Sukses

Liverpool Diterpa Kabar Buruk Jelang Final Piala FA Kontra Chelsea

Liputan6.com, Jakarta Juru taktik Liverpool Jurgen Klopp mengonfirmasi anak asuhnya, Fabinho, bakal absen dalam pertandingan final Piala FA kontra Chelsea yang dijadwalkan berlangsung di Wembley Stadium pada Sabtu (14/5/2022) malam WIB.

Menurut Klopp, Fabinho mengalami cedera otot, sehingga harus menepi untuk sementara. Gelandang asal Brasil itu menjadi tumbal kemenangan Liverpool atas Aston Villa di laga lanjutan Liga Inggris pada Rabu (11/5/2022) lalu.

“Ada peluang bagus bahwa dia (Fabinho) akan kembali (ke lapangan) nanti–bukan untuk akhir pekan ini, tetapi nanti. Ada potensi ia akan siap (tampil) untuk final Liga Champions,” ujar Klopp mengenai kondisi Fabinho dalam situs resmi Liverpool, seperti dilansir dari Metro.

Fabinho bertransformasi menjadi salah satu gelandang andalan dalam skuad Liverpool setelah didatangkan dari AS Monaco pada 2018 melalui kesepakatan senilai 39 juta poundsterling.

Pemain berusia 28 tahun ini sukses mengantar The Reds memasuki persaingan ketat dalam perebutan gelar juara Liga Inggris, serta melangkah menuju final Liga Champions.

Fabinho bersama Liverpool juga masih punya peluang untuk menyabet quadruple winners, usai keluar sebagai kampiun Carabao Cup pada Februari lalu. Sayangnya, pemain internasional Brasil itu harus absen melakoni laga penting di Piala FA akibat cedera yang dideritanya.

Sebagai informasi, Liverpool mengamankan tiket ke partai puncak Piala FA setelah menekuk Manchester City dengan 3–2 dalam laga semifinal yang berlangsung pada Sabtu (16/4/2022). Sementara itu, Chelsea meraih tempat di babak final usai mencukur Crystal Palace dengan 2–0 sehari setelahnya.

2 dari 3 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini bukanlah kali pertama Liverpool bersua dengan Chelsea di final kejuaraan bergengsi musim 2021/2022. Sebelumnya, pasukan Jurgen Klopp juga sempat menghadapi anak-anak asuh Thomas Tuchel dalam partai puncak Carabao Cup pada Senin (28/2/2022) dini hari WIB.

Duo raksasa Liga Inggris itu mampu mengimbangi perlawanan satu sama lain sejak awal pertandingan. Skor imbang 0–0 bertahan hingga penghujung babak kedua dan masa perpanjangan waktu.

Liverpool dan Chelsea mau tak mau harus terlibat drama adu penalti. Fabinho dan kawan-kawan baru berhasil mengangkat trofi Carabao Cup, setelah memenangkan babak adu penalti kontra Chelsea dengan skor akhir 11–10.

Laga ulangan partai final Carabao Cup akan kembali tersaji di Piala FA. Laporan Metro menyebut ini pertama kalinya tim yang sama bertemu di final Carabao Cup dan Piala FA pada satu musim sejak Arsenal menghadapi Sheffield Wednesday pada 1993 silam.

3 dari 3 halaman

Situasi Chelsea

Pertandingan Liverpool vs Chelsea di Piala FA menjanjikan laga menegangkan. Pasalnya, selain sama-sama memiliki reputasi yang baik di Liga Inggris, The Blues juga diprediksi akan tampil tanpa salah satu penggawa andalannya, Mateo Kovacic, seperti yang terjadi pada Liverpool.

Gelandang berusia 28 tahun itu mengalami cedera akibat tekel dari pemain Leeds United Daniel James dalam laga lanjutan Liga Inggris yang dihelat pada Kamis (12/5/2022) lalu.

Update mengenai kondisi Kovacic sempat disampaikan Thomas Tuchel, usai anak-anak asuhnya menekuk Leeds dengan 3–0 di laga tersebut.

“Kami harus menunggu pemeriksaan, tetapi sangat tidak mungkin (Kovacic bisa bermain di final Piala FA), dan itu benar-benar berita buruk bagi kami,” ujar Tuchel, seperti dilansir dari Metro.

“Jika ia melewatkan itu (final Piala FA), saya sangat kecewa karena dia merupakan starter yang pasti. Dia adalah sosok kunci bagi kami di lini tengah. Dia merupakan sosok yang hebat, lapar, bertekad, dan bersemangat untuk memainkan pertandingan ini,” sambung Tuchel.