Sukses

Nasib Mason Mount di Piala Dunia 2022 Ada di Tangan Graham Potter

UEFA Nations League menjadi kesempatan terakhir untuk Mason Mount membuktikan bahwa dirinya pantas main di Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta Gelandang serang Chelsea, Mason Mount telah menjalani awal yang buruk bersama The Blues di musim 2022/23. Namun, menariknya ia tetap dipanggil ke Gareth Southgate untuk memperkuat Timnas Inggris.

Pemain berusia 23 tahun masuk dalam daftar pemain untuk menghadapi dua laga UEFA Nations League melawan Jerman dan Italia.

Ini bisa menjadi kesempatan terakhir Mason Mount membuktikan diri pantas atau tidak bermain di Piala Dunia 2022 Qatar.

Mantan pemain Chelsea dan Liverpool, Glen Johnson mengatakan, Mason Mount harus memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal jika ingin tampil di Piala Dunia 2022.

Pasalnya, dia khawatir sang pemain akan terbuang dari skuad The Three Liones lantaran ia kurang dapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya di Chelsea saat ini.

Oleh karenanya, jika tidak dapat memberikan dampak besa saat UEFA Nations, nasib Mount di Piala Dunia pun akan berada di tangan Graham Potter.

Jika sang manajer memberikannya kesempatan untuk tampil lebih banyak bersama Chelsea, bukan tidak mungkin Mount akan membuat manajer Inggris, Gareth Southgare meliriknya.

“Pasti. Dia perlu mencetak dan menciptakan gol karena itulah keahliannya. Mason adalah pusat dari semua hal yang dilakukan Chelsea dengan baik musim lalu, jadi dia akan kecewa karena dia tidak memiliki gol dan beberapa assist musim ini," kata Johnson, dilansir Football London.

"Anda harus bermain bagus untuk masuk Timnas Inggris, itu pasti. Itu semua bisa berubah dengan cepat dan dia bisa mendapatkan gol atau assist dari suatu tempat dan berakhir dengan beberapa angka yang cukup bagus. Untuk memperkuat dirinya di starting line-up Piala Dunia Inggris- naik, maka dia harus mulai menciptakan beberapa gol," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengejar Piala Dunia Pertama

Setelah mewakili Inggris dari level U-16 hingga ke tim senior, dengan kesuksesan di Euro U-19 di 2017 sebagai bagian dari perjalanan, Mount saat ini memiliki 31 caps atas namanya dan akan berharap untuk mempertahankan tempatnya di skuad untuk Piala DUnia 2022.

Jika dipilih manajer Gareth Southgate, ini akan menjadi keterlibatan pertama pemain berusia 23 tahun di Piala Dunia.

"Anda bermimpi bisa bermain di turnamen seperti itu sebagai seorang anak sehingga memiliki kesempatan untuk pergi ke Piala Dunia lalu terpilih adalah hal yang luar biasa dan sangat istimewa," kata Mount, dilansir situs resmi klub.

3 dari 5 halaman

Timns Inggris Menderita

Timnas Inggris saat ini sedang menjalani laga lanjutan EUFA Nations League. Namun, performa mereka amat mengenaskan. Tim Tiga Singa belum pernah menang, tumpul, hingga akhirnya jeblos ke Liga B.

Inggris tumbang dari Italia dalam matchday lima Liga A Grup C UEFA Nations League, Sabtu (24/9/2022) dini hari WIB. Harry Kane cs menyerah 0-1 via gol Giacomo Raspadori.

Padahal, statistik menunjukkan, Inggris unggul atas Italia sepanjang 2x45 menit. Tim tamu menorehkan 14 shoots (4 on target) dan 57 persen penguasaan bola, sedangkan Italia 10 shoots (3 on target) dan menguasai bola 43 persen.

Kekalahan dari Italia menyebabkan Timnas Inggris turun kasta ke Liga B UEFA Nations League musim depan. Mason Mount dan kolega degradasi lantaran mendekam di dasar klasemen Grup C dengan 2 poin dengan satu laga tersisa di fase grup.

4 dari 5 halaman

Belum Pernah Menang

Kekalahan ini menambah catatan minor Inggris. Mereka belum pernah menang dari lima pertandingan UEFA Nations League 2022/2023. Lebih tragis, Inggris dan cuma bisa bikin satu gol, serta kebobolan tujuh kali. Satu-satunya gol dicetak Harry Kane dari titik putih saat imbang 1-1 kontra Jerman.

Inggris sudah tak lagi mencetak gol dari permainan terbuka selama 495 menit, atau sejak Maret 2022. Runner-up Piala Eropa 2020 itu bersama San Marino menjadi dua tim yang tumpul tanpa gol open play di UEFA Nations League musim ini.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Inggris di Piala Dunia 2022

Senin, 21 November 2022

Pukul 20:00 WIB: Inggris vs Iran (Stadium Internasional Khalifa)

Sabtu, 26 November 2022

Pukul 02:00 WIB: Inggris vs Amerika Serikat (Stadium Al Bayt)

Rabu, 30 November 2022

Pukul 02:00 WIB: Wales vs Inggris (Stadium Al Rayyan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.