Sukses

Jaga Hubungan Baik, Barcelona Berencana Jadikan Lionel Messi Duta Klub

Salah satu cara untuk memperbaiki hubungan antara klub dan pemain diperkirakan menjadikan Lionel Messi sebagai klub duta dunia

Liputan6.com, Jakarta Barcelona dilaporkan sudah menyiapkan sejumlah rencana untuk menyambut kembalinya Lionel Messi ke klub dalam kapasitas bermain atau tidak bermain.

Seperti diketahui, pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu menyampaikan perpisahan yang penuh air mata pada La Blaugrana pada tahun 2021. Akibat, situasi keuangan membuat Messi tidak mungkin bertahan di Barcelona.

Messi seharusnya menyetujui pemotongan gaji 50 persen untuk meningkatkan peluangnya menandatangani kontrak baru di Barcelona. Namun, pemain Argentina itu akhirnya lebih memilih mengakhiri tugasnya di Catalonia.

Kepindahan sang penyerang ke Paris Saint-Germain atau PSG menandai berakhirnya era 21 tahun di mana Messi sudah mencetak 672 gol dan 303 assist dalam 778 pertandingan untuk Barcelona. Itu hitungannya sejak bergabung dengan La Masia dari Newell's Old Boys.

Messi memenangkan tidak kurang dari 36 penghargaan utama selama menjalani musimnya yang terkenal di Camp Nou. Namun, ia gagal mencetak gol yang sama selama musim debutnya di Ligue 1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Krisis Ekonomi

Messi hanya mencetak 11 gol dan 15 assist dari 34 pertandingan di bawah Mauricio Pochettino musim lalu. Namun, kini dia telah memulai musim 2022-23 dengan performa yang baik usai mencetak enam gol dan delapan assist dari 11 pertandingan.

Setelah Barcelona perlahan-lahan mengurangi krisis ekonomi mereka, pemain berusia 35 tahun itu sering diperkirakan akan kembali ke Catalonia. Apalagi, kontraknya di PSG hanya berjalan hingga 2023 dengan opsi satu tahun lagi.

3 dari 5 halaman

Prioritas

Menurut Marca, Barcelona memang tertarik untuk bersatu kembali dengan Messi. Karena itu, presiden Joan Laporta membuat rencana untuk membuat langkah layak sebagai prioritas.

Salah satu cara untuk memperbaiki hubungan antara klub dan pemain diperkirakan menjadikan Messi sebagai klub duta dunia, serta mengorganisir penghargaan skala besar kepada pemain Amerika Selatan atas prestasinya.

4 dari 5 halaman

Kembali Bermain

Langkah seperti itu, memang tidak akan membuat Messi kembali bermain, meskipun laporan itu menambahkan bahwa opsi tersebut tidak bisa dikesampingkan. Xavi sangat ingin melihat pemain Argentina itu mengenakan jersey Catalan lagi.

Namun, membawa Messi kembali ke Camp Nou sebagai pemain akan membutuhkan komitmen finansial yang besar. Tapi, Messi masih memiliki rumah di Barcelona dan tidak pernah menutup pintu untuk kembali.

Selain itu, jika Messi ingin kembali bergabung dengan Barcelona sebagai pemain, dia harus menerima pukulan besar atas gaji yang dia kantongi saat ini di Paris, meskipun laporan tersebut mengklaim bahwa dia akan bersedia melakukan pemotongan.

5 dari 5 halaman

Manajemen Klub

Jika gagal, pemain Argentina itu berpotensi pindah dengan mengambil peran di manajemen klub. Barcelona ingin memastikan bahwa setiap posisi baru mencerminkan pencapaiannya di lapangan untuk klub.

Messi sekarang memiliki total 17 gol dan 23 assist dalam 45 penampilan untuk PSG di semua kompetisi, dan dia mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 Argentina atas Honduras pada Sabtu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.