Sukses

Terungkap, Ini Alasan Menpora dan Ketum PSSI Ikut Angkat Trofi di Piala AFF U-16

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengungkap cerita di balik keikutsertaan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam acara pengangkatan trofi di Piala AFF U-16 2022.

Seperti diketahui, Indonesia sukses keluar sebagai kampiun Piala AFF U-16 edisi ini. Garuda Asia berhak atas predikat juara setelah menumbangkan Timnas Vietnam U-16 dengan skor tipis 1–0 dalam final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo pada Jumat (12/8/2022).

Gol semata wayang Indonesia dilesakkan oleh Kafiatur Rizky beberapa saat jelang turun minum. The Golden Star muda, yang tak kuasa mencetak angka penyeimbang, pun harus mengakui keunggulan pasukan Bima Sakti.

Menpora dan Ketum PSSI turut hadir dalam momen bersejarah Garuda Asia. Mereka nimbrung mengangkat piala bersama para pemain dan staf pelatih. Momen tersebut sempat menjadi buah bibir di kalangan penggemar.

Pasalnya, bukan hal yang lumrah bagi menteri dan pemimpin federasi untuk ikut serta memamerkan trofi pasca keberhasilan tim meraih juara dalam kompetisi sepak bola.

Bima Sakti angkat bicara terkait hal ini. Dalam Konser 17an Indonesia Juara yang dihelat di Studio 5 Indosiar pada Rabu (17/8/2022), juru taktik Timnas Indonesia U-16 mengaku dirinyalah yang meminta Menpora dan Ketum PSSI ikut mengangkat piala.

Menurutnya, kemenangan Garuda Asia di Piala AFF U-16 bukan hanya milik tim itu sendiri, tetapi juga bangsa Indonesia dan federasi. Kehadiran Menpora Zainudin Amali serta Ketum PSSI Mochamad Iriawan diharapkan dapat menjadi representasi bagi keduanya.

“Ini kemenangan bukan buat kami Tim Nasional U-16 (saja), tetapi kemenangan semuanya, kemenangan bersama,” ujar Bima Sakti kala berada di panggung Konser 17an Indonesia Juara pada Rabu (17/8/2022) malam.

“Pak Menpora mewakili pemerintah dan mewakili bangsa Indonesia. Kemudian, Pak Ketum mewakili federasi karena federasi kita ini bukan (hanya) mengurus Timnas U-16, luar biasa capeknya. (Mereka juga mengurus) Timnas Wanita, Timnas U-19, U-23, senior. Oleh sebab itu, kita angkat sama-sama. Tidak ada tujuan apa-apa,” lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Dukungan Presiden

Di sisi lain, Bima Sakti juga mengapresiasi dukungan besar yang diberikan Presiden Jokowi kepada Timnas Indonesia U-16. Tak hanya dalam bentuk undangan ke Istana Negara, Presiden juga rutin menyaksikan perjuangan skuad Garuda Asia di Piala AFF U-16.

“Pak Jokowi luar biasa. Tadi saat kita di Istana, support-nya luar biasa, perhatiannya luar biasa. Setiap pertandingan Timnas, beliau nonton lewat iPad-nya. Walaupun dalam kesibukan apapun, beliau nonton,” ujar Bima Sakti.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-16 telah mengikuti acara penerimaan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu (17/8/2022), bertepatan dengan HUT ke-77 RI.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memuji performa anak-anak asuh Bima Sakti. Ia berharap pasukan Garuda Asia bisa menjaga kualitas permainannya agar tidak menurun ketika naik ke level yang lebih tinggi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Bonus PSSI

Keberhasilan Indonesia menjadi kampiun Piala AFF U-16 2022 mendapat apresiasi berupa bonus dari PSSI. Federasi sepak bola Tanah Air menggelontorkan dana Rp500 juta bagi penggawa Garuda Asia yang tampil di turnamen sepak bola muda se-Asia Tenggara.

Bonus tersebut melengkapi insentif sebelumnya yang diberikan PSSI usai Timnas Indonesia U-16 lolos ke babak semifinal dan final. Adapun Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan telah lebih dulu diguyur hadiah senilai Rp100 juta dan Rp150 juta dari PSSI.

Sejumlah pihak swasta juga tak tanggung-tanggung memberikan ganjaran kepada skuad asuhan Bima Sakti. Beberapa di antaranya telah diterimakan dalam Konser 17an Indonesia Juara di Studio 5 Indosiar pada Rabu (17/8/2022) kemarin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS