Sukses

Profil Legenda Timnas Meksiko Jorge Campos, Kiper Mungil Berpenampilan Nyentrik

Liputan6.com, Jakarta- Penggemar sepak bola veteran pasti tahu siapa itu Jorge Campos. Kiper bertubuh mungil nan eksentrik tersebut adalah salah satu pemain terbaik Timnas Meksiko pada ajang Piala Dunia 1994 Amerika Serikat dan 1998 Perancis. 

Menggunakan seragam, penuh dengan warna  yang saling bertabrakan menjadi ciri khas penjaga gawang timnas Meksiko tersebut. Uniknya lagi seragam tersebut dirancang sendiri oleh Jorge Campos. Menurut beberapa pengamat tren seragam seperti itu sudah dipopulerkan di olahraga tenis, namun kombinasi warna jersey yang hingar bingar dan ukuran yang gombroh hanya Jorge Campos yang memakainya.

Nama Jorge Campos memang tidak setenar kiper - kiper Eropa pada pada saat itu seperti Peter Schmeichel, David Seaman, atau Oliver Khan. Pembawaan yang garang, memiliki postur yang ideal, dan penyelamatan yang gemilang adalah beberapa kelebihan dari penjaga gawang Eropa.

Jika pembawaan yang garang, postur yang ideal dan kesigapan menjadi ciri khas kiper kiper Eropa, kiper kiper di Amerika Latin seperti Rene Higuita, Jose Luis Chilavert, dan Campos malah kerap melewati pemain lawan, pembawaan yang luwes dan acap terlibat dalam membangun serangan. 

Ketika Higuita terkenal dengan Scorpion Kicknya, Chilavert terkenal dengan eksekusi penaltinya, penjaga gawang Meksiko ini terkenal dengan kemampuanya bermain di dua posisi yang bertolak belakang yaitu kiper dan striker.

Jorge Campos sendiri telah mengoleksi 130 caps bersama timnas Meksiko dan telah menyarangkan 40 gol (39 gol untuk Pumas UNAM dan 1 gol untuk Atlante) sepanjang karier professionalnya .

Profil Campos yang terkenal dengan jersey dan gaya bermainya menarik untuk diingat, adapun hal tersebut dilatar belakangi beberpa hal sebagai berikut:

2 dari 5 halaman

Awal Karier

Masa Kecil Jorge Campos dihabiskan dengan hasrat sepak bolanya. Dia adalah seorang anak yang suka bermain sepak bola, dan mimpinya bermain untuk tim nasional Meksiko telah menjadi kenyataan. Bakatnya segera terlihat oleh orang-orang yang tepat yang membuat mimpi nasionalnya menjadi kenyataan.

Karier professionalnyaa sebagai pesepakbola dimulai di National Autonomous University of Mexico (UNAM). Catatan sepak bola profesional Campos dapat dimulai  tahun 1988. Ketika ia masih berusia 15 tahun, ia bergabung dengan Universitas Otonomi Nasional Meksiko (UNAM) sebagai striker.

Saat itu penjaga gawang utama UNAM adalah Adolfo Rios, seorang penjaga gawang profesional Meksiko, sehingga karena Jorge sangat tertarik untuk diberi kesempatan bermain di tim utama, diputuskan bahwa ia akan bermain sebagai striker.

Akhirnya, setelah penampilan pertamanya di tim, ia mampu memainkan 205 pertandingan dan mencetak 28 gol. Setelah tujuh tahun di klub debutnya, ia mengambil langkah lebih besar dan bergabung dengan Atlante pada 1995. Campos hanya menghabiskan satu musim di Atlante tetapi satu aksinya di musim 1997, membuatnya tak terlupakan.

Dalam pertandingan itu, dia ditempatkan sebagai penjaga gawang, tetapi karena penyerang tidak berhasil mencetak gol, pelatih mengganti penyerang tersebut  dengan Campos dan memasukan penjaga gawang lain, setelah beberapa menit sebagai penyerang Campos berhasil mencetak gol dengan tendangan salto yang mengesankan.

