Sukses

Dinanti di SEA Games 2021, Elkan Baggott Juara Bersama Ipswich Town U-23

Liputan6.com, Jakarta Pemain timnas Indonesia U-23, Elkan Baggott berhasil membawa timnya Ipswich Town U-23 menjuarai Professional Development League South 2021-2022. Ipswich sukses mengangkat trofi setelah finis di urutan pertama pada klasemen akhir musim ini dengan torehan 51 poin dari 23 pertandingan.

Ipswich Town U-23 hanya terpaut 1 poin dari Bristol City U-23 yang berada di urutan kedua. Selanjutnya, Ipswich bakal mewakili zona selatan di babak semifinal PDL. Selanjutnya Ipswich akan berhadapan dengan runner up zona utara, Conventry pada Selasa (10/5/2022) waktu setempat.

Sementara itu, pada semifinal lainnya Bristol City U-23 sukses mengalahkan Sheffield United 1-0.

Di laman resminya, klub Ipswich Town memajang foto-foto para pemain yang berhasil memenangkan PDL zona selatan. Sementara melalui akun Instagram-nya, Ipswich membagikan foto bersama ofisial.

"Ipswich Town U-23 juara Professional Development League South 21/22," tulis Ipswich.

Baggott merupakan pemain kelahiran Bangkok, Thailand. Ayahnya berasal dari Inggris, sedangkan ibunya berasal dari Indonesia. Pada tahun 2021, Baggott secara resmi menjadi WNI. Pemain berusia 19 tahun itu kemudian dipercaya memperkuat timnas Indonesia baik di level U-23 maupun senior.

Baggott telah memperkuat Ipswich Town sejak 2018 lalu. Pada Sabtu (16/4/2022) malam WIB, Baggott resmi debut di tim senior Ipswich Town. Baggott diturunkan sebagai starter saat Ipswich berhadapan dengan Rotherham United di lanjutan League One atau kasta ketiga Liga Inggris.

 

 

2 dari 3 halaman

Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23

Baggott sebenarnya masuk dalam daftar 20 pemain yang memperkuat timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, Hanoi. Namun dia belum juga mendapatkan lampu hijau dari klubnya untuk bergabung.

Di ajang multi cabang dua tahunan ini, Indonesia bergabung di Grup A bersama Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Di laga perdana, Garuda Muda harus menelan pil pahit kalah 0-3 dari Vietnam.

Sementara di laga kedua, Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste. Dalam laga ini, Garuda Muda mendapat tambahan amunisi baru, yakni Asnawi Mangkualam yang sudah tiba di Vietnam. Sebelumnya, Asnawi yang bermain di Ansan Greeners tidak bisa tampil saat bertemu tuan rumah.

 

 

3 dari 3 halaman

Bukan Naturaliasi

Status Baggott bukanlah pemain naturalisasi. Baggott lahir di Bangkok, Thailand, dimana ibunya memang orang Indonesia, sedangkan ayah berkebangsaan Inggris.

Baggott menghabiskan masa kecilnya di Thailand sebelum keluarganya pindah ke Indonesia pada tahun 2008. Mereka kemudian memutuskan untuk menetap di Inggris sejak tahun 2011.