Sukses

3 Gol Kontroversial dalam Sejarah Piala Dunia

Gol-gol kontroversial tak hanya dapat mengubah jalannya sebuah pertandingan, tapi seluruh turnamen. Bahkan, gol-gol itu pun terkadang dianggap sebagai noda hitam dalam sejarah Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta Putaran final Piala Dunia dianggap sebagai turnamen terakbar dan elite di dunia sepak bola. Tak pelak lagi, perhelatan akbar Piala Dunia ke-22 yang akan digelar di Qatar pada November tahun ini menjadi ajang olahraga yang dinanti-nanti publik sepak bola dunia.

Turnamen ini akan digelar di Qatar mulai 21 November hingga 18 Desember 2022. Sebanyak 32 tim akan bersaing di sana demi memperebutkan gelar juara. Ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang berlangsung pada musim dingin.

Seperti gelaran-gelaran Piala Dunia sebelumnya, tahun ini Piala Dunia 2022 yang pertama kalinya dihelat oleh negara dari kawasan Timur Tengah ini juga diprediksi akan menyajikan duel-duel menarik, kelahiran bintang baru lapangan hijau, dan deretan gol menarik. 

Bicara mengenai gol-gol menarik yang terlahir pada gelaran Piala Dunia, beberapa di antaranya bahkan berbau kontroversi, membekas dalam ingatan jutaan penggemar, dan tak sedikit yang masih ramai diperbincangkan hingga kini.

Ya, sepanjang pergelarannya, Piala Dunia telah menghadirkan sejumlah gol kontroversial yang tak hanya mampu mengubah jalannya sebuah pertandingan, tapi bahkan seluruh turnamen. Akibatnya, baik wasit maupun pencetak gol terkadang sama-sama menghadapi kritikan karena tak sedikit yang menganggap gol-gol itu sebagai noda hitam dalam sejarah Piala Dunia.

Untuk menyegarkan ingatan Anda, kami telah merangkum tiga gol kontroversial yang memicu perdebatan abadi sepanjang turnamen Piala Dunia digelar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gol Tangan Tuhan Diego Maradona (1986)

Gol Tangan Tuhan barangkali menjadi gol yang paling banyak dibicarakan dalam sejarah Piala Dunia. Gol penuh kontroversi itu dicetak Maradona ke gawang Inggris pada laga perempat final Piala Dunia 1986 yang digelar di Meksiko. Bagaimana tidak, gol itu tak hanya sontak meledakkan tangisan histeris para fans Tim Tiga Singa, lebih dari itu publik sepak bola pun mempertanyakan sportivitas Maradona sebagai seorang atlet.

Kala itu, Maradona yang sebelumnya menggiring bola melewati beberapa pemain Inggris mengoper bola ke arah rekan setimnya Jorge Valdano dan berlari ke kotak penalti Inggris. Namun, bola yang sempat mengenai kaki Valdano itu lantas diantisipasi dengan liar oleh pemain belakang Inggris yang justru melambungkannya ke arah gawang sendiri.

Maradona melompat seolah hendak melakukan sundulan, namun bola malah mengenai tangannya melewati kiper Peter Shilton yang saat itu keluar dari sarangnya untuk melakukan penyelamatan. Sentuhan tangan Tuhan itu pun berbuah gol pertama bagi Argentina yang kemudian memenangkan laga itu dengan skor 2-1.

Gol yang disambut protes keras para pemain Inggris itu pun tetap disahkan oleh wasit Ali Bin Nasser asal Tunisia. Sementara itu. sebagaimana dikutip dari worldsoccershop.com, dalam pernyataannya kepada media seusai pertandingan, legenda sepak bola Argentina yang meninggal pada usia ke-60 dua tahun silam itu mengatakan "un poco con la cabeza de Maradona y otro poco con la mano de Dios," yang berarti “sedikit sentuhan kepala Maradona dan sedikit sentuhan tangan Tuhan.”

3 dari 6 halaman

2. Gol Hantu Frank Lampard (2010)

Gol berbau kontroversi yang memicu perdebatan sengit selanjutnya adalah gol Frank Lampard di babak 16 besar Piala Dunia Afsel 2010 yang mempertemukan Inggris dengan Jerman. Pada menit ke-39 laga babak pertama, Tim Tiga singa yang kala itu tertinggal 1-2 sesaat sempat bernapas lega manakala tembakan keras Lampard membentur bagian bawah mistar gawang Jerman kemudian memantul ke tanah di dalam garis gawang yang dijaga Manuel Neuer itu.

Namun nahas bagi Lampard yang sempat berselebrasi karena wasit Jorge Larriando menganulir gol tersebut. Keputusan wasit asal Uruguay itu sangat memengaruhi performa kesebelasan Inggris di sisa pertandingan dan tentu saja membuat kecewa jutaan penggemarnya. Langkah Inggris di Piala Dunia Afsel pun terhenti di babak knocked-out setelah kalah 2-4 dari Der Panzer.

