Sukses

Jadwal Lengkap Timnas Iran di Piala Dunia 2022

Timnas Iran lolos ke Piala Dunia 2022 dengan meyakinkan karena memuncaki kualifikasi zona Asia.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Iran kembali berpartisipasi ke Piala Dunia 2022 usai tampil apik dibabak kualifikasi dengan status juara grup serta menjadi salah satu wakil Asia yang akan bertanding di Qatar. 

Piala Dunia 2022 akan diselenggarakan di Qatar dengan partisipasi sebanyak 32 negara telah lolos dari babak kualifikasi ke babak utama, termasuk timnas Iran yang menjadi salah satu dari 6 tim Asia yang akan tampil di Piala Dunia 2022 pada 21 November hingga 18 Desember mendatang.

Pada edisi sebelumnya, timnas iran selalu lolos ke Piala Dunia dalam tiga edisi terakhir atau tiga kali secara beruntun, yaitu pada 2014, 2018, dan 2022.

Pada babak kualifikasi, Iran berhasil merebut juara Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Tim asuhan pelatih Dragan Skocic mampu mengungguli Korea Selatan dan Uni Emirat Arab. Dari 10 pertandingan yang dijalani di kualifikasi, Iran mampu meraih delapan kemenangan, dan sekali imbang, serta satu kali kalah.

Tim berjuluk Team Melli ini akan tergabung di grup B bersama lawan-lawan kuat semacam Inggris, Amerika Serikat dan Wales.

Mantan pelatih timnas Iran, Afshin Ghotbi percaya bahwa Team Melli dapat kembali membuat kejutan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Hal itu dikarenakan Iran akan bermain di kawasannya sendiri yaitu Timur Tengah. Meski bermain di Qatar, tetapi dengan dihelatnya Piala Dunia 2022 di kawasan Timur Tengah menjadi motivasi tersendiri bagi Iran.

"Ini adalah grup yang sulit, tetapi ini adalah grup di mana Iran dapat melewati babak sistem gugur jika membuat keputusan yang tepat," ujar Afshin Ghotbi seperti dilansir The Seattle Times

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain Pilar

Lawan Iran pada laga pembuka Grup B Piala Dunia 2022 akan sangat berat. Bagaimana tidak, mereka akan berhadapan langsung dengan Inggris yang diperkuat oleh beberapa pemain top Liga Inggris semacam Harry Kane dan Raheem Sterling. Sebagai tim terkuat di Asia, mereka akan tetap bersaing siapapun lawannya. Iran ttelah ampil di babak putaran final Piala Dunia ketiga berturut-turut.

Pelatih asal Kroasia, Dragan Skocic, tengah menyiapkan nama-nama terbaik untuk Timnas Iran. Terdapat beberapa pemain pilar yang diprediksi menjadi andalan Team Melli untuk berbicara banyak di gelaran Piala Dunia kali ini.

1. Sardar Azmoun. Striker berusia 27 tahun ini sempat bermain untuk beberapa tim Eropa, khususnya Rusia seperti FK Rostov, Rubin Kazan dan Zenit St Petersburg. Ia mengoleksi 21 penampilan di Liga Champions dengan koleksi 6 gol saat bersama Zenit. Berkat kecemerlangannya saat bermain di Zenit, ia dijuluki sebagai 'Messi dari Iran'. \

Di Timnas Iran, Sardar adalah sosok penyerang tajam yang saat ini berstatus sebagai top skorer kedua Timnas Iran sepanjang masa. Ia terpaut 33 gol saja dari torehan gol yang dibuat oleh legenda sepak bola Iran, Ali Daei.

2. Majid Hosseini adalah seorang bek andalan Timnas Iran.  Ia dikenal sebagai bek yang tak kenal kompromi, agresif, dan sangat mengandalkan kekuatan fisiknya. Berkat pengalaman bermain di Eropa, dia akan menjadi andalan Team Melli untuk mengarungi ketatnya ajang Piala Dunia nanti.

2. Saeid Ezatolahi, mencuat ke permukaan pada saat ajang Piala Dunia 2018 Rusia. Saat itu Iran memang harus takluk di tangan Spanyol dengan skor tipis 0-1, tetapi laga tersebut berjalan dramatis. Gol yang dia cetak bisa saja memaksa Spanyol berlanjut ke extra time namun sayang, gol Ezatolahi dianulir wasit berdasarkan tinjauan Video Assistant Referee (VAR). Ezatolahi langsung menjadi sorotan di laga tersebut, berkat statistik impresif yang ditorehkannya. Pemain muda berusia 25 tahun ini mencatatkan 78% operan sempurna, tiga intersep, dan lima sapuan, termasuk satu sapuan peluang bersih Spanyol di depan gawang timnya. Tak ayal, gelandang bertahan bertubuh atletis ini dijuluki ‘Pogba dari Persia’ karena gaya mainnya yang begitu stylish dan mobile.

3 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales

Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Grup D: Prancis, Australia, Denmark, Tunisia

Grup E: Spanyol, Kosta RiKa, Jerman, Jepang

Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia

Grup G: Brazil, Serbia, Swiss, Kamerun

Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan

4 dari 4 halaman

Jadwal

Senin, 21 November 2022

20.00 WIB: Iran vs Inggris di Khalifa Internasional Stadium

Jumat, 25 November 2022

17..00 WIB: Iran vs Wales di Al Rayyan Stadium

Rabu, 30 November 2022

02.00 WIB: Iran vs Amerika Serikat di Al Thumama Stadium

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini