Nestapa Timnas Argentina Jelang Piala Dunia 2022, Angel Di Maria Juga Masuk Ruang Perawatan

Timnas Argentina dapat kabar buruk. LIonel Messi, Paulo Dybala dan Angel di Maria mengalami cedera jelang Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Argentina kembali mendapat pukulan telak menjelang Piala Dunia 2022 Qatar. Setelah Lionel Messi dan Paulo Dybala terkapar, kini giliran Angel Di Maria yang masuk ruang perawatan.

Di Maria terkena cedera hamsring saat Juventus kalah 0-2 dari Maccabi Haifa di Liga Champions, Rabu (12/10/2022).

Situasi ini jelas merugilan. Meski sudah berusia 34 tahun, dia masih tampil baik di panggung besar sekelas Liga Champions dengan menyumbang tiga assist. Di Maria turut memainkan peran krusial di timnas.

Dia bahkan mencetak gol kemenangan atas Brasil di final Copa America tahun lalu. Berkat Di Maria, Argentina juga belum pernah merasakan kekalahan bersama sejak Maret 2019.

Sayang partisipasinya di Piala Dunia 2022 terancam akibat cedera. Mantan winger Paris Saint-Germain ini sebelumnya menyatakan bakal pensiun dari timnas usai turnamen di Qatar. Kini bisa jadi dia meninggalkan tugas internasional lebih cepat.

Patut diketahui, Piala Duna 2022 dijadwalkan berlangsung 20 November hingga 18 Desember. Ini akan menjadi catatan sejarah sebagai Piala Dunia pertama yang berlangsung pada musim dingin.

Di Maria tercatat sudah memperkuat Argentina sebanyak 120 kali dengan sumbangan 23 gol sejak debut pada 2008. Dia tampil di tiga Piala Dunia (2010, 2014, 2018) dan lima Copa America (2011, 2015, 2016, 2019, 2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kabar Buruk dari Dybala

Argentina semakin terpukul karena beberapa hari sebelum Di Maria cedera, Dybala juga mengalami hal yang sama. Dybala terkapar saat membawa timnya AS Roma mengalahkan Lecce 2-1 pada laga lanjutan Liga Italia.

Dybala mencetak gol penentu kemenangan Roma di awal babak kedua. Namun, dia ditarik keluar lima menit berselang. Dia dihantam lawan dan terkapar di lapangan, kondisinya tampak buruk.

Pihak klub masih butuh waktu untuk menentukan kondisi cedera Dybala dan berapa lama harus menepi. Namun, pelatih AS Roma Jose Mourinho terdengar kurang optimistis.

3 dari 5 halaman

Kata Jose Mourinho

Jose Mourinho mengatakan bahwa kondisi Dybala mengkhawatirkan. Sang pemain diprediksi tidak akan bisa bermain hingga tahun baru. Dengan Piala Dunia 2022 yang berlangsung pada November, itu artinya Dybala bisa tidak akan bisa membela Argentina.

"Saya bisa bilang buruk, tapi rasanya sangat-sangat buruk. Saya memang bukan dokter, tapi menurut pengalaman saya, dan setelah bicara dengan Paulo, kemungkinan kami tidak akan melihatnya lagi tahun ini," kata Mourinho.

4 dari 5 halaman

Messi Juga Cedera

Selain Di Maria dan Dybala, kapten timnas Messi juga cedera. Messi absen di dua laga terakhir Paris Saint-Germain akibat cedera betis. Cederanya Messi membuat Argentina ketar-ketir. Bagaimana tidak, Messi merupakan kapten sekaligus andalan Tim Tango di Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung mulai 20 November ini.

Apalagi musim ini dia kembali ke performa terbaik setelah menjalani musim perdana yang mengecewakan bareng PSG. Si Kutu saat ini sudah membukukan delapan gol dan delapan assist dari 13 penampilan di semua ajang.

Namun untungnya, proses penyembuhan La Pulga diprediksi tidak membutuhkan waktu yang lama. Cedera tersebut tergolong ringan dan tak mengancam peluang Messi untuk memperkuat timnas Argentina pada Piala Dunia 2022.

5 dari 5 halaman

Piala Dunia Terakhir Messi

Messi telah mengumumkan bahwa Piala Dunia 2022 adalah Piala Dunia terakhir dalam kariernya. Messi saat ini berusia 35 tahun. Di usianya yang semakin tua, Messi sudah hampir mengoleksi segalanya, mulai dari trofi tim, penghargaan individu, rekor individu, serta trofi timnas.

Satu-satunya yang kurang di kabinet piala Messi adalah trofi Piala Dunia. Gelaran sepak bola akbar di dunia ini akan menjadi kesempatan terakhir baginya untuk bisa mempersembahkan gelar prestisius ke tanah airnya.

"Apakah ini Piala Dunia terakhir saya? Ya. Pasti ya, pasti. Saya menghitung hari untuk Piala Dunia. Sebenarnya ada sedikit rasa cemas dan gugup untuk mengatakan apa yang akan terjadi di sana," kata Messi.

“Saya juga terus berpikir bahwa ini akan jadi yang terakhir. Di satu sisi saya tidak sabar, tetapi di sisi lain semakin cepat berlalu, maka semakin cepat saya mengakhiri ajang tersebut,” ucap Messi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.