Sukses

Piala Asia Futsal 2022: Indonesia Segrup dengan Iran

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Futsal Indonesia mendapat undian tak menguntungkan di putaran final Piala Asia Futsal 2022. Evan Soumilena dan kawan-kawan harus satu grup dengan raksasa Asia Iran.

AFC telah mengadakan undian pembagian grup Piala Asia Futsal 2022 pada Kamis (26/5/2022). Hasilnya, Indonesia masuk di Grup C bersama Iran yang jadi unggulan utama.

Dua tim lain yang menemani Indonesia dan Iran adalah Lebanon dan China Taipei. Jelas undian ini memberatkan Indonesia. Iran merupakan tim paling sukses dalam sejarah AFC Futsal Championship. Mereka sudah 12 kali jadi juara.

Piala Asia Futsal 2022 akan digelar di Kuwait pada September 2022 mendatang. Ajang ini total diikuti 16 tim futsal terbaik di Asia. Indonesia lolos karena menjadi runner-up Piala AFF Futsal 2022.

Saat itu Indonesia kalah dari Thailand di final lewat adu penalti. Indonesia nyaris menjadi juara karena sempat unggul 2-0 lebih dulu sebelum Thailand mencetak dua gol di menit akhir guna memaksakan perpanjangan waktu dan menang di adu penalti.

 

2 dari 3 halaman

Persiapan

Pelatih timnas futsal Indonesia Mohammad Hashemzadeh sudah menyusun rencana untuk timnya agar bisa berbicara banyak di Piala Asia Futsal 2022.

Timnas futsal Indonesia akan menjalani Training Camp selama sebulan. Timnas juga berencana beruji coba dengan tim luar negeri. Timnas Futsal Indonesia baru saja pulang membawa medali perak di SEA Games 2021. 

"Setelah SEA Games 2021 ini para pemain akan kembali ke klub masing-masing untuk mengikuti liga. Mereka nanti akan dikumpulkan untuk TC selama sebulan. Kita ada rencana uji coba di luar juga. Namun lawan dan kapannya belum tahu," ujar Mohammad Hashemzadeh. 

 

3 dari 3 halaman

Jersey

Di Piala Asia Futsal 2022, Timnas Indonesia mendapat jersey keempat dengan desain sangat spesial dari sponsor apparelnya, Specs. Jersey keempat ini didesain seniman jalanan ternama Stereoflow. 

Stereoflow merupakan visual artist asal Bandung yang karyanya sudah dikenal luas di dalam dan luar negeri. Pria bernama asli Adi Dharma itu mendesain khusus jersey keempat timnas futsal Indonesia. Selain jersey, ada juga bola, sepatu futsal dan sandal hasil karya Stereoflow.

"Senang dan bangga rasanya. Kolaborasi ini membuktikan jika kita tekun dan berlatih searah profesional, anda bisa meraih impian anda," kata Adi Dharma. 

Untuk mendesain jersey timnas futsal serta sepatu, bola dan sandal, Stereoflow membutuhkan waktu selama lebih dari enam bulan.