Sukses

3 Kali Clean Sheet di Piala AFF U-19 2022, Pelatih Persija Sebut Cahya Supriadi Punya Kemampuan Spesial

Penampilan gemilang Cahya Supriadi bersama timnas Indonesia U-19 juga menarik perhatian pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll.

Liputan6.com, Jakarta Tiga pertandingan sudah dilalui timnas U-19 dalam gelaran Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Salah satu nama yang bersinar terang adalah kiper Cahya Supriadi.

Cahya merupakan kiper muda Persija kelahiran Karawang, 11 Februari 2003. Dia adalah jebolan Persija Elite Pro Academy (EPA) sebelum menjadi langganan timnas kelompok umur hingga promosi ke tim utama Persija sejak musim lalu.

Tampil dalam tiga pertandingan timnas di Grup A, yaitu vs Vietnam (0-0), Brunei Darussalam (7-0), dan Thailand (0-0), Cahya sukses menjaga gawang timnas tanpa noda satu pun alias clean sheet. Padahal, tugasnya tak mudah lantaran kala bertemu Vietnam dan Thailand ia banyak mendapatkan serangan.

Cahya bersyukur ia tidak kebobolan di tiga pertandingan. Tapi, catatan positif itu saja tidak membuatnya puas.

"Tentu saya bersyukur bisa mencatatkan clean sheet. Tapi bagi saya yang utama adalah tim bisa meraih kemenangan. Saya berharap kami bisa meraih poin maksimal di sisa pertandingan sehingga bisa lolos ke babak selanjutnya,” kata Cahya seperti yang dikutip dari laman resmi klub Persija Jakarta, Jumat (8/7/2022)

 Timnas U-19 masih akan bersua Filipina (8/7/2022) dan Myanmar (10/7/2022). Cahya bertekad untuk terus tampil maksimal sepanjang laga dan mengevaluasi beberapa aspek dalam penampilannya.

"Mungkin terkait pendistribusian bola yang harus lebih baik lagi. Lalu pengambilan keputusan saat keluar gawang dan harus lebih fokus lagi. Kerja sama dengan semua bek terjalin baik. Yang terpenting kami harus lebih fokus lagi dalam menjaga pertahanan," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pelatih Persija Puji Penampilan Cahya

Timnas Indonesia U-19 gagal meraih kemenangan melawan Thailand pada laga ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022. Di balik hasil seri ini ada Cahya Supriyadi yang tampil gemilang. Kiper asal Karawang Barat ini menjadi penyelamat gawang Timnas Indonesia U-19 dari gempuran Thailand.

Dengan hasil ini, Cahya Supriyadi berhasil melakukan tiga kali clean sheet. Sebelumnya, Indonesia juga tak kebobolan saat melawan Vietnam dan Brunei Darussalam.

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, pun memberikan apresiasi terhadap performa Cahya di Timnas. "Dia punya sesuatu yang spesial. Dia bisa suatu hari jadi kiper yang sangat bagus. Setiap pemain punya kesempatan untuk itu," tuturnya.

Sementara itu, selain Cahya masih ada lima pemain Persija lagi yang menghuni timnas U-19. Mereka adalah Alfriyanto Nico Saputro, Razzaa Fachrezi Aziz, Muhammad Ferarri, Radzky Syahwal Ginting, dan Raka Cahyana Rizky.

 

3 dari 5 halaman

Pemain Persija

Cahya Supriyadi merupakan kiper milik Persija Jakarta. Dia memulai kariernya di klub Ibu Kota pada 2018 dengan masuk skuad Persija U-16. Di sana, Cahya bermain selama dua musim.

Pada pada 2019-2020, Cahya naik tingkat ke Persija U-18 dan bermain di kompetisi Liga 1 U-18. Dia berhasil membawa tim muda Macan Kemayoran meraih peringkat ketiga.

Setelah itu, nama Cahya Supriadi masuk ke tim senior sebagai penjaga gawang ketiga menjelang Liga 1 2021-2022 dimulai. 

4 dari 5 halaman

Masuk Timnas U-23

Penampilan apik Cahya ternyata tak lepas dari pantauan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dia masuk Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U23 2022.

Cahya dipercaya Shin Tae-yong untuk menggantikan kiper Persebaya Surabaya, Ernando Ari

Hanya saja, Indonesia menarik diri dari perhelatan Piala AFF U23 2022 di Kamboja lantaran beberapa pemain terpapar Covid-19.

Cahya juga sempat dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas U-23 untuk SEA Games 2022.

5 dari 5 halaman

Klasemen Grup A

Klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022:

1. Vietnam: 7 poin (+7)

2. Thailand: 7 poin (+4)

3. Myanmar: 6 poin (+6)

4. Indonesia: 5 poin (+7)

5. Filipina: 0 poin (-6)

6. Brunei Darussalam: 0 poin (-18)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.