Sukses

Lolos ke Final Piala AFF U-16 2022, Kiper Indonesia Andrika Fathir Ungkap Cara Meredam Penalti Myanmar

Indonesia berhasil melaju ke babak final Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Myanmar lewat adu penalti.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia berhasil melaju ke babak final Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia melaju ke partai puncak usai mengalahkan Myanmar lewat adu penalti di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022). 

Dalam laga ini, Indonesia dan Myanmar sempat bermain imbang 1-1 sepanjang babak normal. Myanmar memimpin lewat Nay Min Htet sebelum kemudian dibalas oleh Muhammad Riski menit 69. 

Drama adu penalti juga berlangsung ketat. Kedudukan imbang hingga penendang ketiga. 

Indonesia baru memimpin setelah kiper Andrika Fathir Rachman berhasil menggagalkan tendangan ekskutor keempat Myanmar. Keunggulan ini berhasil dipertahankan hingga skor berakhir 5-4 untuk Indonesia. 

Rachman yang menjadi pahlawan dalam laga ini mengaku hanya menjalankan perintah pelatih. 

"Pelatih memintaku untuk tenang selama adu penalti," kata Rachman. 

"Selain itu, latihan yang kami lakukan sebelum laga membuatku lebih percaya diri," bebernya. 

Di Piala AFF U-16, Andrika Rahman sudah dipercaya berada di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-16 saat berhadapan dengan Filipina di laga perdana. Saat itu, Indonesia menang dengan skor 2-0. 

Andrika lahir di Jakarta, 17 Februari 2006. Dia memperkuat Borneo FC di Elite Pro Academy Liga 1. 

Dia merupakan jebolan Bina Taruna FA. Piala AFF U-16 jadi event ketiga Andrika berseragam timnas. 

Di usia yang masih sangat muda, Andrika punya potensi yang besar menjadi kiper andalan timnas Indonesia. Posturnya yang menjulang 178 cm menjadi modal yang menjanjikan ke depannya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tugas Belum Selesai

Tugas Andrika Rachman tentu saja belum selesai. Masih ada satu laga krusial lagi yang harus dilewati Timnas Indonesia U-16 untuk merebut trofi Piala AFF U-16 2022. 

Di partai puncak yang berlangsung Jumat (12/8/2022), Timnas Indonesia U-16 bakal bertemu Vietnam. Tim muda negeri Uncle Ho lolos usai mengalahkan juara grup B, Thailand dengan skor 2-0. 

Vietnam bukanlah lawan baru bagi Garuda Asia. Di babak penyisihan grup A sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 besutan Bima Sakti berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1. 

Dalam laga ini, Andrika juga dipercaya sebagai penjaga gawang Garuda Asia. 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Piala AFF U-16 2022

Final

Jumat (12/8/2022)

20.00: Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam

Perebutan Tempat Ketiga

15.30: Myanmar Vs Thailand

Live streaming di Vidio

4 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Tampil di depan sekitar 10 ribu pendukungnya, Timnas Indonesia U-16 tampil dominan atas Myanmar. 

Peluang pertama didapat Timnas Indonesia menit 12. Sayang, umpan Rizdjar ke depan gawang Myanmar gagal diselesaikan dengan baik.

Kesempatan kedua diperoleh Arkhan Kaka. Tandukannya memanfaatkan umpan lambung masih melenceng di sisi gawang Myanmar.

Hingga pertengahan babak pertama, Timnas Indonesia masih menggempur pertahanan lawannya. Namun, rapatnya barisan pertahanan Myanmar, membuat skuad asuhan Bima Sakti masih kesulitan mencetak gol.

Gawang Indonesia nyaris kebobolan pada menit 30. Beruntung tendangan Shine Wanna Aung masih melambung di atas mistar gawang Andrika Rachman.

Peluang terbaik diperoleh Muhammad Kafiatur menit 35. Bola yang meluncur ke sisi gawang Myanmar gagal disontek dengan sempurna. (Simak jalannya pertandingan selengkapnya pada tautan ini)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.