Sukses

Hadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Bima Sakti Enggan Bongkar-Pasang Pemain

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-16 sukses keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022. Hasil ini diraih usai Garuda Asia menang tipis 1–0 atas Vietnam dalam partai final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Jumat (12/8/2022) lalu.

Gol semata wayang Garuda Asia dilesakkan oleh Kafiatur Rizky beberapa saat jelang turun minum. Ia mampu menemukan ruang di sisi kiri pertahanan Vietnam pada masa injury time, dan melepaskan tendangan ke tiang jauh yang dikawal oleh Pham Dinh Hai.

Unggul satu angka, Garuda Asia berupaya meredam serangan Vietnam di babak kedua. Pasukan The Golden Star muda pun tak sanggup mencetak gol penyeimbang hingga peluit panjang dibunyikan. Alhasil, trofi Piala AFF U-16 2022 resmi menjadi milik Indonesia.

Meski sudah mendulang prestasi, pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti tak berhenti menggenjot para pemainnya untuk terus melakukan latihan. Apalagi Garuda Asia masih akan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada Oktober mendatang.

“Mereka (pemain Timnas U-16) tetap rajin latihan. Jadi kita sebenarnya (sedang dalam) masa transisi. Setelah kompetisi kemarin, kemudian kita ada empat hari sudah di Jakarta, kita juga tetap melakukan latihan,” ujar Bima Sakti kala ditemui di Konser 17an Indonesia Juara di Studio 5 Indosiar pada Rabu (17/8/2022) malam.

“Walaupun sebenarnya mereka sudah harus istirahat, kita tetap lakukan latiham gym pagi, kemudian sore libur, kemudian ada kegiatan-kegiatan yang sudah (dijadwalkan) seperti saat ini,” sambung juru taktik berusia 46 tahun tersebut.

Bima Sakti juga mengaku pihaknya telah mengimbau para pemain agar terus menambah porsi latihan pribadi, di luar kegiatan yang sudah ditentukan oleh klub atau akademi.

“Yang pasti, pemain sekarang lebih fokus lagi. Nanti mungkin ada yang balik ke klubnya. Saya sampaikan kepada mereka, latihan bukan hanya saat berlatih dengan klub atau akademi, tetapi mereka juga tetap latihan dengan porsi tambahan sendiri,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tak Banyak Perubahan

Sebagai informasi, Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dijadwalkan berlangsung pada 1–9 Oktober 2022. Indonesia mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Grup B yang diramaikan oleh Malaysia, Palestina, Uni Emirat Arab, dan Guam.

Skuad asuhan Bima Sakti akan kembali melakukan pemusatan latihan sebagai bentuk perisapan jelang fase tersebut. Juru taktik Garuda Asia mengungkap dirinya kemungkinan tak akan melakukan banyak perubahan pada komposisi pemain Timnas Indonesia U-16.

“Kita akan lihat, ya, perkembangan pemain-pemain yang di luar juga. Mungkin pemain yang belum terpantau. Yang pasti, perubahannya tidak begitu banyak, karena tim ini sudah solid, chemistry-nya sudah kelihatan,” kata Bima Sakti kepada awak media.

“Hubungan mereka (pemain Timnas U-16 saat ini) juga bukan hanya sekadar teman, tetapi seperti saudara. Mereka bisa nangis bareng, ketawa bareng, dan saya pikir ini patut kita pertahankan,” sambung pria kelahiran Balikpapan itu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Diterima Presiden

Timnas Indonesia U-16 sebelumnya telah mengikuti acara penerimaan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu (17/8/2022), bertepatan dengan HUT ke-77 RI.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memuji performa anak-anak asuh Bima Sakti. Ia berharap pasukan Garuda Asia bisa menjaga kualitas permainannya agar tidak menurun ketika naik ke level yang lebih tinggi.

“Alhamduillah kita bisa bertemu Pak Presiden. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Presiden, bahwasanya kami bisa diundang dalam Upacara HUT Kemerdekaan Repulik Indonesia,” ujar Bima Sakti pasca penerimaan.

“Tadi kami sudah bertemu beliau (Presiden Jokowi). Beliau memberi nasihat buat kami agar tetap rendah hati, bersyukur bisa juara, tetap ke jenjang berikutnya di level U-19 U-23, selalu dijaga performa mereka,” sambung pelatih berusia 46 tahun tersebut.

4 dari 4 halaman

Bonus PSSI dan Swasta

Keberhasilan Indonesia menjadi kampiun Piala AFF U-16 2022 mendapat apresiasi berupa bonus dari PSSI. Federasi sepak bola Tanah Air menggelontorkan dana Rp500 juta bagi penggawa Garuda Asia yang tampil di turnamen sepak bola muda se-Asia Tenggara.

Bonus tersebut melengkapi insentif sebelumnya yang diberikan PSSI usai Timnas Indonesia U-16 lolos ke babak semifinal dan final. Adapun Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan telah lebih dulu diguyur hadiah senilai Rp100 juta dan Rp150 juta dari PSSI.

Sejumlah pihak swasta juga tak tanggung-tanggung memberikan ganjaran kepada skuad asuhan Bima Sakti. Beberapa di antaranya sudah diterimakan dalam Konser 17an Indonesia Juara di Studio 5 Indosiar pada Rabu (17/8/2022) kemarin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS