Sukses

Profil 3 Rival Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Plus Rekor Pertemuan vs Skuad Garuda

Timnas Indonesia bakal menghadapi Kuwait, Nepal, dan Yordania dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2023. Simak profil dan rekor pertemuan Skuad Garuda dengan ketiga lawannya melalui artikel berikut!

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi lawan berat pada putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Berdasarkan hasil drawing yang dirilis Kamis (24/2/2022), Skuad Garuda tergabung dalam Grup A bersama Kuwait, Nepal, dan Yordania.

Laga kontra Kuwait bakal menjadi pertandingan perdana yang harus dilakoni anak-anak asuh Shin Tae-yong. Duel ini dijadwalkan berlangsung pada 8 Juni 2022. Selanjutnya, Indonesia juga akan bersua dengan Yordania dan Nepal, masing-masing pada 11 dan 14 Juni 2022.

Sebagai informasi, seluruh pertandingan Grup A Kualifikasi Piala Asia putaran ketiga akan berlangsung di Kuwait. Pasalnya, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menunjuk beberapa negara, termasuk lawan setim Indonesia, untuk menjadi tuan rumah di fase grup.

Ini bukanlah kali pertama Timnas Indonesia menghadapi Kuwait, Nepal, dan Yordania. Pasukan Merah Putih tercatat telah beberapa kali bertemu dengan ketiga negara, baik di turnamen internasional maupun di laga persahabatan.

Sayangnya, sejumlah pertemuan menyisakan catatan yang perlu diwaspadai Skuad Garuda jelang kualifikasi Piala Asia edisi ini. Dengan 11 tiket tersedia menuju puncak perhelatan di China, laga kualifikasi Grup A bakal memberi tantangan ekstra buat Timnas Indonesia.

Simak rekor pertemuan dan profil lawan-lawan Timnas Indonesia di Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kuwait

Laga perdana kontra Kuwait menjadi pertandingan yang patut diwaspadai anak-anak asuh Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Asia 2023. Pasalnya, Timnas Kuwait saat ini unggul dari segi peringkat dibanding Pasukan Merah Putih.

Skuad tuan rumah tercatat bertengger di peringkat 143 dunia, selisih 17 angka dari Timnas Indonesia yang duduk di ranking 160 FIFA. Sementara itu dalam hal rekor pertemuan, Kuwait juga berada pada posisi dominan atas Indonesia dengan torehan satu kekalahan, tiga hasil imbang, dan dua kemenangan.

Satu-satunya catatan positif yang diraih Indonesia kala berjumpa dengan Kuwait terjadi di Merdeka Tournament pada 1980. Berlaga di negara tetangga Malaysia, Skuad Garuda kala itu berhasil menekuk lawannya dengan skor akhir 2–1.

3 dari 4 halaman

2. Nepal

Pertandingan melawan Nepal memberi asa bagi Indonesia untuk meraih poin. Berbeda dengan Kuwait, Nepal berada di posisi yang lebih rendah ketimbang Skuad Garuda dari segi ranking. Negara itu bertengger di peringkat 167 FIFA, terpaut tujuh setrip dari Pasukan Merah Putih.

Dalam hal rekor pertemuan, Indonesia juga berhasil mengantongi hasal positif atas Nepal. Keduanya diketahui sempat bertemu dalam laga uji coba yang berlangsung di Stadion Gajayana, Malang, pada 25 Juni 2014.

Kala itu, Pasukan Merah Putih sukses mengemas kemenangan 2–0 berkat sumbangan gol dari Samsul Arif Munif dan Hendro Siswanto. Catatan ini dapat menjadi motivasi buat anak-anak asuh Shin Tae-yong untuk melanjutkan tren positif di laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

4 dari 4 halaman

3. Yordania

Di sisi lain, Yordania nampaknya bakal menjadi lawan terberat Skuad Garuda di laga kualifikasi Grup A Piala Asia edisi ini. Selain unggul jauh dari segi peringkat, Yordania juga tercatat telah empat kali mengalahkan Timnas Indonesia dari total empat pertandingan yang dilakoni.

Pertemuan terakhir kedua negara terjadi dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung di King Abdullah International Stadium pada 11 Juni 2019. Kala itu, Timnas Indonesia dilibas 4–1 lewat gol dari Baha’ Faisal, Ahmad Ersan, Yousef Al-Rawashdeh, dan Hamza Al-Dardour (’79).

Adapun, gol semata wayang yang dimiliki Pasukan Merah Putih diraih lewat tendangan penalti Beto Goncalves pada menit ke-86.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.