Sukses

Jadwal Korea Open 2022: 7 Wakil Indonesia di 8 Besar, Jonatan Christie Ladeni Musuh Bebuyutan

Korea Open 2022 menghadirkan perempat final di Palma Indoor Stadium, Suncheon, Jumat (8/4/2022). Indonesia mengirim tujuh wakil pada fase ini, salah satunya Jonatan Christie.

Liputan6.com, Jakarta - Korea Open 2022 menghadirkan perempat final di Palma Indoor Stadium, Suncheon, Jumat (8/4/2022). Indonesia mengirim tujuh wakil pada fase ini.

Sebanyak tiga di antaranya datang dari nomor ganda putra. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan bakal berusaha mengalahkan rintangan masing-masing.

Dua di antara mereka meladeni andalan tuan rumah. Fikri/Bagas bersua Jin Yong/Na Sung-seung dengan Ahsan/Hendra menghadapi Choi Sol-gyu/Kim Won-ho.

Sedangkan Fajar/Rian kembali menghadapi duo Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, yang meyisihkan ganda muda Indonesia Leo Rolly Carnando di 16 besar Korea Open 2022.

Selain ganda putra, wakil Indonesia lain di dua nomor yakni tunggal putra dan ganda campuran juga bakal tampil. Mereka adalah Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito serta Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Keberhasilan mereka membuka peluang pebulu tangkis Tanah Air membawa pulang tiga gelar dari ajang ini. Jojo menghadapi musuh bebuyutan Kunlavut Vitidsarn asal Thailand. Sementara Vito bersua Victor Svendsen dari Denmark.

Duel Jojo vs Vitidsarn bakal menarik karena saling mengalahkan dalam empat pertemuan sehingga tercipta rekor 2-2. Jojo takluk di Thomas Cup 2020 dan German Open 2022, tapi membalas pada All England 2021 dan 2022.

Di ganda campuran, Adnan/Mychelle bersua andalan Korsel yakni unggulan empat Ko Sung-hyun/Eom Hye-won. Sementara Rinov/Pitha bertemu duo Jepang Hiroki Midorikawa/Natsu Saito.

Setelah Adnan/Mychelle dan Rinov/Pitha gagal meraih hasil maksimal pada tur Eropa, kedua pasangan berusaha bangkit di turnamen ini. "Down pasti, tapi kita berusaha melupakan dan fokus lagi. Tidak mudah memang tapi kita mau coba terus. Lebih ke mindset sih," ucap Pitha.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Mulus

Seluruh wakil Indonesia tampil mengesankan untuk mencapai perempat final Korea Open. Fikri/Bagas membungkam rekan senegara Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan. Fajar/Rian yang berstatus juara bertahan menaklukkan wakil Malaysia Tan Kian Meng/Tan Wee Kiong.

Sementara unggulan dua Ahsan/Hendra tidak perlu mengeluarkan banyak keringat karena duo India MR Arjun/Dhruv Kapila mundur di awal laga.

Jonatan membungkam wakil Jepang Kodai Naraoka dengan Vito mengejutkan unggulan enam Lakshya Sen. Bagi Vito, kesuksesan membungkam Sen tidak akan disia-siakan. Dia bertekad melangkah sejauh mungkin di turnamen. "Pastinya saya sangat bersyukur bisa menang lagi dan saya akan terus berusaha bermain maksimal di setiap pertandingan," sebutnya.

"Alhamdulillah saya bisa menang hari ini. Kuncinya saya harus berani mengeluarkan tipe permainan saya, yaitu kontrol serang. Itu yang membuat saya bisa mengontrol permainan," kata Vito seusai laga.

"Di gim pertama, saya sempat unggul, tapi di poin-poin akhir saya malah kurang fokus, sehingga banyak membuat kesalahan sendiri. Beruntung di masa kritis, saya bisa mengembalikan keadaan dan memenangkan gim pertama," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Ganda Campuran

Berbeda dengan wakil di ganda campuran. Adnan/Mychelle dan Rinov/Pitha sama-sama harus melakoni rubber untuk menaklukkan wakil tuan rumah dan menembus perempat final. Adnan/Mychelle menang atas Shin Tae-yang/Chang Ye-na dengan Rinov/Pitha mengalahkan Ki Dong-ju/Kim Hye-rin.

"Gim pertama kami belum in, mainnya masih satu-satu. Tidak ada sambungannya, jadi lawan lebih enak mainnya," kata Mychelle.

"Gim kedua kita mengubah pola sesuai yang diinstruksikan pelatih. Main pola kami, ada sambungannya. Jadi lawan menjadi tidak enak. Terus kita lebih banyak serang ke Chang Ye Na. Begitu juga di gim ketiga."

Korea Open 2022 berlangsung mulai 5 April hingga 10 April 2022. Kejuaraan ini masuk kategori Super 500 dan berhadiah 360 ribu USD atau setara Rp5,1 Miliar.

Berikut jadwal wakil Indonesia pada perempat final: 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Lapangan 1

Pertandingan ke-4: Jonatan Christie vs Kunlavut Vitidsarn (Thailand)

Pertandingan ke-8: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Choi Sol-gyu/Kim Won-ho (Korea Selatan)

Pertandingan pertama dimulai pukul 09.00 WIB

 

Lapangan 2

Pertandingan ke-2: Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso vs Ko Sung-hyun/Eom Hye-won (Korea Selatan)

Pertandingan ke-4: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Hiroki Midorikawa/Natsu Saito (Jepang)

Pertandingan ke-6: Shesar Hiren Rhustavito vs Victor Svendsen (Denmark)

Pertandingan ke-8: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia)

Pertandingan ke-10: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Jin Yong/Na Sung-seung (Korea Selatan)

Pertandingan pertama dimulai pukul 09.10 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.