Sukses

Hasil Kualifikasi Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Pimpin Klasemen Usai Tampil Gemilang Kalahkan Kuwait

Indonesia sementara pimpin Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 usai menang atas Kuwait di Jaber Al-Ahmad International Stadium.

Liputan6.com, Jakarta Kemenangan bersejarah diraih Timnas Indonesia di ajang kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad Garuda Muda sukses kalahkan tuan rumah Kuwait 2-1 di laga Grup A di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kamis malam WIB (9/6/2022).

Dua gol Timnas Indonesia dilesakkan Marc Klok dan Rachmat Irianto. Kuwait unggul lebih dulu lewat tandukan Yousef Alsulaiman yang gagal dihalau Nadeo Arga Winata. 

Hasil positif tersebut membawa Indonesia ke peringkat pertama klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan koleksi tiga poin.

Di sisi lain, kekalahan ini tentu saja membuat tuan rumah kecewa. Kuwai untuk sementara berada di dasar klasemen alias peringkat keempat tanpa rain poin.

Usai kalahkan Kuwait, Indonesia kembali akan menemui lawan cukup berat. Kali ini Indonesia akan menghadapi Jordania di laga berikutnya Grup A, Minggu dini hari WIB (12/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Duel Indonesia vs Kuwait berjalan sengit sejak awal. Kedua tim saling jual beli serangan. Bahkan, pada menit ke-17, Klok mendapatkan peluang, tetapi bola sepakannya melebar dari gawang lawan.

Giliran Kuwait yang mendapat kesempatan mencetak gol melalui sepakan Eid Al Rashidi, tapi mampu ditepis dengan baik oleh Nadeo Argawinata.

Setelah menunggu lama, gol akhirnya tercipta di babak pertama. Tepatnya pada menit ke-40, Kuwait sukses unggul lebih dulu atas Timnas Indonesia setelah tandukan Yousef Alsulaiman gagal dihalau Nadeo Arga Winata. 1-0.

Babak pertama seperti akan berakhir dalam keadaan Kuwait unggul. Namun, wasit melihat Rachmat Irianto dilanggar oleh kiper lawan di kotak terlarang. Wasit memberikan hadiah penalti buat Indonesia.

Marc Klok yang dipercaya sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Pemain naturalisasi Persib Bandung itu dengan tenang dan percaya diri mengecoh Hussain Kankone dan membuat skor berubah menjadi imbang 1-1.

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Situasi

Timnas Indonesia langsung membuka pertandingan di babak kedua dengan serangan dadakan. Hanya berselang dua menit kemelut di depan gawang Kuwait dimanfaatkan Rachmat Irianto untuk mencetak gol menjadi 2-1.

Kuwait hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-51 melalui aksi Alsulaiman. Pemain berusia 31 tahun tersebut melepaskan tembakan keras yang menghujam gawang Nadeo. Untungnya, gol dianulir karena Alsulaiman terjebak offside.

Timnas Indonesia yang mengandalkan serangan balik hampir menambah kemenangan. Pada menit ke-81, Witan Sulaeman berhasil menerobos pertahanan Kuwait dan tinggal menaklukkan kiper.

Sayang, pemain Kuwait berhasil mengejar dan mengganggu sehingga tembakan Witan melebar dari gawang. Sampai akhir laga, Kuwait gagal membalas ketinggalan dan mereka harus menerima kekalahan 1-2 dari Indonesia.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia: Nadeo Arga Winata, Elkan Baggott, Rizky Ridho Ramadhani, Stefano Lilypaly, Saddil Ramdani, Pratama Arhan Alif, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Fachruddin, Irfan Samaling Kumi, Marc Anthony Klok

Kuwait: Rashed Aldousari, Fahad Alhajeri, Eid Alrashidi, Talal Alfadhel, Fahed Alansari, Fahad Alreshidi, Omar Alhebaiter, Nader Al Almotawaa, Yousef Alsulaiman, Issa Ali, Hussain Kankone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.