Sukses

Arahan Menpora Zainudin Amali Ampuh Bikin Timnas Basket 5x5 Putra Indonesia Bawa Emas

Menpor, Zainudin Amali datang memberikan arahan kepada Timnas Basket 5x5 Putra Indonesia sebelum memulai pertandingan melawan Filipina. Arahan tersebut justru bisa membuat Arki Dikania Wisnu Cs mencetak sejarah di SEA Games 2021.

Liputan6.com, Jakarta Timnas basket 5x5 putra Indonesia berhasil memetik kemenangan saat mengalahkan Filipina pada laga terakhir. Bertempat di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5/2022) WIB. Arki Dikania Wisnu Cs mengalahkan Filipina dengan 85-81.

Dengan kemenangan ini, Indonesia berhasil mencetak sejarah untuk pertama kalinya sejak keikutsertaan Indonesia pada ajang basket SEA Games sejak 1977. Tak hanya itu, timnas Indonesia juga berhasil mengalahkan tim yang sudah lebih dari 30 tahun tak terkalahkan di Asia Tenggara. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali secara langsung memberikan motivasi kepada timnas basket Indonesia. 

“Sebentar lagi kalian akan main. Balikkan apa yang telah kalian alami saat di Manila. Ini kesempatan untuk mencetak sejarah karena ini lawannya sama, buktinya jika kalian lebih baik dari mereka dan kembali ke Tanah Air dengan membawa medali emas,” ucap Menpora Amali dilansir dari laman resmi federasi, Senin (23/5/2022). 

“Tapi jangan stres karena itu, jangan menjadi beban, main enjoy serta tahan emosi. Bisa ya, Emas,” tambahnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Erick Thohir

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN dan penggiat olahraga, Erick Thohir mengucapkan terima kasih atas prestasi bersejarah yang ditorehkan tim baskt putra Indonesia pada ajang SEA Games 2022. 

“Kepada seluruh individu dan institusi terima kasih untuk percaya dan dorong prestasi bola basket Indonesia,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya. 

Dia juga mengatakan bahwa kemenangan ini merupakan momen kebangkitan bagus untuk timnas basket yang akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022 mendatang. 

“Ini momen kebangkitan dan saya mengapresiasi kerja keras seluruh pemain, pelatih, dan pengurus yang punya motivasi tinggi dan rasa percaya diri besar untuk terus mendorong prestasi bola basket Indonesia di level yang lebih tinggi,” tambah Erick Thohir. 

3 dari 3 halaman

Klasemen Indonesia di SEA Games 2021

Kontingen Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam berhasil menduduki posisi ketiga klasemen medali. Indonesia berhasil mendapatkan 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu. 

Sementara itu, tuan rumah SEA Games 2019, Filipina menduduki peringkat keempat dengan perolehan 52 emas, 70 perak, dan 104 perunggu. 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.