Sukses

Dibuka Menpora, Peserta Media Cup 2022 Pakai Pita Hitam Hormati Tragedi Kanjuruhan

Liputan6.com, Jakarta- Turnamen antarwartawan peliput sepak bola Media Cup 2022 resmi dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Kamis (6/10/2022) pagi WIB. Media Cup 2022 turut mengenang para korban Tragedi Kanjuruhan. Semua peserta memakai pita hitam di lengan.

Media Cup 2022 digelar oleh PSSI Pers. Tahun ini ada 16 media nasional peliput sepak bola nasional yang ikut serta bertanding di Triboon Mini Soccer, Jakarta Selatan. Mereka memperebutkan Piala Menpora. Turnamen berlangsung dua hari hingga Jumat (7/10/2022).

Pembukaan Media Cup 2022 tak hanya dihadiri Menpora, tapi juga Sekjen PSSI, Yunus Nusi dalam pembukaan ini dan Deputi 4 Bidang Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti.

"Ini satu gagasan yang sangat baik di samping tugas-tugas keseharian baik yang di lapangan maupun di kantor untuk bisa berkomunikasi dan bersilaturahmi langsung," kata Amali dalam pidato pembukaannya.

PSSI Pers sebelumnya sudah rutin menggelar turnamen tahunan antarwartawan, namun melibatkan peserta antarforum wartawan. Dalam dua tahun terakhir, ajang ini terpaksa terhenti karena pandemi virus corona Covid-19. Pada edisi tahun ini, formatnya sedikit berubah dengan melibatkan perusahaan media.

"Turnamen seperti ini sudah pernah ada tetapi terhenti. Makin banyak kita berinteraksi, makin banyak hal-hal positif yang kita dapatkan. Khususnya untuk bagaimana pengembangan sepak bola di Tanah Air," jelas Amali.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pita Hitam

Media Cup 2022 juga mengusung tagline #juarabersamapemuda. Seiring berjalan waktu, panitia menyematkan #prayforkanjuruhan untuk mengenang tragedi di Malang yang terjadi pada 1 Oktober 2022.

Amali kemudian secara simbolis memakaikan pita hitam ke ketua pelaksana, Abdul Azis. Peserta turnamen juga bertanding dengan menggunakan pita hitam di lengan serta diadakan mengheningkan cipta.

"Saya melihat perkembangan makin membaik, tapi kemudian ada duka yang mendalam yang kita alami. Kita semua berduka cita atas korban di Kanjuruhan. Untuk itu saya berharap teman-teman bisa mengawal khususnya cabor sepakbola untuk didorong maju, berkembang dan lebih baik, tata kelola, hingga pengelolaan kompetisi. Termasuk bagaimana kita harus berupaya keras mengedukasi suporter," tegasnya.

3 dari 4 halaman

Perwakilan KLY

Sementara itu. Yunus Nusi mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan perhelatan Media Cup. Dia juga menegaskan bahwa PSSI sejak dulu selalu terbuka terhadap kritik media.

"Terima kasih sekali lagi atas kerja sama selama ini. Kami sangat apresiatif terhadap apa yang dilakukan PSSI Pers terhadap PSSI, terhadap sepak bola, dan kami berterima kasih masih begitu banyaknya kritikan yang sangat bermanfaat untuk kami menuju sepak bola yang lebih baik di masa mendatang," kata Yunus Nusi.

Kapanlagi Youniverse turut ikut serta di Media Cup 2022. Bola.com memeriahkan Media Cup 2022. Sayangnya langkah Okie Prabhowo dan kawan-kawan terhenti di babak 16 besar setelah kalah 1-3 dari Jawapos.

Media Cup 2022 terselenggara berkat dukungan dari Kemenpora, PSSI, PStore, Aice, Mills, PT Liga Indonesia Baru, BRI, Hydro Coco, Nendia Primarasa, Soka, Specs, Wahana Alam Parung, Mitra Orphys Sports Clinic, PSSI Pers, dan Triboon.

4 dari 4 halaman

Hasil Lengkap

Hasil Pertandingan Babak 16 Besar Media Cup 2022:

TV One 5-0 Tribun Network

Detik.com 7-1 IDN Times

CNN Indonesia 2-1 Metro TV

Trans 7 1-1 (3-2 Pen) Skor.id

Kompas TV 7-3 Viva.co.id

MNC Group 1-5 ANTV

Bola.com 1-3 JawaPos

TVRI 3-0 Suara.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.