Sukses

Hasil Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis: Fajar/Rian Rebut Tiket Pertama ke Semifinal

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses merebut tiket pertama ke semifinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 usai menaklukkan wakil Inggris Ben Lane/Sean Vendy.

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses merebut tiket pertama ke babak semifinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022.

Hasil ini diraih usai Fajar/Rian menaklukkan wakil Inggris Ben Lane/Sean Vendy dengan straight game, 21-11, 21-16 dalam pertandingan fase delapan besar di Tokyo Metropolitan Gymnasium pada Jumat (26/8/2022).

Fajar/Rian tampil agresif sejak awal game pertama. Keduanya kerap melancarkan smash keras yang sulit ditepis oleh Lane/Vendy. Juara Indonesia Masters 2022 mampu unggul empat angka di kedudukan 7-3.

Duo Inggris mencoba bangkit. Mereka balas menebar serangan. Namun, hal ini dapat segera diantisipasi oleh ganda putra Indonesia. Pasangan yang bertengger di peringkat lima dunia itu kian solid dengan 11-6 di interval set pembuka.

Fajar/Rian berupaya melanjutkan dominasinya pasca jeda. Sejumlah unforced errors yang dilakukan sempat memberi keuntungan bagi kubu lawan. Beruntung kondisi ini mampu dinetralisir oleh pasangan Indonesia.

Hingga memasuki poin-poin kritis, Fajar/Rian masih memimpin 18-10. Game pertama pun berhasil diamankan penggawa Tanah Air setelah keduanya unggul 21-11 atas Lane/Vendy.

Pasangan Inggris tampil lebih bersaing di awal set kedua. Mereka sanggup memaksa Fajar/Rian terlibat drama kejar-kejaran skor. Wakil Indonesia bahkan tertinggal tiga angka di kedudukan 5-8.

Perlahan tapi pasti, Fajar/Rian memangkas selisih jarak. Keduanya mampu menyamakan kedudukan di skor 9-9. Sayang, situasi ini tak bertahan lama. Lane/Vendy kembali membuat duo Tanah Air terpuruk dengan 9-11 di interval game kedua.

Laga sengit terus berlanjut selepas jeda. Kedua pasangan balik kejar-mengejar poin usai Fajar/Rian mencatatkan angka penyeimbang di kedudukan 11-11.

Pertahanan solid sanggup diperlihatkan wakil Indonesia. Serangan bertubi-tubi dari pasangan Inggris mampu dikembalikan dan dibalas dengan counter attack yang mengantar Fajar/Rian unggul 14-13 atas Lane/Vendy.

Ganda putra peringkat lima dunia masih memimpin di pin-poin kritis. Meski sempat terganggu oleh service fault, game kedua tetap menjadi milik pasangan Tanah Air dengan skor akhir 21-16.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wakil Lain

Indonesia menempatkan total empat wakilnya di babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Dua berasal dari sektor ganda putra, sedangkan dua lainnya akan bermain di nomor tunggal putra.

Selain Fajar/Rian, duo senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga bakal melakoni pertandingan fase delapan besar hari in, Jumat (26/8/2022). The Daddies dijadwalkan bersua dengan wakil India M. R. Arjun/Dhruv Kapila.

Adapun tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting ditantang unggulan pertama asal Denmark Viktor Axelsen. Sementara itu, Jonatan Christie harus menghadapi perlawanan unggulan keempat Chou Tien Chen dari China Taipei.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan Hari ke-5

Lapangan 1:

Pertandingan 2: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs M. R. Arjun/Dhruv Kapila (India)

Pertandingan 7: Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen (Denmark)

 

Lapangan 2:

Pertandingan 1: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ben Lane/Sean Vendy (Inggris); 21–11, 21–16

Pertandingan 5: Jonatan Christie vs Chou Tien Chen (China Taipei)

Ket: Pertandingan pertama dimulai pukul 08.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.