Sukses

Kembali Jadi Pemain Terbaik Afrika, Sadio Mane Kehabisan Kata-kata

Liputan6.com, Jakarta Sadio Mane kembali terpilih sebagai pemain terbaik Afrika. Pemain yang kini berseragam Bayern Munchen tersebut meraih penghargaan ini atas kiprah briliannya di Piala Afrika dan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Penobatan Mane sebagai Pemain Terbaik Afrika 2022 dilakukan pada Kamis (21/7/2022) waktu setempat. Mantan pemain Liverpool itu berhasil mengalahkan mantan rekan setimnya Mohamed Salah. Hasil voting menempatkan pemain Mesir itu di urutan kedua diikuti Edouard Mendy di tempat ketiga. 

Mane menjadi kunci keberhasilan negaranya Senegal menjuarai Piala Afrika untuk kali pertama. Tendangan penalti Mane di babak final menjadi penentu keberhasilan negaranya mengalahkan Mesir, 6 Februari lalu. Sempat bermain tanpa gol hinga perpanjangan waktu, Senegal pun menang dengan skor 4-2.

Penampilan gemilang Mane bersama Senegal kembali berlanjut ke babak kulaifikasi Piala Dunia 2022. Pemain berusia 30 tahun itu menjadi penentu saat timnas Senegal menyingkirkan Mesir sekaligus memastikan satu tempat di babak utama turnamen sepak bola paling akbar sejagad raya tersebut.

Menariknya, kemenangan ini juga diraih lewat proses yang sama, yakni adu penalti. Mane yang kembali ditunjuk sebagai salah satu ekskeutor juga keluar sebagai penentu kemenangan Senegal atas Mesir. 

"Pemain terbaik Afrika tahun ini. Selamat untuk Sadio Mane. #MianSanMia," tulis akun IG Bayern Munchen memberi selamat kepada pemain barunya itu seperti dilansir dari AS, Jumat (22/7/2022). 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bukan Penghargaan Pertama

Bukan sekali ini saja Mane terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika. Pada tahun 2019 lalu, Mane juga meraih penghargaan yang sama. Setelah itu, Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) sempat menangguhkan acara tersebut selama dua tahun menyusul pandemi virus Corona COVID-19 yang mengguncang dunia. 

Mane kini membayang-bayangi pencapaian mantan rekan setimnya Mohamed Salah. Seperti halnya Mane, pria asal Mesir tersebut juga sudah mengantongi dua gelar Pemain Terbaik Afrika, yakni 2017 dan 2018. 

Dalam dua gelaran ini, Mane harus puas berada di urutan kedua. 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kata Mane

Malam penganugerahan berlangsung di Rabat. Demi menghadiri acara ini, Mane terpaksa meninggalkan Bayern Munchen yang tengah menjani pemusatan latihan di Amerika Serikat. Sebelum bertolak, Mane sempat tampil dan mencetak gol saat Bayern Munchen mengalahkan DC United 6-2, Rabu (20/7).

"Saya mendedikasikan penghargaan ini untuk Senegal," kata Mane dalam kata sambutannya. 

"Saya sangat emosional dan tidak punya kata-kata untuk mengungkapkan perasaanku," bebernya. 

 

4 dari 4 halaman

Bersinar Bersama Munchen

Sementara itu, Mane tidak butuh waktu lama untuk bersinar bersama klub barunya, Bayern Munchen. Namanya sudah mulai dielu-elukan setelah tampil memukau sepanjang tur pramusim FC Hollywood. 

Kerja keras Mane sangat terlihat saat Munchen bertemu DC United, Rabu lalu. Mane akhirnya membuka kemenangan Munchen pada menit ke-5 lewat penalti. 

Pada menit ke-12, Bayern Munchen berhasil menggandakan keunggulan melalui Marcel Sabitzer. Sementara gol ketiga FC Hollywood dicetak semenut sebelum turun minum melalui Serge Gnabry.

Di babak kedua, giliran De Ligt juga mencatatkan namanya di papan skor pada menit 47. Sementara dua gol lainnya dipersembahkan oleh Joshua Zirkzee pada menit 51 dan Thomas Muller pada injury time

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS