Sukses

Pengusaha Muda Indonesia Beli Klub Liga Italia US Lecce, Raffi Ahmad Ikut Diperkenalkan

Liputan6.com, Jakarta- Bertambah lagi pengusaha asal Indonesia yang memiliki klub sepak bola Eropa. Kali ini giliran klub Liga Italia Lecce yang mendapat investor asal Indonesia.

Pada Jumat (27/5/2022), Lecce membuat pengumuman resmi bergabungnya konsorsium yang membeli saham klub. Konsorsium ini dipimpin oleh tiga orang Boris Francesco Jean Collardi, pengusaha Italia Pascal Picci, dan pengusaha muda Indonesia Alvin Sariaatmadja yang merupakan Direktur Utama Emtek Grup.

Dalam delegasi yang datang ke Stadion Via del Mare untuk meresmikan akusisi ini, turut hadir influencer asal Indonesia Raffi Ahmad. Suami Nagita Slavina itu juga mendapatkan jersey Lecce dengan nomor punggung 62 dan tulisan namanya.

Sontak kehadiran Raffi membuat banyak kalangan di Indonesia berspekulasi ayah Rafatar itu ikut membeli Lecce. Namun dalam pengumuman resmi tersebut, Lecce tak menyebut Raffi sebagai salah satu pembeli klub.

Meski tak membeli klub, Lecce sangat senang dengan kehadiran Raffi yang sangat populer di Indonesia. Lecce bahkan menyandingkan Raffi dengan pemain andalannya Massimo Coda.

 

2 dari 3 halaman

Promosi ke Serie A

Lecce pada Liga Italia musim 2021/2022 bermain di Serie B. Namun Coda dan kawan-kawan berhasil meraih tiket promosi sehingga musim depan akan main di Serie A.

Kehadiran investor baru ini akan sangat membantu Lecce membenahi skuad agar musim depan bisa berbicara banyak di kerasnya persaingan Liga Italia. Selama ini Lecce dikenal sebagai tim yoyo.

Di masa lalu, Lecce pernah melahirkan sejumlah pesepakbola top seperti striker Javier Chevanton, Guillermo Giacomazzi, Mirko Vucinic hingga Valeri Bojinov.

3 dari 3 halaman

Jejak Pengusaha Indonesia

Dengan ikut mengakuisisi Lecce, Alvin Sariaatmadja mengikuti jejak beberapa pengusaha Indonesia yang pernah dan masih memiliki klub sepak bola Eropa.

Erick Thohir pernah memiliki klub Liga Italia Serie A Inter Milan. Kemudian ada Djarum Grup yang memegang klub Italia Como. Setelah dari Inter, Erick Thohir kini juga memiliki klub Oxford United bersama Anindya Bakrie.