Sukses

Hadapi Singapura di Piala AFF U-16, Intip Rekor Pertemuan Timnas Indonesia dengan The Lions

Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura di matchday kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022. Simak rekor pertemuan kedua tim di turnamen yang sama melalui artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-16 bakal menghadapi matchday kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022. Berlaga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta pada Rabu (3/8/2022), Garuda Asia dijadwalkan bersua dengan Singapura.

Skuad asuhan Bima Sakti sejatinya punya modal bagus untuk menghadapi The Lions di pertandingan kali ini. Pasalnya dari segi head-to-head, Timnas Indonesia belum sekali pun takluk dari Singapura dalam gelaran Piala AFF U-16.

Kedua tim tercatat sudah empat kali bertemu dalam turnamen sepak bola remaja internasional. Dari total empat perjumpaan tersebut, Garuda Asia sanggup mengoleksi dua kemenangan dan dua hasil imbang atas Singapura.

Pertemuan ternyar keduanya terjadi di kompetisi edisi 2019 silam. Anak-anak asuh Bima Sakti kala itu mampu tampil menonjol sejak awal laga. Alhasil, Timnas Indonesia U-16 sukses menumbangkan The Lions dengan skor akhir 3–0.

Performa dominan Garuda Asia atas Timnas Singapura juga tersaji di Piala AFF U-16 2017. Meski langkahnya terhenti di fase grup, pasukan Merah Putih saat itu mampu mencatatkan keunggulan 2–0 atas Singapura.

Adapun skor kembar Timnas Indonesia U-16 dan Singapura U-16 diraih dalam Piala AFF U-16 edisi 2013. Garuda Asia yang sukses keluar sebagai runner up hanya mampu bermain imbang 1–1 dengan The Lions di fase penyisihan grup.

Catatan serupa juga diraih ketika penggawa Indonesia menghadapi Singapura di Piala AFF U-16 edisi 2008. Garuda Asia gagal mencatatkan kemenangan atas The Lions dan harus puas berbagi skor 1–1 dengan lawannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengukuhkan Dominasi

Timnas Indonesia U-16 berkesempatan mengukuhkan dominasinya atas Singapura di Piala AFF U-16 2022. Apalagi, skuad racikan Bima Sakit sudah mengantongi rekor bagus kala berhadapan dengan Timnas Filipina U-16 di matchday pertama.

Bermain di hadapan publik sendiri, Garuda Asia sanggup menuntaskan perlawanan tim tamu dengan 2–0 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Minggu (31/7/2022) malam WIB.

Gol-gol Indonesia di laga tersebut diperoleh dari hasil bunuh diri Kapten Filipina Jared Pena dan sumbangsih penyerang muda Tanah Air, Arkhan Kaka Purwanto.

Meski unggul atas Filipina, Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti masih belum puas dengan performa skuadnya. Ia menganggap Garuda Asia masih bisa mencetak gol lebih banyak, jika mereka mampu memanfaatkan peluang di babak kedua.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Hasil Minor

Di sisi lain, Singapura harus menelan hasil minor dalam laga perdana penyisihan Grup A Piala AFF U-16 yang dihelat di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta pada Minggu (31/7/2022). Skuad The Lions dibantai habis-habisan oleh Vietnam dengan skor telak 5–1.

Hasil ini mengantar Timnas Singapura U-16 bertengger di dasar klasemen sementara Grup A. Ssementara itu, Vietnam memimpin di posisi teratas klasemen dengan torehan tiga poin.

Timnas Indonesia sejatinya memiliki koleksi poin yang sama dengan pemuncak. Namun, kegagalan Garuda Asia memanfaatkan peluang di laga kontra Filipina membuat skuad asuhan Bima Sakti kalah selisih gol dari The Golden Star, sehingga hanya menghuni posisi kedua.

4 dari 4 halaman

Klasemen

Simak klasemen sementara penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022 di bawah ini!

 Tim  MP  W  D  L  GF  GA  GD  Poin
 Vietnam U-16  1  1   0   0   5   1   4   3 
 Indonesia U-16   1  1  0  0  2  0   2   3 
 Filipina U-16   1  0   0  1  0  2  -2  0
 Singapura U-16   1  0  0  1  1  5  -4  0

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.