Sukses

Menguji Kemampuan Jadi Pelatih Lewat Game Fantasi Sepak Bola

Fantasi Sepak Bola menjadi permainan yang cukup digemari karena real time dengan performa tim dan pemain.

Liputan6.com, Jakarta- Kemajuan teknologi membuat data-data dalam pertandingan olahraga dapat dijadikan hiburan juga. Salah satunya melalui permainan fantasi. Saat ini fantasi sepak bola atau fantasy football cukup digemari oleh para penggila bola baik di luar maupun dalam negeri.

Fantasy Football merupakan permainan yang berdasarkan pertandingan sepak bola real. Kita ditugaskan membentuk tim dengan memilih pemain-pemain yang diperkirakan akan bersinar di pertandingan sesungguhnya. 

Nantinya kita akan mendapatkan poin dari hasil pertandingan yang dijalani pemain pilihan kita. Contoh jika kita memilih Cristiano Ronaldo maka poin yang didapatkan berdasarkan performa bintang Portugal itu di atas lapangan. 

Bermain fantasy football membantu penggemar lebih memahami strategi dan melihat data-data statistik pemain. Kita harus up to date soal perkembangan pemain dan tim. 

Di luar negeri, Fantasy football sudah hadir sejak beberapa tahun lalu. Fantasy Football Liga Inggris dan Liga Champions jadi primadona. Para peserta harus bersaing dengan pecinta bola dari seluruh dunia untuk menjadi yang terbaik.

Belakangan juga mulai banyak fantasy football versi lokal. Salah satunya MPL/Mobile Premier League. Keunggulannya adalah pesaing sama-sama berasal dari Indonesia sehingga lebih mudah mendapatkan hadiah dari pihak penyelenggara. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Format

Fantasy Football di MPL agak berbeda dengan buatan luar negeri yang kontesnya biasa per pekan. Di MPL, kita cukup memilih pertandingan yang memang diinginkan.

Misalnya Manchester United melawan Manchester City. Nantinya pemain harus memilih pemain dari MU dan City yang dianggap bisa berkontribusi paling besar di pertandingan sesungguhnya. 

Keunikan MPL Fantasy lainnya adalah pengguna dapat memilih sebelas pemain jagoan yang berasal dari dua tim sepak bola yang akan bertanding. 

Pilihan pertandingan yang tersedia di MPL Fantasy juga sangat bervariasi, mulai dari liga top dunia hingga pertandingan antar negara. 

 

3 dari 3 halaman

Tata Cara

Sebagai manajer, pengguna perlu memilih 11 pemain terbaik dari kedua kesebelasan yang bertanding menjadi satu tim MPL Fantasy. Setiap pemain sepak bola memiliki harga 7.5-12 kredit, dan pengguna mendapat 100 kredit untuk melengkapi 11 pemain. 

Harga tiap pemain berbeda-beda. Semakin bagus performa pemain maka kredit yang dibutuhkan lebih besar. Pengguna juga hanya bisa memilih maksimal tujuh pemain dari satu kesebelasan. Jadi manajer juga harus pintar-pintar mengatur budget dalam menyusun tim fantasi. 

Di MPL Fantasy, komposisi pemain yang bisa dipilih untuk penjaga gawang adalah 1 pemain, bek dan gelandang minimal 3 sampai 5 pemain. Untuk pemain depan minimal satu pemain, maksimal tiga stiker. 

Setelah tim terbentuk, selanjutnya pengguna dapat mendaftarkan tim pilihan ke kontes menggunakan Berlian. MPL juga menyediakan kontes gratis yang bisa dimainkan oleh pemula untuk latihan dan mengasah kemampuan analisa mereka. Beberapa kontes juga memungkinkan pengguna mendaftarkan lebih dari satu tim, sehingga peluang untuk menang semakin besar. 

Untuk membuat permainan semakin menyenangkan, MPL Fantasy juga terus mengadakan kontes-kontes seru dengan total reward hingga puluhan ribu Berlian. Salah satunya adalah kontes mingguan “Mega Big Trophy”, sebuah turnamen yang diadakan khusus untuk pertandingan yang mempertemukan dua tim besar. 

Tujuan bermain MPL Fantasy adalah untuk meraih poin dari setiap pemain. Sehingga pemahaman sistem poin di MPL sangat penting. Selain dari jumlah gol dan assist, beberapa statistik seperti operan sukses, shot on target, tekel sukses, save kiper, juga menjadi indikator poin. Sebaliknya, seorang pemain sepak bola juga bisa mendapat poin minus apabila melakukan hal yang merugikan tim saat pertandingan seperti gol bunuh diri atau mendapatkan kartu. 

Fantasy MPL juga memudahkan peserta untuk mencairkan hadiahnya. Berlian kemenangan bisa dicairkan melalui Gopay dan Linkaja. 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.