Sukses

Korea Open 2022: Belum Bermain Bagus, Rinov/Pitha Tetap Lolos ke Semifinal

Meski belum bermain bagus, ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mampu meraih tiket semifinal Korea Open 2022.

Liputan6.com, Suncheon - Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melaju ke semifinal Korea Open 2022. Hasil itu didapat setelah ganda campuran Indonesia ini mengalahkan wakil Jepang Hiroki Midorikawa/Natsu Saito.

Bermain di Palma Indoor Stadium, Suncheon, Jumat (8/4), Rinov/Pitha unggul dengan skor 15-21, 21-18, dan 21-16. Kendati menang, unggulan keenam itu merasa beruntung karena sebenarnya belum bermain bagus di perempat final Korea Open.

"Alhamdulillah hari ini kami masih diberi kemenangan karena kami merasa belum bermain bagus," kata Rinov usai pertandingan seperti dikutip dari rilis PP PBSI.

"Kami masih banyak melakukan kesalahan sendiri, banyak mati sendiri. Benar-benar rezeki dari Allah SWT," lanjut atlet bulu tangkis berusia 22 tahun tersebut usai bermain selama 52 menit.

Penampilan Rinov/Pitha memang naik turun sepanjang pertandingan. Setelah berimbang pada dua gim awal, mereka tertinggal 6-11 di interval gim penentuan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fault service

Perlahan Rinov/Pitha mulai mengejar ketertinggalan dan menyamakan skor 14-14. Namun, pasangan Jepang kembali unggul 16-14, sebelum akhirnya Rinov/Pitha mampu mengemas tujuh poin beruntun untuk menutup laga.

Selain performa yang belum konsisten, di pertandingan hari ini fokus Rinov/Pitha juga terpecah. Sebab, banyak service fault yang mereka terima.

"Tadi walau kami bermain tidak bagus, kami tak mau menyerah. Selama pertandingan belum berakhir kami selalu berusaha. Itu mungkin yang bisa membuat kita menang hari ini," ucap Rinov.

"Sempat bingung saja tadi banyak di-fault servicenya, fokus jadinya sedikit goyah. Semoga besok kami bisa lebih baik," harapnya.

 

3 dari 4 halaman

Ingin cetak sejarah

Lolos ke semifinal Korea Open 2022 membuat Rinov/Pitra ingin mencetak sejarah. Pasangan ini ingin lolos ke final turnamen bulu tangkis berlevel Super 500 tersebut.

"Selama ini kan kami selalu mentok di semi final Super 500, besok inginnya menang terus juara," tandas Rinov.

Di semifinal, Rinov/Pitha akan menghadapi unggulan kedua asal Malaysian Tan Kian Meng/Lai Pei Jing. Sejauh ini kedua pasangan sudah empat kali bertemu dengan skor imbang 2-2.

Dalam pertemuan terakhir di Prancis Open 2019, Rinov/Pitha harus mengakui keunggulan Tan/Lai. Mereka kalah rubber game 21-9, 18-21, dan 20-22.

 

4 dari 4 halaman

Adnan/Mychelle

Langkah Rinov/Pitha tidak bisa diikuti ganda campuran Indonesia lainnya Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso. Adnan/Myechelle takluk dari pasangan tuan rumah yang merupakan unggulan keempat Ko Sung Hyun/EOM Hye Won.

Adnan/Myechelle menyerah lewat pertandingan rubber game selama satu jam delapan menit. Mereka takluk 19-21, 21-18, dan 18-21.

Sementara di nomor tunggal putra, Jonatan Christie mengamankan tiket semifinal. Unggulan ketiga itu menang atas Kunlavut Vitidsarn asal Thailand 8-21, 21-17, dan 21-19 dalam waktu satu jam 17 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.