Sukses

Hasil Lengkap Piala AFF U-19 2022: Malaysia Juara, Indonesia Gagal di Penyisihan Grup

Liputan6.com, Bekasi - Timnas Malaysia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2022 usai mengalahkan Laos di pertandingan final. Pasukan Hassan Sazali Mohd Waras ini menang 2-0 di Stadion Candrabhaga, Bekasi, Jumat (15/7) malam WIB.

Malaysia melaju ke final setelah mengalahkan Thailand 3-0 di semifinal Piala AFF U-19. Sedangkan Laos menang 2-0 atas Vietnam.

Duel Malaysia melawan Laos di final merupakan laga ulangan penyisihan Grup B. Ketika itu Laos menang 1-0 atas Malaysia di Stadion Candrabhaga, Senin, 11 Juli

Kembali bertemu di final, Malaysia jelas ingin membalas kekalahan dari Laos. Harimau Malaya membuka skor pada menit ke-14 melalui Muhammad Faiz Runnizar. Tidak terkawal, Faiz dengan mudah meneruskan umpan tendangan bebas.

Tertinggal satu gol, Vietnam mencoba mencetak gol balasan. Malaysia pun tidak tinggal diam. Melalui serangan balik, Malaysia mencoba membuat gol kedua. Tapi, hingga turun minum tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Pada babak kedua, Vietnam mencoba meningkatkan tempo serangan untuk mencetak gol balasan. Tapi, Malaysia mampu meladeninya.

Faiz hampir mencetak gol kedua untuk Malaysia di menit ke-61. Sayang, meski sudah berdiri bebas, dia gagal menceploskan bola ke gawang hasil umpan dari sisi kiri pertahanan Laos.

Malaysia akhirnya dapat menggandakan skor di menit ke-77 melalui Muhammad Aliff Yusian. Unggul 2-0 atas Laos membuat Malaysia semakin leluasa mengatur tempo permainan.

Laos terus berupaya mencetak gol di sisa waktu. Tetapi, gol yang ditunggu-tunggu tidak hadir juga hingga laga final berakhir. Malaysia pun menang dan menjadi juara.

Sementara itu, kiprah Timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF edisi tahun ini terhenti di penyisihan grup. Skuad racikan Shin Tae-yong harus finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup A di bawah Vietnam dan Thailand.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Susunan pemain Malaysia vs Laos

Malaysia U-19: 1 Syahmi Adib Haikal Mohd Shukri, 3 Muhammad Ubaidullah Shamsul Fazili Mohd Zamri, 5 Muhammad Faiz Amer Runnizar, 6 Muhammad Alif Farhan Fauzi, 7 Muhammad Najmudin Akmal Kamal Akmal, 12 Ziad El Basheer, 13 Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri, 17 Fakrul Fareez Aidi, 18 Adam Farhan Mohd Faizal, 19 Muhammad Aliff Izwan Yuslan, 21 Muhammad Haiqal Haqeemi Hairi

Laos U-19: 12 Phounin Xayyasone, 2 Phoutthavong Sangvilay, 3 Foutbone Kounnasen, 4 Anantaza Siphongphan, 6 Chanthavixay Khounthoumphone, 8 Sayfon Keohanam, 13 Peeter Phanthavong, 15 Damoth Thongkhamsavath, 16 Saleunxay Phommavong, 21 Vongsakda Chanthaleuxay, 23 Chanthaviphone Phoumsavanh

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Gagal

Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19. Bertindak sebagai tuan rumah, tim racikan Shin Tae-yong ini hanya menempati posisi ketiga klasemen akhir Grup A.

Timnas Indonesia U-19 sebenarnya memiliki poin yang sama dengan Vietnam dan Thailand, yakni 11. Namun, regulasi terbaru AFF U-19 2022, jika ada lebih dari dua tim memiliki poin sama maka akan dibuat klasemen mini.

Pada klasemen mini ini, head to head jadi penentu terlebih dulu baru kemudian selisih gol. Vietnam dan Thailand secara head to head unggul atas Indonesia karena memiliki produktivitas gol lebih baik berkat hasil imbang 1-1 di laga terakhir.

Sementara Indonesia hanya mampu bermain imbang 0-0, baik melawan Vietnam maupun Thailand.

Andai, Vietnam vs Thailand berakhir imbang 0-0 atau tanpa gol, Indonesia bakal lolos sebagai juara Grup karena memiliki selisih gol yang tinggi. Kemudian di peringkat kedua ada Vietnam.

Pasalnya, Indonesia unggul secara selisih gol dengan surplus 15. Sementara Vietnam punya selisih gol hanya plus 9 dan Thailand lebih buruk dengan plus 6.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS