Sukses

Gara-gara Erling Haaland, Harry Kane Berambisi Cetak Lebih Banyak Gol di Liga Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Bintang Tottenham Hotspur Harry Kane merasakan efek signifikan sejak kedatangan Erling Haaland ke Liga Inggris 2022/2023. Striker berusia 29 tahun tersebut kini jadi makin berambisi untuk mencetak gol.

Seperti diketahui, Haaland baru saja bergabung dengan Manchester City pada jendela transfer musim panas. Penggawa internasional Norwegia itu hijrah dari Borussia Dortmund usai menuntaskan kesepakatan senilai 51 juta poundsterling (sekitar Rp856 miliar).

Tak butuh waktu lama bagi Haaland untuk beradaptasi dengan rekan-rekan di klub barunya. Eks pemain RB Sazburg mampu mengoleksi 14 gol hanya dalam 10 pertandingan yang ia lakoni bersama The Citizens di semua kompetisi.

Catatan itu terpaut cukup jauh dari Kane. Kapten Timnas Inggris sejauh ini baru membukukan enam gol di bawah namanya. Dilansir dari Metro, Kane masih bertekad menambah torehan golnya demi merebut kembali Sepatu Emas musim ini.

“Di Premier League, ketika berhadapan dengan striker-striker terbaik, tiap pemain akan terdorong untuk menjadi lebih baik,” ujar Kane jelang membela negaranya di UEFA Nations League kontra Italia, seperti dikutip dari Metro.

“Semua orang (sekarang) sedang membicarakan Haaland karena dia menunjukkan start yang luar biasa musim ini. Memang demikian adanya,” sambung pesepak bola kelahiran Inggris.

Terlepas dari hal itu, Kane mengaku tak ingin terlalu fokus pada pencapaian pemain lain. Ia lebih ingin memberi perhatian pada dirinya sendiri serta hal-hal yang mampu ia kembangkan.

“Seperti yang Anda ketahui, saya tidak terlalu fokus pada orang lain. Saya berfokus pada diri sendiri dan hal-hal yang bisa saya lakukan,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Performa Tottenham Hotspur

Sebagai informasi, Tottenham Hotspur saat ini bertengger di peringkat tiga klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023 dengan torehan 17 poin.

Catatan tersebut sama dengan Manchester City yang tengah menghuni urutan kedua. Hanya saja, The Lilywhites masih kalah selisih gol dibanding pasukan Pep Guardiola.

Harry Kane menilai timnya sudah menunjukkan performa apik sejak awal kompetisi. Meski belum bisa dikatakan seratus persen maksimal, Kane menyebut start dengan Tottenham Hotspur musim ini adalah salah satu yang terbaik sepanjang kariernya di Liga Inggris.

“Kami memiliki awal yang bagus bersama Spurs musim ini. Kami mungkin belum menunjukkan performa terbaik kami, tetapi itu menjadi tanda positif karena kami tahu bagian mana yang masih bisa ditingkatkan. (Musim ini) mungkin merupakan salah satu start terbaik yang saya rasakan di Liga Premier,” katanya.

3 dari 5 halaman

Awal Musim Gemilang

Di sisi lain, Erling Haaland juga tengah menikmati awal musim gemilang bersama Manchester City. Walau belum mampu menggeser Arsenal di puncak klasemen sementara, The Citizens tercatat belum pernah menuai kekalahan sejak awal pelaksanaan Liga Inggris 2022/2023.

Anak-anak asuh Pep Guardiola sanggup menaklukkan West Ham, Bournemouth, Crystal Palace, Nottingham Forest, dan Wolverhampton Wanderers. Sisanya, City hanya pernah bermain imbang dengan Newcastle United dan Aston Villa.

Juara Premier League musim lalu juga tampil moncer di Liga Champions. The Citizens mampu meraih kemenangan berturut-turut dalam dua matchday perdana Grup G kontra Sevilla dan Borussia Dortmund.

4 dari 5 halaman

Mirip Johan Cruyff

Adapun Erling Haaland menjadi sosok penting di balik keberhasilan Manchester City menekuk Dortmund di Liga Champions. Gol akrobatik yang dilepaskannya pada menit ke-84 mengantar The Citizens berbalik unggul 2–1, setelah lebih dulu tertinggal berkat aksi Jude Bellingham di menit ke-56.

Pemain asal Norwegia mampu menuntaskan umpan silang Joao Cancelo sembari melompat di udara. Aksinya ditutup dengan manis lewat tendangan kungfu yang langsung mengarah ke ruang kosong di gawang Borussia Dortmund.

Penampilan gemilang Haaland dalam laga tersebut langsung membuat dirinya banjir pujian. Pelatih Manchester City Pep Guardiola bahkan menganggap anak asuhnya mirip dengan legenda sekaligus eks manajer Barcelona, Johan Cruyff.

“Johan Cruyff bertahun-tahun yang lalu mencetak gol luar biasa di Camp Nou ketika melawan Atletico Madrid, dan (aksinya) itu sangat mirip dengan Erling Haaland. Saat dia (Haaland) mencetak gol, saya jadi memikirkan Johan Cruyff,” ujar Guardiola pasca kemenangan timnya atas raksasa Bundesliga.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.