Sukses

Event 'Go Skateboarding Day 2022' di Kawasan The Mandalika, Ajang Unjuk Kemampuan Skaters NTB

Liputan6.com, Jakarta Gelaran event skateboard se-Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah berlangsung di Bazaar Mandalika dan Kuta Beach Park, Selasa (21/6/2022).

Tuan rumah ajang bertajuk “Go Skateboarding Day 2022” ini, adalah PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan pariwisata di Indonesia, termasuk kawasan Pariwisata The Mandalika.

Go Skateboarding Day 2022 digelar dalam rangka memperingati hari Skateboard yang serentak dilaksanakan di seluruh dunia.

Event yang diinisiasi oleh komunitas lokal pemain skateboard di NTB Tastura Skate ini, diikuti 60 peserta yang merupakan olahragawan skateboarding se-NTB baik skaters laki-laki maupun perempuan.

Lomba terbagi menjadi 3 kelompok umur yakni 6-10 tahun, 11-20 tahun, dan 21-30 tahun. Para skaters menampilkan sejumlah trik menarik seperti best truck drop in, best trick bowl, fun games dan long ollie.

Selain itu, para skaters juga melakukan long march dimulai dari Bazaar Mandalika menuju Kuta Beach Park.

“Sebagai pengelola The Mandalika, kami bangga bisa memfasilitasi penyelenggaraan event Skateboarding tingkat regional yang mengundang komunitas lokal ini," kata Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro.

"Tidak hanya menjadi lokasi penyelenggaraan event bergengsi berstandar internasional dan nasional seperti yang telah berlangsung dalam beberapa tahun ini, kawasan kami juga siap menjadi venue bagi event-event olahraga berskala regional,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kreativitas

Penyelenggaraan event Skateboarding yang didukung ITDC ini dimaksudkan untuk memajukan komunitas lokal dalam mengekspresikan kreativitas dan meningkatkan kemampuannya, sesuai dengan penerapan konsep 5 C yang diusung di Bazaar Mandalika, yakni Commerce, Culture, Creativity, Culinary, Community.

“Kami selalu berkomitmen untuk mendukung komunitas-komunitas lokal untuk mengekspresikan kreativitasnya dan meningkatkan kemampuannya. Hal ini juga menjadi alasan kami memberikan kesempatan bagi para komunitas lokal untuk unjuk gigi di kawasan The Mandalika khususnya Bazaar Mandalika,” tambah Bram.

3 dari 5 halaman

Komunitas Lokal

Sebelumnya, ITDC telah merangkul kegiatan-kegiatan yang melibatkan dan memberdayakan komunitas lokal melalui program Community Collaboration, khususnya bagi komunitas yang berada di dalam dan sekitar Kawasan The Mandalika.

Komunitas lokal tersebut adalah komunitas-komunitas yang bergerak pada bidang kesenian, kebudayaan, lingkungan, dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan lainnya.

4 dari 5 halaman

Eksistensi

Ketua komunitas Skaters NTB Andrea pada kesempatan itu menyampaikan ucapkan terima kasih kepada ITDC yang telah memberi wadah dalam mencurahkan kreativitas kami atas olahraga permainan yang menarik ini. "Kami ingin semakin meningkatkan kesadaran publik terhadap eksistensi dan keunikan dari olahraga skateboarding.”

Kuta Beach Park, area dimana para peserta Go Skateboarding Day 2022 mempertunjukkan sejumlah aksi dan trik skateboarding long ollie, merupakan kawasan terbuka publik dengan kelengkapan infrastruktur jalan berupa paving block dan fasilitas penunjang sepanjang 1,4 km dengan pemandangan Pantai Kuta.

Area ini juga menyediakan panggung yang bisa dipergunakan untuk penyelenggaraan sejumlah event kesenian, pariwisata, hingga olahraga.

5 dari 5 halaman

Kunjungan Wisatawan

Selain penyelenggaraan event otomotif yang terlaksana di Pertamina Mandalika Circuit, area lainnya di Kawasan The Mandalika juga telah menjadi lokasi penyelenggaraan event-event olahraga seperti Mandalika Ultra Trail 100 pada 2021, L’Etape pada 2022, Kejurnas Adventure Offroad 2022 dan dalam waktu dekat adalah World Body Building Championship pada November 2022.

“Kami harap kedepannya, melalui penyelenggaraan event-event serupa bisa semakin memperluas pengetahuan publik mengenai ragam olahraga yang bisa dilakukan dan terlaksana di The Mandalika, sehingga semakin memperkuat promosi brand image The Mandalika sebagai Sport Tourism Destination dimana para atlit tidak hanya menikmati aktivitas berolahraganya melainkan juga pemandangan yang indah di The Mandalika," kata Bram.

Selain itu, penyelenggaraan-penyelenggaraan event unik seperti Go Skateboarding Day diharapkan dapat semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Lombok, khususnya The Mandalika,” tutup Bram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.