Sukses

Gantikan Qatar, Portugal Gelar Seri Pembuka MotoGP 2023

Portugal akan membuka MotoGP 2023, menggantikan Qatar yang selalu mengawali kompetisi sejak 2007. Perubahan terjadi karena Sirkuit Losail bakal menjalani renovasi besar-besaran. Sirkuit tersebut baru menggelar balapan ketika pembenahan selesai.

Liputan6.com, Madrid - Portugal akan membuka MotoGP 2023, menggantikan Qatar yang selalu mengawali kompetisi sejak 2007. Perubahan terjadi karena Sirkuit Losail bakal menjalani renovasi besar-besaran. Sirkuit tersebut baru menggelar balapan ketika pembenahan selesai.

Menggelar MotoGP sejak 2004, Qatar hingga kini hanya absen menjadi tuan rumah sirkus kuda besi. Momen tersebut terjadi pada 2020 ketika pandemi Covid-19 menyerang dunia.

"Kalender sementara MotoGP 2023 akan dirilis oleh Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) pada waktunya. Namun untuk seri pembuka sudah dapat dikonfirmasi," tulis keterangan resmi MotoGP.

"Seri Portugal 2023 akan menandai untuk pertama kalinya kompetisi dimulai di Eropa sejak 2006. Seri nanti juga akan menjadi seri pembuka yang digelar di Eropa untuk ketiga kalinya setelah lebih dari tiga dekade."

"Akan juga berlangsung tes pramusim di Portimao beberapa pekan sebelum balapan, dengan waktu pastinya bakal diumumkan nanti," kata otoritas MotoGP.

MotoGP Portugal akan berlangsung di Algarve International Circuit, Portimao pada 24-26 Maret 2023. Seri tersebut kini masuk kalender resmi setelah sebelumnya menjadi venue pengganti pada musim 2020.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Benahi Paddock dan Area Pendukung

Losail International Circuit dikabarkan bakal membenahi area paddock dan fasilitas pendukung.

"Sirkuit Internasional Losail akan menjalani renovasi besar-besaran pada area paddock dan fasilitas sirkuit untuk tahun 2023. Lintasan ini sudah dikonfirmasi di kalender MotoGP hingga setidaknya 2031. Pengerjaan ini akan membuat venue motorsport unggulan Timur Tengah tersebut menahbiskan statusnya sebagai salah satu fasilitas balap dengan perlengkapan terbaik di dunia," tulis keterangan resmi pengelola Losail.

"Proyek renovasi akan mulai terbentuk pada tahun 2022 dan akan melihat berbagai area dibangun kembali untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi semua yang berlomba dan pengunjung venue. Itu termasuk area baru untuk penonton."

"Losail akan tetap menjadi tuan rumah MotoGP Qatar 2023 setelah pekerjaan selesai, yang berarti acara tersebut tidak akan menjadi seri pembuka sejak tahun 2007. Balapan akan berlangsung menjelang akhir musim," tutup otoritas.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Mandalika Sempat Dipertimbangkan

Kabar renovasi Losail sudah muncul sejak Mei 2022. Menurut Crash, sejumlah lokasi kemudian dipertimbangkan menjadi pengganti,

Salah satunya Sirkuit Mandalika yang menggelar seri kedua pada musim ini. Calon lain adalah Phillip Island Australia, yang lama dikabarkan akan pindah dari Oktober ke Maret karena cuaca yang lebih baik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.