Sementara insiden dianulirnya gol Lampard terus menjadi perdebatan di kalangan pemain, pengamat, dan penggemar sepak bola di dunia karena publik meyakini itu adalah gol yang sah, ditambah dengan tayangan ulang yang jelas-jelas memperlihatkan sebuah gol. Namun satu wasit dan dua hakim garis yang merupakan satu-satunya pihak berwenang dan berkuasa untuk menilainya di lapangan hijau meyakini hal lain. Ditambah lagi dengan belum adanya teknologi untuk mengecek ulang kesalahan wasit ketika itu.

Insiden gol hantu Lampard sebenarnya bukan kejadian pertama di ajang Piala Dunia. Jauh sebelum itu, tercatat ada legenda Inggris lainnya, yaitu Geoff Hurst yang salah satu dari tiga golnya saat Tim Tiga Singa melawan Jerman Barat pada partai final Piala Dunia Inggris 1966 berbau kontroversi. Kala itu kedua tim harus memainkan babak perpanjangan waktu dan pada menit ke-103, Hurst melesatkan tendangan jarak dekat di muka gawang Jerman Barat. Tendangan itu mengakibatkan bola pantul setelah sebelumnya membentur mistar gawang, dan kemudian ditepis oleh pemain belakang Jerman Barat. Namun, insiden itu dinyatakan sebagai sebuah gol yang sah sesaat setelah wasit Gottfried Diens berdiskusi dengan hakim garis. Gol hantu Hurst menyisakan kekecewaan besar bagi Timnas Jerman Barat dan perdebatan sengit di antara banyak pihak.

4 dari 6 halaman

3. Gol Karim Benzema vs Teknologi Garis Gawang (2014)

Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil adalah gelaran Piala Dunia pertama dalam sejarah yang mengaplikasikan penggunaan teknologi garis gawang yang diklaim mampu mendeteksi setiap gol yang tercipta secara akurat. Sistem teknologi itu dirancang secara cermat guna menghindarkan wasit dari keputusan-keputusan berbau kontroversial seperti yang terjadi pada gol Frank Lampard di Piala Dunia 2014.

Laga pembuka penyisihan grup E yang mempertemukan Prancis dan Honduras menjadi pertandingan Piala Dunia pertama yang memanfaatkan teknologi garis gawang ketika wasit harus mengonfirmasi tendangan setengah voli Karim Benzema ke gawang Los Catrachos (julukan Timnas Honduras). Kala itu, striker andalan Tim Ayam Jago itu melepaskan tendangan dari bagian bawah mistar gawang dan bola pun memantul tepat di mengenai garis gawang dan melewati kiper Noel Valladares yang berusaha melakukan penyelamatan. Wasit asal Brasil Sandro Ricci mengonfirmasi gol tersebut melalui teknologi garis gawang. Wasit pun memastikan bahwa itu memang merupakan sebuah gol. Namun gol yang dimaksud adalah gol bunuh diri kiper Valladares, bukan gol Karim Benzema. Hat-trick Benzema pun “digagalkan” teknologi garis gawang.

Gol itu menjadi perbincangan hangat di tengah publik dan menjadi berita hangat di media-media karena itu adalah pertama kalinya teknologi garis gawang digunakan di Piala Dunia. 

 

5 dari 6 halaman

Nantikan Kehadiran Gol-Gol Kontroversial di Piala Dunia Qatar

Qatar menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Bagi Asia, ini merupakan kesempatan kedua setelah pada tahun 2002 Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama. Selain menjadi tuan rumah untuk pertama kali, ini juga menjadi partisipasi pertama Qatar di putaran final. Sebelumnya, tim berjuluk The Maroon ini tak pernah berhasil lolos dari babak kualifikasi. Piala Dunia 2022 Qatar akan diikuti 32 tim, dan ini menjadi yang terakhir sebelum diikuti 48 negara pada Piala Dunia 2026 mendatang. 

Piala Dunia 2022 di Qatar akan menjadi Piala Dunia termahal sepanjang sejarah. Negara yang beribukota di Doha itu menghabiskan lebih dari 220 milliar dollar US atau sekitar Rp 3.152,3 T untuk membangun stadion, penginapan hingga fasiltas latihan pendukung.

Tak hanya itu, Qatar juga menciptakan kota baru dengan nama Lusail dengan biaya sekitar 45 milliar dollar US atau setara Rp 644,8 T.

Prancis dilaporkan menjadi favorit juara. Prancis memiliki peluang 17,93% untuk mempertahankan mahkota mereka dan kemungkinan besar menjadi pemenang turnamen. Namun, Prancis harus tampil jauh lebih baik daripada yang mereka lakukan di Euro 2020. Dalam turnamen itu, Prancis tersingkir di babak 16 besar. Brasil adalah favorit kedua, dengan Spanyol ketiga. Kemudian Inggris yang mengalami mimpi buruk lantaran tak pernah menang dalam empat laga di UEFA Nations League tetap menjadi unggulan keempat untuk memenangkan turnamen.

6 dari 6 halaman

Piala Dunia Qatar Disiarkan di Mana?

Para pecinta sepak bola Tanah AIr dapat menyaksikan seluruh pertandingan Piala Dunia 2022 di berbagai platforf Elang Mahkota Teknologi atau Emtek Group.

Pasalnya, Emtek Group sebagai pemegang hak siar bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio.

Juga di Nex Parabola dan Champions TV. Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com. Baca berita selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.