Sukses

Hasil Malaysia Masters 2022: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Jadi Wakil ke-7 yang Lolos ke Perempat Final

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia kembali meloloskan satu wakilnya ke babak perempat final Malaysia Masters 2022. Kali ini, giliran ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang melangkah ke fase delapan besar turnamen bulu tangkis level BWF Super 500 itu.

Berlaga di Axiata Arena, Kuala Lumpur pada Kamis (7/7/2022), Fajar/Rian mampu mengalahkan pasangan Thailand Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren lewat permainan straight game 21–14 dan 21–14.

Fajar/Rian memang unggul dari segi ranking dibanding pemain Negeri Gajah Putih. Duo Indonesia yang tengah naik daun tersebut kini bertengger di peringkat lima dunia, sedangkan lawannya hanya duduk di urutan ke-34.

Tak heran jika Fajar/Rian mampu tampil dominan sejak awal game pertama. Ganda putra asuhan pelatih Herry IP tak kesulitan menjaga jarak serta menutup set pembuka dengan selisih tujuh poin dari pasangan Thailand.

Di game kedua, Jomkoh/Kedren tampil lebih bersaing. Mereka mampu menempel perolehan poin pasukan Merah Putih. Keduanya bahkan sanggup menyamakan kedudukan menjadi 11–11 pasca interval, setelah sempat tertinggal dua angka dari pasangan Indonesia.

Kendati demikian, Fajar/Rian mampu bangkit dan menunjukkan kualitasnya. Mereka meraih lima poin beruntun dan kembali memimpin dengan kedudukan 16–11. Ganda putra Tanah Air terus unggul hingga akhir permainan.

Keduanya sukses mematahkan perlawanan pasangan Negeri Gajah Putih dengan skor akhir 21 – 14. Hasil ini mengantar Fajar/Rian menjadi wakil Indonesia ke-7 yang lolos ke babak perempat final Malaysia Masters 2022.

Sebelumnya Indonesia tercatat telah meloloskan enam wakil yang berasal dari sektor tunggal putra, ganda putra, ganda putri, ganda campuran, dan tunggal putri.

2 dari 3 halaman

Wakil Lain

Selain Fajar/Rian, pasangan veteran Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga sanggup mengamankan tempat di babak perempat final. Ganda putra berjuluk The Daddies itu melenggang ke delapan besar usai menang 21–14, 18–21, dan 21–15 dari wakil Tiongkok.

Adapun di nomor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke perempat final. Juara Malaysia Open 2022 ini menang dua game langsung atas Stoeva bersaudara dengan skor akhir 21–18, 21–17.

Tren positif juga mampu dicatatkan oleh ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Keduanya tak menemui hambatan berarti di babak 16 besar Malaysia Masters 2022. Rinov/Pitha sukses mengamankan tiket ke perempat final usai mengalahkan wakil Jepang Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo dengan 21–15 dan 21–18.

3 dari 3 halaman

Wakil Tumbang

Di sisi lain, Febby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto tak mampu mengikuti jejak keberhasilan kompatriotnya. Keduanya takluk usai melakoni laga sengit tiga game kontra pasangan Korea Selatan Jeong Na Eun/Kim Hye Jong.

Pasangan muda Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Melani Mamahit/Tryola Nadia punharus mengakui keunggulan lawan di laga kali ini. Kedua pasangan ditahan oleh pemain unggulan asal Jepang dan Korea Selatan.

Wakil lain yang juga gagal melangkah ke babak delapan besar adalah ganda campuran Hafiz Faizal/Serena Kani serta tunggal putri Indonesia, Fitriani.