Sukses

Termasuk Timnas Indonesia, 4 Negara Asia Tenggara Lolos ke Piala Asia 2023

Kemenangan besar atas Nepal selanjutnya mengantar Indonesia masuk dalam lima runner up terbaik yang berhak tampil di putaran final Piala Asia 2023 sekaligus mengakhiri penantian selama 15 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia berhasil melaju ke putaran final Piala Asia 2023. Tim Merah Putih lolos lewat jalur runner up terbaik usai mengalahkan Nepal dengan skor telak 7-0, Rabu dini hari WIB (15/6/2022). 

Kemenangan atas Nepal membawa Indonesia finis di urutan kedua klasemen akhir grup A pada babak kualifikasi dengan 6 poin dari tiga pertandingan. Sementara peringkat pertama ditempati oleh Yordania dengan 9 poin usai mengalahkan tuan rumah Kuwait, tiga gol tanpa balas di pertandingan terakhir.

Kemenangan besar atas Nepal selanjutnya mengantar Indonesia masuk dalam lima runner up terbaik yang berhak tampil di putaran final Piala Asia 2023 sekaligus mengakhiri penantian selama 15 tahun. Timnas Indonesia terakhir kali tercatat tampil di babak utama kejuaraan ini, pada tahun 2007 lalu. 

Namun Indonesia bukanlah satu-satunya negara Asia Tenggara yang berhasil melaju ke putaran final Piala Asia 2023. Negeri Jiran, Malaysia juga meraih hasil yang sama. Harimau Malaya mampu melaju ke babak utama setelah mengalahkan Bangladesh di laga terakhir grup E dengan skor 4-1. 

Thailand yang menjadi raja Asia Tenggara juga melaju ke putaran final Piala Asia 2023 meski di laga terakhir kalah 0-2 dari Uzbekistan. Pasukan Gajah Perang berhasil masuk dalam jajaran runner up terbaik setelah sebelumnya mengoleksi dua kemenangan 3-0 atas Maladewa dan 2-0 Sri Langka.

Sementara wakil Asia Tenggara lainnya yang akan tampil di putaran final Piala Asia 2023 adalah Vietnam. Pasukan Park Hang-seo lolos setelah menjadi runner up terbaik di kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang sekaligus jadi babak kedua kualifikasi Piala Asia 2023. Dengan koleksi 17 di klasemen akhir Grup G, Vietnam lolos ke Piala Asia 2023 mendampingi juara Grup G, Uni Emirat Arab (UEA).

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Indonesia Vs Nepal

Bertanding melawan Nelap di stadion Jaber Al Ahmad, Kuwait, Rabu (15/6/2022), Timnas Indonesia sudah unggul 2-0 di babak pertama. Dua gol Indonesia dicetak Dimas Drajad dan Witan Sulaeman.

Indonesia menekan sejak menit pertama. Bahkan baru 1 menit laga berjalan, kerjasama Ricky dengan Marc Klok nyaris berbuah gol. Sayang tembakan Marc Klok masih mengarah ke kiper Nepal.

Menit ke-6, Dimas Drajad berhasil membuat skor 1-0 usai manfaatkan umpan Asnawi Mangkualam. Gol terjadi setelah bek Nepal salah umpan.

Asnawi Mangkualam nyaris membuat blunder di menit ke-11 saat backpass kepada Nadeo. Striker Nepal memburu bola dan nyaris saja diserobot tapi untung Nadeo bergerak cepat.

 

3 dari 5 halaman

Unggul 2-0 di Babak I

Timnas Indonesia kembali mendapatkan peluang di menit ke-20 lewat Witan Sulaeman. Namun tembakan kaki kirinya terlalu lemah dan mudah ditangkap kiper.

Begitupun dengan peluang Dimas Drajad di menit ke-25. Manfaatkan umpan tarik Witan, tembakannya masih melenceng sehingga skor tetap 1-0.

Indonesia akhirnya menambah skor di menit ke-43 lewat gol Witan Sulaiman. Dia manfaatkan umpan tarik Asnawi Mangkualam sehingga mengubah skor menjadi 2-0.

Hingga babak pertama selesai, Indonesia tetap unggul 2-0 atas Nepal. Indonesia 45 menit lagi lolos ke Piala Asia 2023.

 

4 dari 5 halaman

Hujan Gol

Muhamad Rafli langsung membuka peluang timnas Indonesia di menit ke-51. Manfaatkan umpan Saddil, tembakannya masih bisa ditepis kiper Nepal.

Indonesia berhasil unggul 3-0 lewat Fachrudin Aryanto di menit ke-54. Dia manfaatkan bola muntah hasil tendangan sudut.

Satu menit kemudian, giliran Saddil Ramdani bikin skor jadi 4-0 usai manfaatkan umpan M Rafli. Nepal yang main 10 pemain tampak makin gugup di pertandingan ini.

Indonesia nyaris mencetak gol lagi di menit ke- 62 lewat Saddil Ramdani. Namun sundulannya masih melebar usai manfaatkan umpan silang Witan Sulaeman. Skor pun bertahan 4-0.

Elkan Baggott menyempurnakan skor menjadi 5-0 di menit ke-80. Dia mencetak lewat kaki kiri dan penempatan bolanya tepat ke tiang kiri gawang.. Beberapa detik kemudian, giliran Witan Sulaeman bikin skor jadi 6-0.

Marselino Ferdinand membuat skor menjadi 7-0. Dia manfaatkan umpan dari Muhamad Rafli di menit ke-90.

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain Timnas

Indonesia: Nadeo; Elkan Baggott, Rizky Ridho, Fachrudin Aryanto; Asnawi/Koko Ari (83), Ricky Kambuaya, Marc Klok, Pratama Arhan; Saddil Ramdani/Irfan Jaya (75), Dimas Drajan, Witan Sulaeman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.