Sukses

Hasil Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis: Taklukkan Fajar / Rian, The Daddies Melenggang ke Final

Ganda putra bulu tangkis Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses melenggang ke babak final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 usai menaklukkan rekan senegaranya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra bulu tangkis Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses mengamankan tiket ke babak final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022.

Kepastian ini diperoleh usai Ahsan/Hendra menaklukkan rekan senegaranya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan rubber game, 23–21, 12–21, dan 21–16 dalam pertarungan fase empat besar di Tokyo Metropolitan Gymnasium pada Sabtu (27/8/2022).

Fajar/Rian sejatinya bermain menekan sejak awal game pertama. Mereka aktif melancarkan serangan ke area pertahanan Ahsan/Hendra. Kondisi itu membuat pasangan yang bertengger di peringkat lima dunia unggul cepat dengan 4–0.

The Daddies berupaya memperkecil selisih jarak. Ganda putra senior Tanah Air memanfaatkan unforced errors dari kubu Fajar/Rian sambil sesekali menebar ancaman lewat smash keras. Ahsan/Hendra menjadi hanya tertinggal dua angka di kedudukan 9–7.

Akan tetapi, tren ini segera diputus oleh Fajar/Rian. Pasangan Juara Indonesia Masters 2022 balas mengumpulkan dua poin beruntun. Alhasil Fajar/Rian kembali dominan empat angka dengan 11–7 di interval game pembuka.

Duo Fajri mendapat tambahan empat poin lagi selepas jeda. Pasangan itu unggul makin jauh dengan 15–7. Di sisi lain, The Daddies juga tak ingin tinggal diam. Mereka balas mengumpulkan tiga angka secara berturut-turut.

Pertarungan sengit tersaji di poin-poin kritis. Ahsan/Hendra perlahan-lahan mampu menyamakan perolehan angka menjadi 18–18. Fajar/Rian lebih dulu mendapat game point opportunity di kedudukan 20–18.

Namun, Ahsan/Hendra sanggup memaksa permainan menjadi deuce dan berbalik unggul 20–21. Game pertama pun menjadi milik The Daddies dengan 21–23 usai pengembalian Fajar/Rian memanjang ke area belakang lapangan.

Ahsan/Hendra tampil lebih moncer di awal set kedua. Mereka tak lagi membiarkan juniornya memimpin jauh. Serangan demi serangan kerap dilontarkan ganda senior.

Walau begitu, Fajri masih memimpin 11–4 saat interval. Dropshot Rian di sisi kanan bidang pertahanan The Daddies gagal kembalikan dengan baik.

Permainan berlangsung cepat selepas jeda. Fajar/Rian unggul sepuluh angka di kedudukan 16–10. Tak butuh waktu lama bagi pasangan peringkat lima dunia untuk mengunci kemenangan di set kedua. Fajri unggul 21–12 atas The Daddies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Game Penentu

Kali ini giliran Ahsan/Hendra yang memamerkan agresivitasnya. Ganda putra unggulan ketiga turnamen memimpin 2–0 di awal game penentu.

Fajar/Rian berupaya mengikis ketertinggalan. Namun, dominasi The Daddies masih sulit dipatahkan. Pasangan senior unggul 11–5 di jeda set ketiga. Fajri belum mampu menetralisir pola permainan Ahsan/Hendra selepas jeda.

Raihan poinnya terus tercecer hingga kedudukan 15–10. Ganda putra peraih medali perak Asian Games 2018 mengikis ketertinggalan menjadi tiga angka di kedudukan 16–13. Sayangnya, The Daddies terlampau tangguh.

Mereka sanggup meraih match point opportunities ketika Fajar/Rian baru mengumpulkan 15 poin. Set ketiga akhirnya berhasil dimenangkan Ahsan/Hendra dengan 21–16 usai pengembalian pasangan junior menyangkut di net.

3 dari 4 halaman

Ulangan Kejuaraan Dunia 2019

Sekadar informasi, partai semifinal ganda putra yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (27/8/2022) ini sejatinya merupakan ulangan laga empat besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di Basel, Swiss.

Kala itu, Ahsan/Hendra juga harus meladeni perang saudara melawan Fajar/Rian. The Daddies mampu memenangkan pertarungan lewat drama rubber game, 21-16, 15-21, dan 21-10 atas pasangan yang kini menghuni peringkat lima dunia.

Adapun pertemuan teranyar Ahsan/Hendra dan Fajar/Rian sebelumnya terjadi di final Malaysia Masters 2022, Minggu (10/7/2022). Laga berakhir dengan kemenangan straight game 21– 12 dan 21–19 bagi ganda putra junior.

4 dari 4 halaman

Lawan Selanjutnya

Ahsan/Hendra selanjutnya bakal menghadapi pemenang laga antara wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di partai puncak Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022.

Aaron/Soh sebelumnya melenggang ke semifinal usai menaklukkan unggulan ke-10 asal Korea Selatan Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae lewat dua game langsung 21–18, 21–16.

Sementara itu, tiket menuju empat besar diraih Rankireddy/Shetty setelah mengalahkan unggulan pertama asal Jepang. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang kini bertengger di peringkat dua dunia ditumbangkan dengan tiga game, 24–22, 15–21, dan 21–14.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.