Sukses

Hadapi Indonesia di Final Piala AFF U-16 2022, Vietnam Kehilangan 2 Pilar

Liputan6.com, Jakarta Vietnam kembali jadi lawan Timnas Indonesia di final Piala AFF U-16 2022. Sempat keok di babak penyisihan grup, tim muda negeri Uncle Ho berhasil bangkit dan memetik tiket ke partai puncak. 

Vietnam sebelumnya gagal menjadi juara grup A usai kalah 1-2 dari Garuda Asia di laga terakhir. Meski demikian, tim besutan Nguyen Quoc Tuan masih bisa lolos ke semifinal sebagai runner up terbaik.

Di babak empat besar, Vietnam kemudian bertemu juara grup B, Thailand. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Maguwohajo, Sleman itu berhasil dimenangkan Vietnam dengan skor 2-0. 

Hasil ini sekaligus mempertemukan lagi Vietnam dan Indonesia. Garuda Asia juga sukses melaju ke final setelah mengalahkan kuda hitam, Myanmar 5-4 lewat adu penalti usai bermain imbang 1-1. 

Nguyen Quoc Tuan sangat antusias menyambut keberhasilan pasukannya mengalahkan Thailand. Hanya saja, kerasnya pertandingan membuat timnya harus kehilangan dua pemain di final.

"Pemain kami bekerja dengan baik dan mereka bermain sangat bagus dalam menerapkan taktik yang kami ajarkan kepada mereka," ujar Nguyen Quoc Tuan seperti dilansir dari situs resmi AFF. 

"Level permainan hari ini sangat tinggi. Di sepak bola selalu ada kontak seperti itu, dan kami harus kehilangan dua pemain. Mereka tidak bisa tampil di final," kata  Nguyen Quoc Tuan menambahkan. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Bukan perakara mudah bagi Vietnam merebut tiket ke babak final. Thailand yang juga berambisi ke partai puncak beberapa kali mengancam pertahanan mereka. Hanya saja, kegagalan Saranyawat Naprasert mencetak gol dari sejumlah situasi bola mati berhasil dimanfaatkan Vietnam dengan baik. 

Vietnam kemudian unggul pada menit ke-29 melalui tendangan jarak jauh Nguyen Cong Phuong. Thailand semakin tertinggal setelah Vietman menggandakan keunggulan pada menit ke-82. 

Nguyen Trong Tuan berhasil menjebol gawang lawan usai mendapat umpan silang dari Cong Phuong. 

Sayang, kemenangan ini harus dibayar mahal. Gelandang andalan Vietman, Hoang Cong Hau menerima kartu merah usai bertabrakan dengan kiper Thailand Tissanu Khuptanawin beberapa saat sebelum laga usai. Hukuman ini membuat Cong Hau tidak bisa tampil melawan Indonesia. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jadwal Final

Final

Jumat (12/8/2022)

20.00: Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam

Perebutan Tempat Ketiga

15.30: Myanmar Vs Thailand

Live streaming di Vidio

4 dari 4 halaman

Pertemuan Sebelumnya

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-16 telah bertemu Vietman di babak penyisihan grup A. Dalam duel ini, Indonesia berhasil menang dengan skor 2-1 sekaligus mengunci posisi pemuncak grup. 

Pasukan Bima Sakti tertinggal gol Nguyen Cong Phuong ('41). Timnas U-16 Indonesia lalu membalikkan skor melalui Arkhan Kaka ('51) dan Muhammad Nabil Asyura ('55).

(Seperti apa jalannya pertandingan ini, simak selengkapnya pada tautan ini).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS