Sukses

Tembus 3 Besar di SEA Games 2021, Menpora Amali Bakal Pertahankan Sistem Keberangkatan Atlet

Indonesia menempati peringkat tiga pada klasemen medali SEA Games 2021 dengan perolehan 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu dengan total 242 medali.

Liputan6.com, Jakarta Kontingen Indonesia akhirnya berhasil menembus posisi tiga besar perolehan medali SEA Games 2021, Hanoi. Perolehan ini sesuai dengan target yang dibebankan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Indonesia menempati peringkat tiga dengan perolehan 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu dengan total 242 medali.  Untuk peringkat pertama masih dipegang oleh tuan rumah dengan 206 medali emas, 123 perak dan 111 perunggu dengan total 439 medali. Sementara peringkat dua ditempati oleh Thailand dengan perolehan 92 emas, 101 perak, 134 perunggu dengan 326 medali.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali merasa bersyukur dengan hasil ini. Amali mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet yang sudah berjuang di lapangan, Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, tim CdM, tim review, NOC Indonesia, KONI dan seluruh stakeholder olahraga yang terkait.  

Menurut Menpora Amali, keberhasilan Indonesia masuk tiga besar di SEA Games 2021 Vietnam berkat kerja keras semua pihak, khususnya para atlet. Dan ini menjadi bukti bahwa, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sudah berjalan di trek yang benar.

"Dibanding SEA Games Filipina sebelumnya, dari jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina sekitar 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi alhamdulilah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar," ujar Menpora Amali saat bertemu Media di Hotel Intercontinental, Minggu malam (22/5).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tantangan Lebih Berat

Ke depan Menpora Amali juga akan menggunakan cara dan sistem yang sama dalam keberangkatan atlet, bahkan akan lebih ketat lagi. Tahun 2023 sendiri akan ada Asian Games dan SEA Games Kamboja.

"Hasil ini menurut saya belum berhasil, karena tantangan kita ke depan jauh lebih berat. Target utama kita adalah Olimpiade, untuk menuju ke sana kita harus mulai dari sekarang perubahan paradigma olahraga Indonesia," ujar Menpora.

 

3 dari 4 halaman

Incar 5 Besar Dunia

Menpora Amali juga meyakini, jika perubahan paradigma baru olahraga konsisten dijalankan dengan baik. Maka target Olimpiade 2044 menuju Indonesia Emas tahun 2045, Indonesia akan masuk 5 besar dunia.

"Saya yakin kita bisa menembus 5 besar dunia, jika kita konsisten dengan perubahan paradigma baru olahraga," yakin Menpora.

4 dari 4 halaman

Klasemen Medali

Jangan lewatkan klasemen medali Indonesia di SEA Games 2021 pada tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini