Sukses

481 Perenang dari 14 Negara Ikut Oceanman di Bali

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi renang perairan terbuka Oceanman akhir jadi digelar mulai Jumat 1 Juli 2022 hingga besok 2 Juli 2022. Event ini berlangsung di Jimbaran Bali. Peserta tidak hanya atlet dalam negeri tapi juga mancanegara. 

Lomba yang diharapkan sebagai pemulihan pariwisata nasional pascapandemi covid-19 ini, akan diikuti oleh 481 peserta, yang terdiri atas 386 peserta lokal dan 75 peserta asing dari 14 negara seperti Singapura, Thailand, Malaysia, Spanyol, Rusia, Ukraina dan Vietnam.

“Kami sudah siap semuanya, dari peralatan yang diperlukan, lokasi racing sampai teknis. Untuk event kedua ini oceanman menggandeng Avatara, sehingga lebih memudahkan pelaksanaan. Persiapan juri yang berkualifikasi internasional, rescue team, tim keamanan dan P3K juga sudah siap,” jelas Felix C Sutanto dan Albert C Sutanto sebagai Project Owner Oceanman Indonesia, yang juga Founder and Head of Coach Milleniumaquatic Club.

"Oceanman tidak hanya ajang kompetisi renang saja, karena wisatawan yang datang dapat merasakan beberapa acara hiburan lokal menarik yang tergabung dalam kategori race pack collection beberapa di antaranya traditional dance perfomance, live music, produk bazar UMKM lokal, food and beverage, fun games, dan masih banyak hal seru lainnya," ujar Felix dalam siaran persnya di Bali, Jumat 1 Juli 2022.

Perhelatan kompetisi Internasional Oceanman yang sudah digelar di dunia sejak 2015, untuk kali pertama diselenggarakan di Indonesia tahun 2021 dan digelar di Sanur, Bali. Untuk tahun ini, pantai Jimbaran, Bali akan menjadi lokasi kompetisi renang internasional terbesar yang berlangsung di perairan terbuka tersebut.

2 dari 3 halaman

Alasan Digelar di Bali

Dipilihnya Bali sebagai lokasi untuk acara Oceanman ini menurut Jose Luis Larrosa, Managing Director Oceanman International, karena dianggap terkenal di dunia internasional yang memiliki daya tarik budaya dengan alam dan karakter ombak yang menarik dan khas. 

Jose juga berharap bahwa ke depannya acara Oceanman Indonesia bisa mendunia yang menarik banyak pengungjung dan peserta. 

Dalam ajang kompetisi renang internasional ini, Oceanman mempertandingkan empat kategori yaitu Oceankid dengan jarak 1 km, Sprint Oceanman 2 km, Half Oceanman 5 km, dan Oceanman dengan jarak 10 km. Rute ajang ini membentuk sebuah segitiga dengan jarak sisi terpendek 333,3 m, sisi menengah 666,6 m, dan sisi terluas untuk kategori Oceanman masing-masing sisi berjarak 1,66 km. Rencananya, Menparekraf Sandiaga Uno akan hadir berpartisipasi sebagai peserta peserta untuk jarak 2 km.

 

3 dari 3 halaman

Kategori

Hari ini, kegiatan Oceanman Indonesia akan diisi dengan kegiatan kegiatan hiburan yaitu race pack collection, race expo opening, swim course open for training, welcome dinner, race briefing, dan entertainment.

Sedangkan hari kedua diisi dengan acara inti kompetisi, yaitu race area open/drop bag, flag off oceanman 10k, flag off half oceanman 5k, flag off oceanman 2k, flag off oceankid 1k, dan ditutup dengan upcara serta pembagian trofi. 

"Kami berharap dengan kompetisi ini, bisa memacu para atlet Infonesia untuk bisa berprestasi dan bersaing di tingkat dunia. Harapan ke depan juga semoga dengan event ini semakin banyak dukungan dari pihak sponsor, Pemda dan lain-lain, sehingga bisa masuk World Championships," tegas Albert C Sutanto, founder Oceanman, yang juga menjadi pelatih nasional renang ini.