3 dari 5 halaman

Gaya Bermain

Meskipun dia adalah seorang penjaga gawang bertubuh pendek, dia berusaha keras untuk mengimbanginya dengan kelincahannya.

Dia cepat dan tampil sangat baik dalam situasi satu per satu. Campos adalah pemain yang aneh, dikenal karena permainannya yang stabil di luar kotak penalti.

Kekuatan utamanya sebagai penjaga gawang adalah kemampuannya untuk melompat, atletis, dan kecepatan saat melintasi garis, serta kemampuannya untuk mengatur garis pertahanannya, yang memungkinkan dia untuk mengatasi perawakannya yang pendek.

Ia dikenal sebagai salah satu kiper terbaik di generasinya. Dia secara luas diakui sebagai salah satu pesepakbola Meksiko terbaik dalam sejarah sepak bola. Dia menjadi terkenal dan populer bersama dengan ikon sepak bola lainnya seperti Luis Figo, Erik Cantona yang ditampilkan dalam iklan Nike.

 

 

4 dari 5 halaman

Ciri Khas

El Brody (julukan Campos) tidak hanya memiliki cara berpakaian yang unik dan dikenal sebagai salah satu pesepakbola dengan pakaian yang eksentrik, tetapi ia juga memiliki ciri khas menjadi seorang penjaga gawang.

Dia dihormati karena gaya permainannya - akrobatik, ekspresif, berisiko, dan pada saat yang sama sangat efisien. Dia juga hebat sebagai penjaga gawang. Dengan 130 caps dan dua Piala Dunia, FIFA memberinya gelar sebagai kiper top ketiga di dunia pada tahun 1994.

Terinspirasi oleh kota kelahirannya, ia secara pribadi merancang dan menugaskan kit kiper. Kainnya yang berwarna-warni tapi aneh membuatnya sangat menarik di tanah. Anehnya dia juga bisa ditempatkan sebagai striker dan dia bertindak di luar imajinasi. Dalam sejarah sepak bola, tidak banyak kiper yang bisa mencetak gol.

Tidak diragukan lagi, gaya bermainya sebagai penjaga gawang kerap menjadi sasaran empuk penghinaan dan kritik, namun ia bekerja keras untuk mendapatkan kekuatan dan konsistensi. Dia lebih dari sekadar aktor sirkus yang penuh warna di lapangan, seragam eksentrik itu membingungkan para pembelanya. Bagaimanapun, berkat kemeja yang mempesona dan gerakan yang tidak bisa diprediksi, ia menjadi penjaga gawang yang gampang diingat.

5 dari 5 halaman

Karir setelah Pensiun

Seperti banyak ikon sepak bola lainnya, Jorge Campos juga berpartisipasi dalam beberapa iklan dan Media. Dia pernah berperan dalam iklan untuk Nike. Dalam iklan yang dikenal sebagai "Baik vs Jahat", bersama beberapa bintang lapangan hijau lainya seperti Ronaldo, Paolo Maldini, Eric Cantona, Luis Figo, dan Patrick Kluivert.

Selain itu, Campos adalah salah satu ikon reguler dalam seri video game FIFA EA Sports, yang ditampilkan dalam Classic XI untuk Piala Dunia FIFA 2010 Afrika Selatan, FIFA 11, FIFA 12, FIFA 13, FIFA 15, dan FIFA 16.

Campos juga berfungsi sebagai komentator di TV Azteca yang merupakan konglomerat multimedia Meksiko. Bersama TV Azteca ia merilis "Inmortal", sebuah serial dokumenter tentang kehidupannya. adapun episode pertama "Inmortal" menanyangkan berkaitan dengan masa kecilnya, aktivitas yang dia sukai, dan orang-orang yang penting di tahun-tahun pertama kehidupannya. Selain itu, wawancara dengan orang-orang terkasih dan orang-orang yang telah membagi waktu mereka ditampilkan di setiap episode.