Sukses

Profil Abdulla Yusuf Helal, Striker Baru Persija yang Pernah Bermain di Liga Champions dan Liga Europa

Persija resmi mendatangkan Abdulla Yusuf Helal untuk mengisi slot pemain Asia. Pemain timnas Bahrain ini pernah bermain di Liga Champions dan Liga Europa.

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta akhirnya mendatangkan pemain asing terakhirnya. Pemain tersebut adalah Abdulla Yusuf Helal.

Abdulla Yusuf Helal sudah diresmikan sebagai bagian dari skuad Macan Kemayoran untuk mengisi slot regional Asia. Dia akan bermain untuk Persija selama tiga tahun ke depan.

Pelatih Persija Thomas Doll optimistis keberadaan Yusuf dapat membuat lini depan timnya makin garang. "Saya senang akhirnya tim ini sudah komplet," kata ahli taktik asal Jerman itu seperti dikutip dari laman resmi klub, Rabu (20/7/2022).

"Dia seorang pemain yang memiliki mentalitas tinggi dan saya harap dia bisa menambah variasi serangan tim," ucap Thomas menambahkan.

Mesti tidak iktu dalam acara launching tim dan jersey pada 16 Juli lalu, pemain yang pernah berkompetisi di Liga Champions dan Liga Europa itu dipastikan akan tiba di Indonesia untuk bergabung dengan Andritany Ardhiyasa sebelum kick off Liga 1 2022/2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karier Abdulla Yusuf Helal

Abdulla Yusuf Helal mengawali karier profesional di negara asalnya, Bahrain. Penyerang berusia 20 tahun itu pernah bermaun untuk East Riffa 2014 hingga 2017.

Yusuf kemudian pindah ke Al-Muharraq dan bermain selama semusim, yaitu 2017-2018). Setelah itu, pemain timnas Bahrain ini mencoba peruntungan di Republik Ceko selama musim 2018-2019,

Dia sempat membela beberapa klub besar di Liga Fortuna (liga kasta tertinggi Republik Ceko). Yusuf bermain untuk Bohemians 1905 dari 2018 hingga 2019.

Selanjutnya ke Slovan Liberec dan Slavia Prague, dimana Michael Krmencik serta Ondrej Kudela juga pernah membela klub tersebut.

Selain di Liga Ceko, pemain kelahiran Kota Riffa ini tercatat sudah merasakan atsmosfer Liga Champions. Dia pernah memperkuat Slavia Praha pada leg kedua laga kualifikasi Liga Champions 2019-2020 kontra CFR Cluj (Rumania).

Yusuf jua sempat bermain saat melawan Inter Milan pada laga Grup Liga Champions di musim itu. Ketika itu, dia dimaikan pada 11 menit terakhir dalam laga yang berakhir 1-1.

Torehan itu membuat Yusuf menjadi pemain Bahrain dan negara-negara Teluk pertama yang bermain di Liga Champions.

 

3 dari 3 halaman

Liga Europa dan timnas Bahrain

Selain Liga Champions, Abdulla Yusuf Helal juga sempat bermain di Liga Europa. Yusuf bermain di kompetisi kasta kedua Eropa itu saat dipinjamkan ke Solvan Liberec.

Di Liga Euopa, dia sempat mencetak gol dalam debutnya melawan Gent pada Grup L. Yusuf tercatat bermain lima dari enam laga Liberec di Liga Europa.

Secara total, Yusuf mencatatkan 15 gol dan 12 assist dari 97 laga membela Slovan Liberec, Slavia Praha, dan Bohemians.

Di timnas Bahrain, Yusuf telah bermain sebanyak 30 kali dan mencetak empat gol sejak Agustus 2012. Debut Yusuf dimulai dalam laga persahabatan Bahrain melawan Azerbaijan pada 15 Agustus 2012 ketiak berusia 19 tahun.

Yusuf mengoleksi masing-masing satu gol pada dua laga terakhirnya membela timnas Bahrain, yakni laga Grup E Kualifikasi Piala Asia kontra Malaysia dan Turkmenistan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini