Sukses

Legenda MU: Setan Merah Masih Butuh Cristiano Ronaldo Jika Tak Ingin Finis di Dasar Klasemen

Liputan6.com, Jakarta - Legenda Manchester United (MU) Gary Neville menilai Setan Merah masih butuh jasa Cristiano Ronaldo jika tak ingin terus terjerembap di dasar klasemen Liga Inggris 2022/2023.

Sosok yang kini aktif berkiprah sebagai pundit itu juga mengeklaim MU perlu mendatangkan pemain berkualitas sebagai pengganti CR7.

Seperti diketahui, Setan Merah mencatatkan hasil buruk di awal kompetisi musim ini. Klub besutan Erik ten Hag belum mampu memetik satu kemenangan liga pun. Bruno Fernandes dan kawan-kawan justru keok dua kali berturut-turut di tangan lawan.

Kekalahan pertama terjadi ketika MU menjamu Brighton & Hove Albion dalam pertandingan pekan pertama Premier League yang dihelat pada Minggu (7/8/2022). Bermain di hadapan publik sendiri, Setan Merah takluk 1–2 berkat brace Pascal Gross di menit ke-30 dan 39.

Manchester United kembali menuai hasil negatif seminggu setelahnya. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu kebobolan empat gol tanpa balas oleh Brentford hanya dalam durasi waktu 35 menit.

Hasil ini mengantar Setan Merah terlempar ke dasar klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan nol poin. Mereka tertinggal selisih gol dari Crystal Palace dan West Ham yang sama-sama belum meraih kemenangan perdana.

Kekalahan beruntun MU di dua laga pertama tak pelak menjadi pukulan besar bagi seluruh anggota skuad. Padahal, Setan Merah menunjukkan performa menjanjikan kala menjalani tur pramusim di Thailand, Australia, dan Norwegia.

Pasukan Erik ten Hag bahkan sanggup menumbangkan Liverpool dengan 4–0 kala melakoni pertandingan persahabatan di Stadion Rajamangala pada pertengahan bulan lalu. Sayangnya, hal itu gagal diteruskan hingga awal musim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Hengkang dari Old Trafford

Situasi MU makin runyam lantaran Cristiano Ronaldo ngotot ingin hengkang dari Old Trafford. Peraih Ballon d’Or lima kali itu memang sudah mengutarakan niatnya untuk berpisah dengan Setan Merah sejak awal Juli 2022.

Malang, hingga kini belum ada klub yang benar-benar menginginkan jasanya. Chelsea dan Paris Saint-Germain (PSG) kompak menampik kesempatan untuk merekrut megabintang asal Portugal. Wacana kepindahan CR7 ke Wanda Metropolitano juga menuai protes keras dari fans Atletico Madrid.

Gary Neville sejatinya sempat mendukung kepergian Ronaldo dari Old Trafford. Eks pemain berusia 47 tahun tersebut menilai akan lebih baik bagi CR7 untuk hengkang, jika ia memang tidak bahagia bersama MU.

“Sebelum dua hasil ini (laga MU kontra Brighton dan Brentford), saya mengatakan bahwa hal terbaik yang bisa dilakukan adalah memfasilitasi kepindahan Cristiano, karena dia jelas tidak bahagia (di klub) dan klub tidak senang dengannya,” ujar Neville.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Finis di Luar 10 Besar

Namun, Neville berubah pikiran. Sosok yang pernah membela Timnas Inggris berpendapat Setan Merah bisa finis di luar sepuluh besar jika CR7 dibiarkan hengkang tanpa pengganti berkualitas. Pasalnya, MU kini tak punya mesin pencetak gol selain Ronaldo.

“Masalahnya sekarang, jika mereka (MU) kehilangan dia (Cristiano Ronaldo), tak ada lagi hal yang tersisa untuk bisa mencetak gol,” ungkap sang legenda Setan Merah, seperti dilansir Liputan6.com dari Metro.

“Saya benar-benar berpikir bahwa jika MU tidak membawa pemain baru dalam beberapa minggu ke depan–atau jika mereka membawa pemain yang buruk–dan dia (Ronaldo) pergi, mereka bisa finis di bagian bawah klasemen. Saya kira di setengah bawah,” lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Sumber Masalah

Ronaldo belakangan kerap menjadi sumber masalah bagi Setan Merah. Polemik soal masa depannya bahkan memengaruhi sikap pemain lain.

Laporan The Sun pada pekan lalu mengeklaim para penggawa Setan Merah mulai kesal dengan perilaku CR7 di tempat latihan. Mereka lebih suka jika pesepak bola berusia 37 tahun itu hengkang dari MU.

Skuad Manchester United bahkan bertindak lebih ekstrem akhir-akhir ini. Metro menyebut Ronaldo dibuat terisolasi jauh dari anggota lain. Pemain yang pernah berseragam Sporting CP kadang harus makan siang sendirian di Carrington, meski Ten Hag telah berupaya membuat anak-anak asuhnya makan bersama.

Terlepas dari situasi yang kurang menyenangkan, Ronaldo dilaporkan tetap datang ke tempat latihan pada Minggu kemarin. Hari itu seharusnya menjadi waktu libur bagi Setan Merah. Namun, kegagalan mereka mencuri poin penuh di laga teranyar membuat pelatih asal Belanda memaksa para pemain berlatih.

5 dari 5 halaman

Relakan Ronaldo

Sky Sports News pada Minggu (14/8/2022) lalu melaporkan bahwa Manchester United tengah mempertimbangkan kemungkinan untuk memutus kontrak Ronaldo akibat perilakunya akhir-akhir ini.

Namun, jurnalis Manchester Evening News Samuel Luckhurst mewartakan hal berbeda. Ia mengklaim Setan Merah sudah membantah rumor terkait penghentian CR7.

Kendati demikian, MU masih santer dikabarkan ingin berburu penyerang anyar sebelum jendela transfer musim panas resmi ditutup. Sejumlah nama telah masuk dalam daftar incaran Setan Merah.

Beberapa di antaranya adalah Raul de Tomas dari Espanyol, pemain Paris Saint-Germain (PSG) Mauro Icardi, dan penggawa Atletico Madrid Alvaro Morata.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS