Sukses

Bima Sakti Beberkan Persiapan Timnas Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-16 bakal segera mengawali perjuangannya dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Rangkaian pertandingan dijadwalkan berlangsung di Stadion Pakansari Bogor mulai Sabtu, 1 Oktober 2022 hingga Minggu, 9 Oktober 2022 mendatang.

Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan tergabung dalam grup B bersama empat tim lainnya, yakni Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Emirat Arab (UEA). Di laga perdana, Pasukan Garuda Asia akan menghadapi Guam dalam pertandingan yang dihelat pada Senin (3/10/2022).

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengungkap persiapan anak-anak asuhnya jelang melakoni duel tersebut. Menurutnya, para penggawa Merah Putih saat ini berada dalam kondisi baik. Mereka juga telah melakukan pemusatan latihan (TC) dan berbagai laga uji coba demi menyongsong Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

"Persiapan kita sudah makin mendekati hari H pertandingan di tanggal 3. Semua pemain dalam kondisi sehat dan baik," ujar Bima Sakti dalam pre match press conference yang digelar di Hotel Lorin Sentul pada Jumat (30/9/2022) siang WIB.

"Kita (sudah) memulai TC pasca Piala AFF kemarin pada tanggal 5 September sampai 25 September di Jogja. Kemudian (dari tanggal 25) sampai hari ini, kami pindah ke Bogor."

"(Sebagai) persiapan, ada lima laga uji coba (yang kami lakukan) dengan tim-tim lokal, yakni akademi-akademi di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Terakhir, kami melawan PPLP Kemenpora pada hari Rabu malam," sambungnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Masih Ada Kekurangan

Bima Sakti tak menutupi bahwa masih ada ketidaksempurnaan dalam rangkaian persiapan yang ia lakukan bersama Timnas Indonesia U-16. Berbeda dari negara-negara lain, Pasukan Garuda Asia tak melakukan laga uji coba dengan tim-tim di level internasional.

Demi menyiasati hal ini, juru taktik berusia 46 tahun tersebut rutin memutarkan video pertandingan calon lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Di samping itu, staf pelatih juga akan berupaya memanfaatkan celah pada jadwal untuk memantau pola permainan pesaing-pesaingnya.

"Untuk persiapan, memang kami tidak bertanding (dengan tim di level) internasional. Akan tetapi dengan melihat jadwal, memang kami diuntungkan. Besok rencananya kami akan menugaskan beberapa tim pelatih untuk melihat pertandingan pertama (dan) pertandingan kedua."

"Kami juga setiap makan siang atau malam, menyetelkan video pertandingan-pertandingan mereka (di laga) uji coba, kemudian pertandingan-pertandingan Arab Cup. (Cara ini digunakan) sebagai gambaran bagi para pemain ketika melawan tim-tim Arab yang memiliki postur tubuh lebih tinggi," pungkasnya dalam kesempatan yang sama.

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan

Berikut adalah jadwal pertandingan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Senin, 3 Oktober 2022

20.00 WIB: Timnas U-16 Indonesia vs Guam

Rabu, 5 Oktober 2022

20.00 WIB: TimnasĀ  U-16 Indonesia vs Uni Emirat Arab

Jumat, 7 Oktober 2022

20.00 WIB: Timnas U-16 Indonesia vs Palestina

Minggu, 9 Oktober 2022

20.00 WIB: Timnas U-16 Indonesia vs Malaysia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.