Sukses

Gagal Tantang Indonesia di Piala AFF U-16 2022, Pelatih Malaysia: Garuda Asia Bakal Juara

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Malaysia Osmera bin Omaro dan Nakhoda Australia Michael Cooper memprediksi Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2022. Kedua sosok memiliki alasan masing-masing.

Meski memimpin Grup C hingga laga kedua, Malaysia gagal mengamankan tiket ke semifinal karena hanya bermain 2-2 kontra Singapura pada partai pamungkas, Senin (8/6/2022).

Malaysia bakal menghadapi timnas Indonesia U-16 jika memenangkan partai tersebut. "Saya rasa Indonesia akan menjuarai turnamen ini karena mereka mendapatkan dukungan dari suporter," kata Osmera usai laga, dikutip Antara.

Menurut dia, kehadiran suporter pendukung di stadion akan memberikan semangat kepada para pemain tuan rumah untuk menang.

Sementara Cooper menilai Indonesia memiliki timnas U-16 yang tampil bagus sepanjang turnamen. Garuda Asia, Michael melanjutkan, kuat secara fisik dan bisa mengirimkan umpan-umpan akurat yang mengarah pertahanan lawan.

"Jadi saya pikir Indonesia akan ke final. Namun, Vietnam juga ada di semifinal dan itu membuat persaingan ini menarik," tutur dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kontra Myanmar

Alih-alih Malaysia, Indonesia kini menghadapi Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022. Myanmar mengunci status juara Grup C usai mengalahkan Kamboja dengan skor tipis 1–0 di Stadion Sultan Agung.

Gol semata wayang Myanmar dicetak oleh Lin Htet Oo di menit ke-48. Capaian itu mengantar Asian Lions muda merangsek ke puncak klasemen dengan torehan tujuh poin. Myanmar selanjutnya akan bersua dengan Timnas Indonesia di fase empat besar.

Adapun Malaysia hanya mampu finis di urutan dua klasemen Grup C dengan koleksi lima poin. Situasi itu terjadi lantaran Harimau Malaya gagal menaklukkan Australia di laga ketiga.

Sempat unggul 2–1 di awal babak kedua, pasukan dari Negeri Jiran terkejar oleh Timnas Australia. Kedua tim akhirnya harus puas berbagi skor 2–2 dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Maguwoharjo

3 dari 3 halaman

Indonesia Juara Grup A

Timnas Indonesia U-16 telah lebih dulu merebut tempat di babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Kepastian itu diperoleh usai Garuda Asia menaklukkan Vietnam dengan 2–1 dalam laga terakhir yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (6/8/2022).

Skuad asuhan Bima Sakti sejatinya sempat tertinggal lebih dulu jelang turun minum. Gol dari Nguyen Cong Phuong pada menit ke-41 membuat Timnas Indonesia U-16 tertinggil satu angka dari pasukan muda The Golden Star.

Beruntung penggawa Merah Putih mampu membalikkan keadaan di paruh kedua. Arkhan Kaka dan Muhammad Nabil Asyura bergantian menyumbang poin bagi tuan rumah, setelah membobol gawang lawan di menit ke-51 dan 55.

Capaian tersebut mengantar Indonesia bertengger nyaman di puncak klasemen. Garuda Asia melaju ke semifinal dengan status juara Grup A usai mengoleksi 13 gol dari tiga pertandingan kontra Singapura, Filipina, dan Vietnam.

Thailand kemudian menyusul Indonesia dengan menjuarai Grup B. Sementara satu tempat tersisa jadi milik Vietnam yang menyandang status runner-up terbaik. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS