Sukses

Joan Laporta Enggan Pulangkan Lionel Messi ke Barcelona, Ayah La Pulga Masih Berharap

Liputan6.com, Jakarta Bintang Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi, sempat dikaitkan dengan potensi kepulangan ke Barcelona. Rekor golnya bersama sang raksasa Ligue1 memang tak semelejit ketika ia masih merumput di Camp Nou.

Ayah La Pulga, Jorge Horacio Messi pun seolah memperkuat spekulasi soal kembalinya megabintang asal Argentina itu ke La Liga. Dalam siaran di channel Twitch Jijantes FC, Jorge Messi masih berharap sang anak pulang ke klub lamanya, Barcelona.

“Saya harap itu terjadi suatu hari nanti,” ungkap ayah Messi kala ditanya soal kemungkinan La Pulga kembali mengenakan seragam Blaugrana, seperti dilansir dari Goal.com.

Kendati demikian, Presiden Barcelona Joan Laporta sudah menegaskan pihaknya tak akan memulangkan Messi. Sang raksasa La Liga juga mengaku tak menjalin komunikasi lagi dengan mantan penggawa andalannya.

“Saya tidak menerima pesan dari Lionel Messi atau agennya mengenai kemungkinan pulang ke Barcelona. Mulai hari ini, kami tidak akan mengangkat masalah tersebut,” ujar Laporta kepada RAC1 pada akhir Maret lalu, seperti dilansir dari Liputan6.com.

“Tidak ada pembicaraan dengan Messi mengenai potensi kembalinya dia ke Barcelona. Kenyataannya adalah kami tidak mempertimbangkan kemungkinan ini. Leo adalah Leo, dia yang terbaik, tetapi kesepakatan semacam ini bukan bagian dari rencana kami,” pungkasnya.

Kepindahan Lionel Messi dari Barcelona memang sempat menyisakan kesedihan mendalam di hati para penggemar. Pasalnya, Messi memiliki capaian gemilang selama menjalani karier di Barcelona. Pesepak bola berusia 34 tahun itu sukses mengoleksi 672 gol dan 303 assist dari 778 pertandingan bersama klubnya.

2 dari 3 halaman

Bergabung dengan PSG

Lionel Messi hengkang dari Spanyol usai kontraknya berakhir musim panas lalu. Pihak klub sejatinya masih ingin memperpanjang masa tinggal Messi di Camp Nou. Akan tetapi, kondisi finansial yang buruk membuat Barca harus berpisah dengan pemain bintangnya.

Messi lantas bergabung dengan Les Parisiens pada Agustus 2021. Klub yang ditukangi oleh Mauricio Pochettino itu mendapatkan jasa La Pulga secara gratis.

Kedatangan Messi membawa dampak positif bagi PSG. Melansir laporan Liputan6.com pada September lalu, raksasa Liga Prancis langsung menandatangani kesepakan sponsor bernilai tinggi dengan Crypto.com.

Pembicaraan PSG dengan pemberi sponsor sebenarnya sudah berjalan sebelum kehadiran Messi. Akan tetapi, nilai kesepakatan dikabarkan melonjak usai PSG berhasil membajak La Pulga dari Blaugrana.

Sayangnya, penampilan Messi terlihat kurang tajam di PSG.  Chemistry-nya dengan Neymar dan Kylian Mbappe juga baru terlihat kala Les Pariesiens sudah memasuki masa-masa akhir musim di Ligue1. Tak heran jika sang pemain santer dihubung-hubungkan dengan Barcelona.

Adapun kontrak Messi di Paris Saint-Germain (PSG) baru akan berakhir pada 30 Juni 2023. Sang pemain internasional Argentina dilaporkan tak memiliki keinginan untuk meninggalkan Les Parisiens pada musim panas.

3 dari 3 halaman

Kembali ke Barcelona

Lionel Messi sebenarnya terbuka pada potensi kepulangan ke Barcelona. Laporan pada November lalu mengeklaim sang pemain tertarik hijrah dengan posisi tertentu. Adapun, peran direktur olahraga menjadi pilihan La Pulga jika ia menjejakkan kaki lagi di Camp Nou.

“Saya selalu mengatakan bahwa saya akan senang membantu klub dan berguna (bagi klub). Saya akan senang menjadi direktur olahraga suatu saat nanti. Saya tidak tahu apakah hal itu bakal terjadi di Barcelona atau bukan,” tuturnya pada November 2021 silam, seperti dilansir dari Marca.

“Jika ada kesempatan, saya ingin kembali dan memberi kontribusi yang saya bisa karena ini adalah klub yang saya cintai, saya ingin mereka terus bermain dengan baik, (terus) berkembang dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia,” sambung Messi.

Kapten Barcelona, Sergio Busquets, pun merindukan kehadiran Lionel Messi dalam klub. Dia mengaku bakal menyambut La Pulga dengan tangan terbuka, sekaligus menyerahkan lagi ban kapten yang diembannya, jika rekannya itu kembali ke Blaugrana.

“Tentu saya merindukan dia. Di lapangan dan juga di luar lapangan. “Dia sudah membuat perbedaan besar. Setelah bertahun-tahun, tentu wajar (jika saya) merindukan dia. Dia juga pasti merindukan saya,” kata Sergio Busquets seperti dikutip RAC1.