Sukses

Hasil UEFA Nations League: Portugal Pesta Gol, Spanyol Imbang Lawan Ceko

Portugal menang telak atas Swiss, sedangkan Spanyol hanya main imbang pada laga pekan kedua Liga A Grup 2 UEFA Nations League

Liputan6.com, Jakarta Hasil berbeda didapat dua tim raksasa Eropa Portugal dan Spanyol pada pekan kedua Liga A Grup 2 UEFA Nations League 2022-2023, Senin dini hari WIB (6/6/2022).

Pada pertandingan di Estadio Jose Alvalade, Portugal pesta gol dengan menggilas Swiss 4-0. Empat gol Portugal dicetak William Carvalho, Cristiano Ronaldo (2 gol), dan Joao Cancelo.

Kemenangan ini membuat Portugal mengemas empat angka dari dua laga. Mereka ada di posisi pertama klasemen Grup A2 UEFA Nations League 2022. Sedangkan, Swiss terdampar di peringkat terbawah alias empat dengan nol poin dari dua laga.

Hasil kurang memuaskan diraih Timnas Spanyol saat bertemu timnas Republik Ceko di Sinobo Stadium. Skuad asuhan Luis Enrique harus berbagi poin bersama tim tuan rumah usai mengakhiri laga dengan skor 2-2.

Hasil seri ini membuat Republik Ceko harus turun ke peringkat kedua dalam klasemen sementara dengan perolehan empat poin. Sementara Spanyol duduk di peringkat ketiga karena baru mengumpulkan dua angka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jalannya Pertandingan

Pada laga di Portugal, Swiss sebenarnya sudah mencetak gol pada menit ketujuh lewat Haris Seferovic. Namun, wasit menganulir gol tersebut, karena Fabian Schar sempat menyentuh bola dengan tangannya.

Portugal membuka keunggulan menit ke-15 berawal dari tendangan bebas Ronaldo dari luar kotak penalti. Bola liar disambar William Carvalho menjadi gol. 1-0.

Menit ke-35, Portugal mencetak gol kedua. Kali ini Ronaldo yang sukses mencatatkan namanya di papan skor usai memaksimalkan umpan Jota.

Empat menit kemudian Ronaldo mencetak gol lagi memanfaatkan bola rebound. Babak pertama pun berakhir untuk kemenangan sementara Portugal 3-0.

3 dari 5 halaman

Dianulir

Portugal langsung menggebrak di babak kedua. Enam menit laga berjalan, Cristiano Ronaldo kembali mencetak gol. Sayangnya golnya dianulir karena dalam prosesnya ada rekannya yang terjebak offside.

Portugal akhirnya bisa mencetak gol keempatnya pada menit ke-68. Joao Cancelo yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Kobel bisa melewati sang kiper dan bisa mencetak gol dengan mudah ke gawang yang sudah tak terkawal. Portugal pun menang telak 4-0 atas Swiss di laga ini.

4 dari 5 halaman

Kejutan

Republik Ceko yang bertindak sebagai tuan rumah menyajikan kejutan di awal laga. Ketika pertandingan baru berjalan empat menit, mereka berhasil unggul lebih dulu berkat aksi Jakub Pesek.

Spanyol akhirnya menyamakan kedudukan di masa injury time. Berawal dari umpan terukur Rodrigo ke kotak penalti, Gavi yang menjadi tujuan langsung melepas tembakan ke pojok bawah gawang Ceko. Skor pun berubah jadi 1-1.

5 dari 5 halaman

Mimpi Buruk

Mimpi buruk La Furia Roja datang pada menit ke-66. Ceko kembali dalam posisi unggul. Kuchta akhirnya membubuhkan nama di papan skor dengan memanfaatkan asis dari Vaclav Cerny dan mengubah skor jadi 2-1.

Upaya Spanyol akhirnya membuahkan hasil di menit ke-90! Mereka mendapatkan gol penyama kedudukan melalui aksi Inigo Martinez. Asensio, yang terus menebar ancaman sejak masuk sebagai pengganti, bertindak sebagai pemberi asis. 2-2.

Minimnya waktu yang tersisa membuat kedua tim tak mampu mencetak gol penentu kemenangan. Pada akhirnya, Republik Ceko dan Spanyol harus puas mengakhiri pertandingan dengan skor imbang 2-2 dan terpaksa berbagi angka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.