Sukses

4 Pemain Timnas Indonesia yang Curi Perhatian di Kualifikasi Piala Asia 2023 Kontra Nepal

Timnas Indonesia sukses merebut kemenangan telak 7-0 atas Nepal di laga pemungkas kualifikasi Piala Asia 2023 pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Terdapat setidaknya empat penggawa yang sukses mencuri perhatian di laga tersebut. Simak selengkapnya melalui artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia sukses mengamankan tempat di Piala Asia 2023. Kepastian itu diperoleh usai pasukan Shin Tae-yong menekuk Nepal dengan 7–0 dalam laga yang berlangsung di Jaber Al-Ahmad International Stadium pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Ini menjadi kemenangan terbesar yang diraih Skuad Garuda dalam fase kualifikasi ketiga Grup A Piala Asia 2023. Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia sebelumnya mengemas kemenangan tipis 2–1 dari Kuwait serta menelan kekalahan 0–1 dari Yordania.

Pertandingan melawan Nepal menjadi laga hidup mati bagi pasukan Merah Putih. Skuad racikan Shin Tae-yong mau tak mau harus menaklukkan lawannya di partai pemungkas, jika ingin menghidupkan asa untuk melangkah ke putaran final.

Misi tersebut sukses dituntaskan oleh Timnas Indonesia. Pasukan Garuda mengamuk di depan gawang Nepal dengan melesakkan tujuh gol tanpa balas. Raihan ini mengakhiri penantian panjang Indonesia yang sudah 16 tahun tak unjuk gigi di kompetisi sepak bola terbesar Asia.

Adapun Dimas Drajad, Witan Sulaeman, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, dan Marselino Ferdinan menjadi deretan penggawa Merah Putih yang berhasil mencatatkan nama di papan skor.

Shin Tae-yong membeberkan rahasia anak-anak asuhnya mampu tampil apik di kualifikasi Piala Asia. Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai, kemenangan atas Kuwait di laga pembuka merupakan kunci penting dalam persaingan kali ini.

“Sebelum datang ke Kuwait, (kami sudah membuat) perencanaan, yakni menang dua kali dan imbang sekali. (Kami) mengincar hasil imbang saat melawan Yordania. Pertandingan kontra Kuwait berjalan amat baik. Saya pikir para pemain melakukan tugas di lapangan dengan sangat mulus,” ujar pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Tak hanya tampil gemilang secara tim, sejumlah penggawa Indonesia juga sukses mencuri perhatian berkat kontribusinya di lapangan. Berikut nama-nama pemain Garuda yang bersinar dalam laga kualifikasi Piala Asia 2023 kontra Nepal!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman merupakan salah satu penggawa Timnas Indonesia yang tampil ganas ketika menghadapi Nepal di laga pemungkas pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Pesepak bola berusia 20 tahun itu sukses membuktikan ketajamannya di lini depan Skuad Garuda.

Kerja keras Witan berbuah hasil apik. Ia mampu mencetak dua gol alias brace, masing-masing di menit ke-43 dan 81. Tak berhenti sampai di situ, pemain FK Senica ini juga menyumbang satu assist yang dikonversi menjadi gol oleh Elkan Baggott.

“Hari ini kami (berhasil) memenangkan pertandingan. Bagi saya, hasil ini merupakan kerja keras tim. Kami sama-sama bekerja keras dan meraih kemenangan. Kemenangan ini sangat penting karena kami (jadi) bisa lolos ke (putaran final) Piala Asia,” ujar Witan pasca kemenangan Skuad Garuda atas Nepal di fase kualifikasi.

3 dari 5 halaman

2. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam juga menjadi sosok penting yang membantu memuluskan langkah Indonesia di kualifikasi Piala Asia edisi ini. Meski tak mencatatkan nama di papan skor, Asnawi sanggup merepotkan tim lawan.

Moncernya performa Asnawi juga terlihat dari sumbangsih dua assist yang dicatatkannya sepanjang pertandingan. Ia menjadi sosok integral di balik gol yang dicetak oleh Dimas Drajad dan Witan Sulaeman pada paruh pertama laga kontra Nepal.

Lebih lanjut, kehadiran Asnawi memaksa skuad oposisi untuk bermain dengan 10 pemain. Pasalnya, pesepak bola berusia 22 tahun ini mampu membuat Suman Aryal melakukan tekel berbahaya, yang berujung pada diberikannya kartu kuning kedua oleh wasit.

4 dari 5 halaman

3. Elkan Baggott

Elkan Baggot merupakan salah satu penggawa krusial dalam skuad racikan Shin Tae-yong di laga pemungkas Piala Asia 2023. Pesepak bola kelahiran 2002 ini mampu mengawal lini pertahanan Skuad Garuda sekaligus membantu serangan bagi kubu Indonesia.

Apiknya kerja sama Baggott dan para penggawa lini belakang membuat Nepal tak mampu mencetak gol balasan ke gawang Pasukan Merah Putih. Di sisi lain, Baggott juga menyumbang satu gol di menit 80 lewat tendangan kaki kiri di luar kotak penalti.

Tak hanya membuat bangga masyarakat Indonesia, performa Baggott di laga tersebut juga menuai pujian dari Ipsiwch Town–klub asal Inggris yang menaunginya. Melalui story di Instagram resmi, Ipswich Town mengucapkan selamat kepada PSSI dan Elkan Baggott, sambil menyematkan video gol yang dicetak penggawanya.

5 dari 5 halaman

4. Marselino Ferdinan

 Marselino Ferdinan merupakan salah satu wonderkid yang menjadi tumpuan harapan Indonesia. Ia memang tak dipilh menjadi starter eleven dalam laga kontra Nepal di kualifikasi Piala Asia 2023 pada Rabu (15/6/2022). Kendati demikian, Shin Tae-yong memberinya kesempatan merumput pasca turun minum.

Ia diminta menggantikan Marc Klok yang ditarik keluar pada menit ke-46. Marselino sukses membayar kepercayaan pelatih. Ia mampu melesakkan satu gol di menit ke-90, yang memperkukuh dominasi Timnas Indonesia atas Nepal di laga tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.